5+ Peluang Bisnis Bidang Otomotif yang Menjanjikan

Jumlah kendaraan yang semakin banyak, membuat bisnis otomotif menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Memang pada faktanya, banyak masyarakat Indonesia yang memiliki kendaraan pribadi baik itu kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, pada tahun 2018 ada sekitar 146.858.759 kendaraan bermotor di Indonesia. Jumlah tersebut terbagi atas 16.440.987 mobil penumpang, 2.538.182 mobil bus, 7.778.544 mobil barang, dan 120.101.047 sepeda motor.

Itu adalah data tahun 2018. Di tahun 2020 ini diperkirakan jumlahnya akan semakin meningkat.

Tak hanya itu saja, walaupun banyak masyarakat yang mempunyai kendaraan sendiri tak berarti mereka paham seputar otomotif. Peluang inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk menjalankan bisnis otomotif baik berupa penjualan produk ataupun jasa.

 

Peluang Bisnis Bidang Otomotif Paling Menjanjikan

5+ Peluang Bisnis Bidang Otomotif yang Menjanjikan 1

Bisnis otomotif merupakan bisnis yang berhubungan dengan alat-alat transportasi, baik itu sepeda motor, mobil, maupun kendaraan yang lainnya. Apabila anda memiliki skill otak atik kendaraan dan juga memiliki modal yang cukup besar, bisa memulai menjalani usaha bidang otomotif dari sekarang.

Meski banyak modal yang harus Anda keluarkan, tetapi keuntungan yang didapatkan juga sangat besar. Berikut ini beberapa usaha di bidang otomotif yang bisa Anda jalankan :

 

Jual Aksesoris Kendaraan

5+ Peluang Bisnis Bidang Otomotif yang Menjanjikan 2
sumber gambar : kompas otomotif

Agar kendaraan terlihat semakin menarik, biasanya pemiliknya menambahkan aksesoris tertentu. Itulah sebabnya mengapa bisnis ini tergolong sebagai salah satu bisnis otomotif 2020 yang sangat menguntungkan.

Anda bisa menjual kamera GPS yang membantu agar pengendara tidak tersesat, USB charger yang bisa dimanfaatkan untuk mengecas hp, portable vacum cleaner untuk membersihkan debu kendaraan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Saya sarankan bagi Anda untuk membuka toko di pinggir jalan besar supaya peluang mendapatkan pembeli juga semakin besar.

 

Jual Sparepart

5+ Peluang Bisnis Bidang Otomotif yang Menjanjikan 3

Selain aksesoris, sparepart juga sangat dibutuhkan. Bahkan jauh lebih penting dan lebih dibutuhkan dibandingkan dengan sekadar aksesoris.

Sparepart atau suku cadang merupakan komponen dari mesin kendaraan yang dicadangkan untuk memperbaiki atau mengganti bagian kendaraan yang mengalami kerusakan. Sama halnya seperti menjual aksesoris, menjual sparepart kendaraan pun juga mendatangkan keuntungan besar.

Untuk awal-awal, Anda bisa menjual satu jenis suku cadang dulu (mobil atau sepeda motor saja). Setelah berkembang, bisa menjual berbagai macam jenis onderdil.

 

Baca juga : peluang usaha bidang pariwisata.

 

Jasa Cuci Kendaraan

5+ Peluang Bisnis Bidang Otomotif yang Menjanjikan 4

Peluang bisnis bidang otomotif selanjutnya adalah dengan membuka jasa cuci kendaraan. Dan jasa ini pasti banyak yang membutuhkannya karena kendaraan tak selalu bersih sehingga harus dibersihkan.

Baik jasa cuci motor maupun cuci mobil keduanya mendatangkan laba yang tidak sedikit jika Anda bisa mengelolanya dengan baik. Namun, bisnis cuci motor membutuhkan modal yang lebih sedikit.

Kunci sukses menjalani bisnis ini adalah pemilihan lokasi yang strategis, strategi pemasaran yang tepat, serta hasil cucian yang maksimal. Jika pengendara puas dengan hasil cucian Anda, pasti lebih banyak lagi pengendara lain yang mencucikan kendaraannya di tempat Anda.

 

Jual Kendaraan Bekas

5+ Peluang Bisnis Bidang Otomotif yang Menjanjikan 5
ilustrasi jual mobil bekas

Punya kendaraan pribadi yang tidak terpakai? Daripada dianggarkan tidak jelas lebih baik dijual saja agar mendatangkan pendapatan.

Jangan salah, meskipun tidak baru kenyataannya minat beli masyarakat untuk membeli mobil bekas masih cukup tinggi. Alasannya, memang mereka sangat menginginkan mempunyai kendaraan sendiri dan tidak ingin keluar uang dalam jumlah banyak.

Alasan lainnya, mereka memang pengoleksi kendaraan bekas, baik itu motor maupun mobil bekas. Dan kendaraan itu pada akhirnya di jual kembali sehingga mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan.

Alangkah lebih baik juga jika kendaraan bekas yang akan Anda jual dipercantik lagi agar calon pembeli semakin yakin untuk membelinya. Pilih showroom yang tepat apabila Anda ingin menjual sepeda motor atau mobil bekas bukan milik pribadi.

 

Baca juga : jenis usaha desain grafis.

 

Bisnis Perbengkelan

5+ Peluang Bisnis Bidang Otomotif yang Menjanjikan 6

Perbengkelan merupakan jasa untuk memperbaiki kendaraan bermotor. Selain itu, di tempat ini biasanya pengendara juga bisa mengisi oli atau mengisi angin ban.

Dan sampai saat ini, bisnis perbengkelan masih dibutuhkan karena tak semua orang bisa memperbaiki sendiri kendaraannya yang rusak. Selain itu, banyak juga pengendara yang ingin memodifikasi kendaraannya sehingga sangat membutuhkan bengkel untuk mengubah tampilan motor atau mobil mereka.

Cara membuka usaha otomotif yang satu ini dimulai dari menyiapkan modal dan perkakas yang dibutuhkan. Jika Anda tak memiliki tempat sendiri, bisa sewa tempat yang ada di lokasi strategis untuk mendukung kemajuan bisnis perbengkelan Anda.

 

Sewa Kendaraan

5+ Peluang Bisnis Bidang Otomotif yang Menjanjikan 7

Dan peluang bisnis bidang otomotif yang terakhir adalah sewa kendaraan. Utamanya mobil yang sangat dibutuhkan oleh para traveler yang sedang berlibur di suatu wilayah.

Kalau Anda punya mobil yang jarang dipakai namun masih bagus lajunya, sewakan saja supaya mendatangkan pundi-pundi uang. Semua diawali dengan memilih mobil kendaraan dengan kualitas terbaik.

Selain itu yang tidak kalah penting adalah Anda harus menetapkan regulasi yang jelas. Misal, meminta jaminan kepada penyewa sehubungan dengan kendaraan yang akan di sewa.

Tak hanya itu saja, sebagai penyedia rental kendaraan Anda wajib memastikan kendaraan dalam keadaan yang baik alias tidak rusak. Bila perlu, daftarkan kendaraan ke perusahaan asuransi.

Insyaallah jika semua itu dipenuhi dan didukung dengan pemasaran yang jitu bisnis sewa kendaraan Anda bisa berkembang dengan sangat pesat.

 

Baca juga : peluang bisnis untuk anak sekolah.

 

Itulah beberapa peluang bisnis bidang otomotif yang bisa Anda jalankan. Dengan skill yang mumpuni di bidang otomotif dan didukung marketing yang oke, insyaallah bisnis seperti ini bisa bertumbuh dengan pesat. Sekian, sampai jumpa pada artikel menarik dan informatif selanjutnya dari Firdaus Artikel.

Tinggalkan komentar