Cara Menggunakan Sidik Jari Whatsapp, Sangat Mudah!

Cara menggunakan sidik jari whatsapp

Sidik jari whatsapp merupakan salah satu fitur baru yang terdapat pada aplikasi whatsapp. Baik itu whatsapp messenger maupun whatsapp business. Saya kurang mengetahui secara pasti kapan whatsapp melakukan pembaharuan ini. Namun kemungkinan besar pembaharuan telah terjadi pada bulan November ini atau mungkin sejak Oktober yang lalu.

Sidik jari merupakan salah satu fitur keamanan yang ada pada whatsapp. Pada beberapa smartphone, sejatinya fitur yang satu ini telah lama ada dan bisa kamu manfaatkan untuk mengunci ponsel kamu. Sidik jari dinilai jauh lebih aman daripada fitur keamanan dengan password ataupun gambar pola.

Seseorang mungkin saja bisa mengakibatkan Password ataupun pola keamanan ponsel milik orang lain. Namun hal ini tidak berlaku untuk sidik jari. Setiap orang punya sidik jari yang berbeda-beda, jadi ponsel yang seharusnya kita yang membuka tidak mungkin bisa dibuka oleh orang lain. Kamu akan sangat sulit menemukan 2 sidik jari yang sama, ibaratnya satu banding 64 milyar.

Atas dasar itulah, fitur fingerprint lebih diandalkan untuk masalah keamanan. Langsung saja, bagi kamu yang belum tau bagaimana cara mengaktifkan dan menonaktifkan sidik jari whatsapp, berikut adalah tutorialnya yang bisa kamu lakukan :

Baca juga  5 Aplikasi Prakiraan Cuaca Terbaik dan Akurat 2018

 

Cara Menggunakan Sidik Jari Whatsapp

Cara Menggunakan Sidik Jari Whatsapp, Sangat Mudah! 1

Perlu untuk kamu ketahui, penggunaan sidik jari pada aplikasi WA kini tidak lagi memerlukan aplikasi tambahan. Tetapi langsung bisa dilakukan dari aplikasi whatsapp tersebut. Selain itu, pastikan ponsel kamu mendukung fitur sidik jari. Jika ponsel tersebut belum mendukung sidik jari, maka sidik jari di aplikasi whatsapp tidak bisa diaktifkan.

Baca juga  Pentingnya Website Agar Bisnis Online Semakin Maju

 

Cara Mengaktifkan Sidik Jari Whatsapp

Untuk mengaktifkan sidik jari pada whatsapp, berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan.

  • Pastikan kamu telah menggunakan whatsapp versi terbaru. Jika belum, silakan perbarui terlebih dahulu aplikasinya di google play store.
  • Buka aplikasi whatsapp
  • Ketuk ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas.
  • Pilih pengaturan lalu ketuk akun.

Mengaktifkan sidik jari WA

  • Selanjutnya pilih opsi privasi.

Fingerprint WA

  • Scroll ke bawah hingga kamu menemukan tulisan “kunci sidik jari”.

Cara Menggunakan Sidik Jari Whatsapp, Sangat Mudah! 2

  • Langkah berikutnya, silakan aktifkan “buka kunci dengan sidik jari”.
  • Selanjutnya silakan buat sidik jari kamu.

Cara Menggunakan Sidik Jari Whatsapp, Sangat Mudah! 3

Ada beberapa pilihan kunci sidik jari otomatis yang bisa kamu pilih. Yang pertama adalah segera jika ingin fingerprint langsung tampil dengan segera. Jadi, ketika kamu menutup whatsapp dan ingin membukanya lagi maka harus membuka whatsapp tersebut dengan sidik jari.

Pilihan “setelah 1 menit” bermakna bahwa fingerprint akan tampil dalam waktu 1 menit setelah kamu keluar dari aplikasi whatsapp. Sedangkan untuk pilihan “setelah 30 menit” berarti sidik jari whatsapp akan tampil setelah 30 menit.

Baca juga  6 Keunggulan Ovo Sebagai Aplikasi Dompet Digital + Ulasan Lengkap

 

Cara Menonaktifkan Sidik Jari Whatsapp

Bila kamu merasa fitur ini mengganggu dan memilih tidak menggunakannya, maka kamu dapat menonaktifkan. Caranya sangat mudah dan tidak berbeda jauh seperti saat kamu mengaktifkan fitur tersebut. Begini tutorialnya :

  • Buka aplikasi whatsapp.
  • Ketuk titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  • Pilih setelan.
  • Pilih akun.
  • Pilih privasi.
  • Ketuk sidik jari dan nonaktifkan.

Dengan begitu secara otomatis kamu tidak perlu menggunakan fingerprint lagi untuk membuka whatsapp.

Baca juga  5 Manfaat Menggunakan Smartphone yang Luar Biasa

 

Walaupun whatsapp terkunci karena fitur satu ini, kamu tetap bisa menerima panggilan seperti biasa. Selain itu kamu pun juga bisa mengaktifkan konten notifikasi untuk menampilkan chat whatsapp yang diterima di bar notifikasi ponsel.

Menurut saya kehadiran fitur ini begitu oke dan bisa meningkatkan keamanan ponsel. Tak ada lagi yang bisa secara sembarangan membuka whatsapp tanpa seizin saya. Pihak WhatsApp benar-benar telah melindungi hak-hak privasi penggunanya.

Demikian penjelasan tentang cara menggunakan, mengaktifkan, dan menonaktifkan sidik jari whatsapp pada sebuah ponsel cerdas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, sampai jumpa pada tutorial selanjutnya ya.

Bagikan tulisan ini

3 pemikiran pada “Cara Menggunakan Sidik Jari Whatsapp, Sangat Mudah!”

    • 1. Pastikan aplikasi sudah terupdate ke versi terbaru.
      2. Ikuti langkah-langkah tersebut dengan baik dan pastikan tidak ada langkah yang terlewat.
      3. Pastikan juga smartphone kamu mendukung fitur keamanan sidik jari ya. Untuk mengeceknya bisa dilihat di pengaturan keamanan.

Tinggalkan komentar