5+ Bisnis Anak Sekolah yang Menguntungkan, Kamu Wajib Coba!

Bisnis anak sekolah

Halo, Firdaus Artikel kali ini akan membahas mengenai konten bisnis anak sekolah. Siapa bilang seorang pelajar tidak bisa berbisnis, baik muda ataupun tua semua bisa melakukannya asal dilakukan dengan sungguh. Tak perlu menunggu lulus sekolah untuk memulainya, bila modal sudah ada usaha tersebut sebaiknya segera dilaksanakan.

Almarhum Bob Sadino pernah berkata,  “Bisnis yang bagus adalah bisnis yang benar-benar dijalankan, bukan hanya sekadar direncakan”. Kata-kata mutiara itu memang benar adanya, dan sesuai dengan fakta di lapangan. Banyak anak sekolah yang sebenarnya sudah punya niatan untuk membuka usaha, namun bingung dengan usaha apa yang akan dijalankan.

 

Mengapa Anak Sekolahan Harus Berbisnis?

Alasan mengapa anak sekolah perlu berbisnis

Mau memulai sebuah usaha atau bisnis, tak perlu dilakukan menunggu dewasa. Bahkan sejak dari masih sekolah pun, kamu sangat disarankan sudah mulai melakukannya. Kamu tak perlu takut, minder, ataupun ragu untuk berwirausaha di usia muda. Sebab, bukan tidak mungkin kamu bisa lebih sukses dalam menjalankan bisnis tersebut.

 

Mengapa Begitu ya?

 

Fisik Masih Sehat dan Pikiran Masih Segar

5+ Bisnis Anak Sekolah yang Menguntungkan, Kamu Wajib Coba! 1

Sangat masih duduk di bangku SMP atau SMA fisik kamu tergolong masih sehat. Mudah bergerak kemana-mana dari satu tempat ke tempat lainnya. Jadi ketika kamu harus kulakan barang untuk dijual bisa dilakukan dengan begitu mudah dan cepat. Berbeda halnya jika kamu sudah tua kelak, badan sudah sakit semua dan menjadi sulit bergerak. Alhasil, bisnis tidak bisa berkembang.

Selain fisik yang masih kuat, pikiran anak muda biasanya juga masih fresh dan cemerlang. Kamu bakal lebih mudah memikirkan ide-ide yang cemerlang untuk memulai dan mengembangkan usaha kamu. Semakin tua usia kemampuan otak juga bakal semakin menurun, karena itulah selagi masih muda kamu masih bisa memanfaatkan otak kamu untuk memulai suatu peluang bisnis yang baru.

 

Anak Muda Itu Kreatif dan Visioner

Anak muda itu sejatinya kreatif dan mereka mampu berkreasi sesuai apa yang menjadi imajinasi mereka. Dalam berbisnis berpikir kreatif itu sangat perlu, sebab bisnis tidak bisa berjalan begitu-begitu saja harus ada inovasi agar menjadi lebih baik daripada kompetitor.

Baca juga  Daftar Bisnis Paling Laris 2019, Kaum Milinieal Harus Coba!

Selain itu, anak muda biasanya juga Visioner. Mampu melihat ke depan dan berpikir panjang. Dalam bisnis perencanaan yang matang sudah pasti sangat diperlukan agar semuanya bisa dilakukan sesuai rencana. Kreativitas dan tekad kuat adalah modal dasar yang kuat bagi siapapun yang ingin memulai sebuah bisnis.

 

Jangan Takut Mencoba Sesuatu yang Baru

Belum mencoba kok sudah takut gagal sih? Tidak tidak tidak. Kamu seharusnya tidak tidak seperti itu. Anak muda itu harusnya pantang menyerah dan tidak takut mencoba sesuatu yang baru. Salah satunya untuk berbisnis. Tantangan dan hambatan pasti akan selalu ada, tapi percayalah anak muda kamu mampu untuk melewatinya.

 

Memperluas Jaringan

Sumber gambar : dailysocial

Ketika anak sekolah atau siapapun memutuskan untuk terjun di dunia bisnis maka secara langsung dan tidak langsung mereka telah memperluas jaringan pertemanan mereka. Baik di dunia nyata maupun di dunia mata. Kamu tentu ingin produk yang kamu jual laris manis bukan?

Kuncinya tentu ada pada diri kamu sendiri bagaimana bisa membuat calon konsumen tertarik membeli produk tersebut. Semakin banyak jaringan pertemanan maka besar kemungkinan juga kamu bakal mendapatkan lebih banyak pembeli.

 

Meringankan Beban Orang Tua

Mungkin orang tuamu pernah berkata demikian : “Nak, kamu fokus belajar saja ya. Jadilah anak yang cerdas dan membanggakan orang tua. Soal uang sekolah biar jadi urusan ayah”. Padahal kamu tau kondisi keuangan ayah dan ibumu sedang tidak baik-baik saja. Mereka tau bahwa uang tidak ada tapi sengaja menutupinya kepadamu.

Beriwirausaha sedari masih sekolah insyaallah bisa sedikit meringankan beban orang tua kamu. Inilah momen yang tepat untuk membalas kebaikan yang telah mereka lakukan saat kamu masih kecil. Bila kamu belum punya modal, bisa menjalankan terlebih dahulu bisnis anak sekolah dengan modal kecil.

 

Tidak Takut Kekurangan Penghasilan di Masa Depan

Siapa yang bisa menjamin setelah lulus SMA atau kuliah nanti kamu bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan. Mungkin bisa jika kamu punya orang dalam. Namun bagaimana jika tidak? Tentu kamu harus berusaha ekstra keras untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Bagi seorang wirausahawan hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Pasalnya mereka telah memiliki penghasilan sendiri selagi muda. Penghasilan tersebut bisa saja ditabung dan digunakan untuk mengembangkan usaha yang lebih besar lagi. Bahkan bukan tidak mungkin kamu yang bakal membuka lowongan pekerjaan.

 

Berbagai Bisnis Anak Sekolah yang Menguntungkan

Teruntuk kamu yang kini masih duduk di bangku sekolah, pastikan kamu telah meminta izin ke orang tua terlebih dahulu jika ingin berdagang atau terjun ke dunia bisnis. Ingat, restu orang itu sangat penting demi kelancaran bisnis yang nantinya akan kamu jalankan.

Baca juga  5 Aplikasi Cek Ongkir Terbaik dan Gratis 2018

Selain itu, kamu juga sampai melupakan pendidikanmu hanya karena terlalu fokus untuk berbisnis. Jangan sampai kamu terlalu sering bolos hanya kerena sibuk mengurusi usaha. Oke?

Nah, apa saja peluang usaha anak sekolah yang bisa kamu manfaatkan? Ada banyak tentunya bahkan beberapa bisa dimulai dengan modal yang sangat kecil. Langsung saja, yuk simak ulasannya berikut ini :

 

Jual Pulsa

Bisnis pulsa anak sekolah

Pulsa kini telah menjadi kebutuhan utama. Tanpa pulsa, orang-orang tidak bisa menggunakan ponsel mereka untuk telpon ataupun sms-an. Ini adalah peluang yang bagus bagi kamu supaya berjualan pulsa dan menawarkannya kepada teman-teman. Bahkan jualan pulsa termasuk ke dalam contoh bisnis anak sekolah yang dapat dijalankan dengan modal yang sangat minim.

Untuk mengisi deposit pulsa, kamu bisa mengisinya dengan hanya bermodal 50 ribu hingga 100 ribu saja. Dan tentu saja. Untungnya bisa banyak jika pulsa tersebut laku saat dijual. Dan jika bisnis ini semakin maju, kamu bisa membangun sebuah konter yang jauh lebih besar daripada sebelumnya.

 

Jual Aksesoris Handphone

Apakah barang ini bakal laku Jika dijual? Tentu saja ya. Pasalnya, mayoritas orang kini telah memiliki hp. Dan kebanyakan drri mereka menginginkan aksesoris tersebut untuk membuat ponsel menjadi lebih menarik. Aksesoris ini bisa berupa casing hp, batrai, anti gores, dan lain sebagainya.

Harganya cenderung murah dan tidak terlalu membutuhkan banyak modal. Namun hasilnya sangat menguntungkan karena begitu banyak yang membutuhkan. Kamu bisa menawarkan produk ini ke teman-teman terdekat terlebih dahulu dan kamu juga bisa menjualnya secara daring.

 

Jual Makanan

5+ Bisnis Anak Sekolah yang Menguntungkan, Kamu Wajib Coba! 2
Sumber gambar : bacaterus.com

Menjual makanan merupakan salah satu bisnis yang mudah dijalankan asal kamu tidak gengsi dalam melakukannya. Mungkin ada seorang yang melarang siswa siswinya berjualan di dalam sekolah. Tenang saja, kamu bisa menaruh daganganmu di kantin sekolah dan keuntungan tetap bisa didapatkan.

Memulai usaha ini ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu. Kamu harus tau terlebih dahulu apa yang menjadi jajanan favorit siswa dan siswi di sekolah tersebut. Riset ini bisa membuatmu lebih mudah dalam mendapatkan pembeli.

 

Jasa Penulisan Artikel

Jasa penulisan artikel merupakan bisnis anak sekolah yang menguntungkan dan kerjanya sangat fleksibel sekali. Tentu untuk membuka jasa ini, kamu harus memiliki keahlian terlebih dahulu terutama dalam membuat sebuah artikel. Jasa ini sangat cocok ditawarkan kepada blogger, internet marketer, ataupun pemilik toko online.

Baca juga  Cara Membuat Katalog di Whatsapp dan Mengirimkannya

Selain itu, kamu bisa mempromosikan jasa ini ke projects.co.id ataupun situs sejenis lainnya seperti sribulancer dan Vira. Pada umumnya artikel dijual seharga 15 ribu hingga 20 ribu rupiah untuk 500 kata. Harga tersebut bisa kamu naikkan seiring dengan semakin meningkatnya kualitas layanan yang kamu berikan.

 

Jasa Ketik

Bisnis jasa ketik

Nyatanya belum tentu semua orang memiliki laptop atau komputer di rumah mereka. Tentu hal ini bakal menyulitkan bagi mereka yang ingin mengerjakan tugas sekolah. Melihat hal ini, bisa dijadikan ladang bisnis yang menguntungkan yakni jasa ketik. Selain itu biasanya jasa ini sepaket dengan jasa cetaknya.

Buat kamu yang tinggal di wilayah yang mayoritas para siswa dan mahasiswa, jangan lewatkan kesempatan yang bagus ini. Membuka jasa ketik bisa memberikanmu lebih banyak keuntungan. Pastikan kamu memiliki komputer dan printer untuk menjalankan bisnis ini ya.

 

Jual Baju Secara Online

Mungkin bisnis anak sekolah satu ini kebanyakan dilakukan oleh wanita, tetapi sesungguhnya pria pun tidak salah jika melakukannya. Pakaian menjadi sesuatu yang pasti dibutuhkan oleh setiap orang. Dan terbukti banyak teman-teman saya yang sukses dalam menjalankan bisnis yang satu ini.

Satu hal lagi yang perlu kamu ketahui bahwa bisnis seperti ini tergolong ke dalam bisnis fashion. Dengan begitu, kamu harus terus mengikuti tren fashion terkini untuk mengetahui produk-produk seperti apa yang dibutuhkan masyarakat Indonesia.

 

Jasa Desain Grafis

5+ Bisnis Anak Sekolah yang Menguntungkan, Kamu Wajib Coba! 3

Sama seperti jasa penulisan artikel, jasa desain grafis merupakan bisnis anak sekolah yang menguntungkan dan membutuhkan skill khusus untuk menjalankannya. Tanpa keahlian desain dan menjalankan program seperti Corel Draw, sangat sulit untuk bagi kamu untuk menjalankan pekerjaan ini.

Kamu bahkan bisa mendapatkan hasil yang berlimpah atas pekerjaan ini. Ingat, desain grafis membutuhkan keahlian tingkat tinggi untuk menghasilkan sebuah gambar yang begitu fantastis. Orang lain bukan tidak mungkin membayar gambar yang telah kamu buat dengan harga yang sangat tinggi.

 

Selalu ingat, dalam menjalankan sebuah bisnis utamakan kejujuran dan pelayanan yang baik terhadap konsumen. Tingkatan selalu kualitas produk dan jasa sehingga pelanggan tidak mudah lari dan selalu menjadi pelanggan tetap kamu. Bahkan zaman sekarang sudah jauh lebih enak, bisa berbisnis hanya dari rumah saja tak perlu panas-panasan ataupun hujan-hujanan.

Jadi, banyak sekali alternatif bisnis anak sekolah yang bisa kamu jalankan. Kamu bisa memilih diantara beberapa pilihan di atas. Apa kamu punya usulan lain? Yuk sampaikan di kolom komentar.

Bagikan tulisan ini

Tinggalkan komentar