7+ Tips Staycation di Hotel yang Aman Selama Pandemi

Staycation menjadi pilihan utama untuk Anda yang ingin liburan namun masih ragu pergi keluar kota, jadi kami akan memberi sedikit tips staycation di hotel yang aman selama pandemi ini.

Seperti yang pastinya sudah Anda sadari, masa pandemi yang tidak bisa diprediksi kapan akhirnya ini membuat semua orang mencari cara menghilangkan kejenuhan tanpa beresiko tertular virus. Salah satunya adalah dengan staycation.

 

Tapi apa sih staycation itu?

 

Berdasarkan kamus Cambridge Dictionary, staycation artinya adalah liburan dengan cara menetap di hotel atau rumah yang jaraknya tidak jauh dengan tempat tinggal Anda sendiri dan tidak pula pergi ke tempat wisata maupun hiburan lain. Artinya, waktu liburan Anda benar – benar dihabiskan di hotel saja.

Staycation di Indonesia sendiri pertama kali terdengar di tahun 2010. Namun dengan kondisi pandemi yang seluruh dunia alami saat ini, cara liburan ini kembali menjadi trend khususnya di kota – kota besar.

Meskipun tidak 100% terjamin keamanannya, namun cara ini jauh lebih aman dibandingkan berwisata ke tempat hiburan atau bahkan makan di restoran umum. Bukan hanya itu, biaya staycation juga terbilang lebih terjangkau dibandingkan biaya liburan dengan itinerary yang super padat.

 

Baca juga : tempat wisata di Lahat.

 

Tips Staycation di Hotel yang Aman Selama Pandemi Covid – 19

7+ Tips Staycation di Hotel yang Aman Selama Pandemi 1

Mengingat bahaya virus corona akan mengintai Anda kemana pun Anda pergi, kami akan memberi tips staycation yang aman selama pandemi untuk menurunkan resiko tertular. Berikut ini adalah tips – tips yang bisa Anda ikuti.

 

Pilih Hotel yang Mendapatkan Sertifikasi Standar Kebersihan dari Kemenparekraf

7+ Tips Staycation di Hotel yang Aman Selama Pandemi 2
ilustrasi hotel

Tips pertama dan paling penting sebelum memilih hotel tempat menginap adalah memastikan hotel tersebut sudah memiliki sertifikasi CHS dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Untuk Anda yang belum tahu, sertifikat CHS ini adalah bukti bahwa hotel tersebut lolos uji standar kebersihan sesuai dengan protokol yang ditetapkan.

Untuk mengetahui hotel mana saja yang sudah mendapatkan sertifikasi CHS, Anda bisa melihatnya langsung di aplikasi booking hotel online seperti Traveloka.

Jangan lupa baca ulasan dari orang – orang yang pernah menginap di hotel yang sama. Pastikan hotel tersebut tidak memiliki ulasan buruk, khususnya yang berkaitan dengan kebersihan kamar dan pelayanan.

 

Cari Kamar Yang Sudah Kosong Minimal 3 Hari

7+ Tips Staycation di Hotel yang Aman Selama Pandemi 3

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh WHO, virus Covid – 19 bisa bertahan di benda mati selama 3 hingga 5 hari bila keadaannya lembab dan tidak terkena sinar matahari. Tak terkecuali juga di kasur, bantal, meja di kamar hotel, atau bahkan di selimut.

Demi memperkecil resiko tertular virus yang sama, usahakan mencari kamar yang sudah dikosongkan minimal 3 hari. Hal ini bisa Andal dengan menghubungi resepsionis langsung ataupun dengan memesan kamar dari 7 hari sebelumnya.

 

Baca juga : usaha bidang pariwisata yang menjanjikan.

 

Hindari Kontak Fisik Dengan Orang Lain Semaksimal Mungkin

7+ Tips Staycation di Hotel yang Aman Selama Pandemi 4
Booking hotel

Tips staycation di hotem yang aman selama pandemi berikutnya adalah dengan menghindari kontak fisik dengan orang lain tanpa menjaga jarak.

Hal ini berlaku untuk semua orang, baik itu resepsionis, satpam, maupun petugas hotel yang mengantar maupun membawa tas Anda.

Itulah mengapa, saya sangat menyarankan untuk memesan hotel menggunakan aplikasi booking hotel daring. Karena cara ini bisa mengurangi waktu Anda bersama resepsionis ketika ingin check in.

Bahkan sudah banyak hotel di Indonesia yang menyediakan layanan self check in tanpa harus berdekatan dengan resepsionis.

 

Baca juga : aplikasi apotek online terbaik. 

 

Jangan Menggunakan Fasilitas Publik yang Ada di Hotel

Karena selama berstaycation Anda tidak dianjurkan keluar hotel, maka fasilitas umum seperti kolam renang atau gym mungkin jadi hiburan satu – satunya.

Tetapi sayangnya, semua fasilitas publik tersebut juga baiknya tidak Anda gunakan. Karena bisa meningkatkan resiko tertular virus corona.

Bahkan kebanyakan hotel yang mendapatkan sertifikat CHS (Cleanliness, Health and Safety) dari Kemenparekraf justru menutup fasilitas publik yang mereka miliki.

Lalu apa yang harus dilakukan selama staycation?

Kami sarankan Anda menikmati “Me Time” bila staycation sendirian. Baik itu dengan cara menulis isi pikiran dan tujuan di masa depan, bermain game di kamar hotel, menggambar, atau bahkan maraton film dan drama yang belum sempat Anda saksikan di rumah.

 

Baca juga : tempat instagramable di Jakarta.

 

Pilih Kamar yang Memiliki Balkon

7+ Tips Staycation di Hotel yang Aman Selama Pandemi 5

Seperti yang dikatakan sebelumnya, virus corona bisa lebih cepat menyebar di ruangan tertutup tanpa sirkulasi udara yang baik. Oleh karena itu, memilih kamar yang memiliki balkon atau teras adalah pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan.

Sebab kamar yang memiliki balkon bisa mendapatkan sinar matahari yang lebih banyak. Bukan hanya itu, sirkulasi udaranya juga tetap terjaga serta tidak pengap.

Memang pada umumnya kamar dengan balkon memiliki harga yang lebih tinggi. Namun harga tersebut tetap sepadan dengan keamanan yang bisa Anda rasakan sendiri.

Terlebih lagi Anda bisa mendapatkan pemandangan di malam maupun pagi hari dari balkon tersebut.

 

Bawa Peralatan Mandi & Makan Sendiri

Membawa perlengkapan mandi sendiri mungkin sudah sering Anda lakukan ketika menginap di hotel, bahkan sebelum masa pandemi. Tapi jika membawa sendok, garpu, pisau, bahkan sedotan stainless steel sendiri pastinya baru dilakukan belakangan ini.

Pihak hotel yang memiliki sertifikat CHS memang selalu memastikan alat makan yang mereka gunakan dalam keadaan steril. Namun untuk berjaga – jaga, ada baiknya Anda membawa alat makan sendiri yang terbuat dari bahan stainless steel.

Jika terpaksa menggunakan alat makan hotel, Anda bisa menyemprotkannya dulu menggunakan disinfektan khusus untuk alat makan dan aman untuk bayi.

 

Selalu Ikuti Protokol Kesehatan yang Berlaku

7+ Tips Staycation di Hotel yang Aman Selama Pandemi 6
sumber gambar : travel kompas

Tips staycation di masa pandemi yang terakhir dan paling wajib untuk diikuti adalah selalu patuh terhadap protokol kesehatan yang berlaku. Protokol kesehatan mungkin sudah sering Anda dengar dalam berbagai macam wawancara maupun pidato ketika membicarakan tentang virus corona.

Tapi sebenarnya protokol kesehatan yang berlaku di Indonesia itu seperti apa sih?

Karena kami yakin masih banyak dari Anda yang tidak mengerti apa saja protokol kesehatan yang berlaku ketika ingin staycation ataupun liburan di masa pandemi. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa aturan yang tidak boleh Anda larang.

  • Sebelum melakukan check in atau masuk ke area resepsionis, petugas wajib melakukan pemeriksaan suhu dan bila hasilnya lebih dari 37,5 derajat celcius, maka tamu wajib dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat dahulu
  • Tamu wajib menggunakan masker dan menerapkan social distancing dengan tamu lainnya ketika check in
  • Meja resepsionis wajib menyediakan cairan pembersih tangan
  • Tamu wajib memberikan informasi diri mengenai Covid – 19 selengkap – lengkapnya kepada resepsionis
  • Tamu wajib mencuci tangan selama minimal 20 detik sebelum dan sesudah makan serta setelah dari kamar mandi
  • Hindari melakukan aktivitas di area umum tanpa menggunakan masker dan jangan ragu menegur petugas bila tidak menggunakan masker

 

Baca juga : aplikasi dokter online. 

 

Demikianlah beberapa tips staycation di hotel yang aman selama pandemi. Jangan lupa untuk memastikan tubuh Anda dalam kondisi sehat sebelum memutuskan melakukan hal apapun di dalam hotel.

Tinggalkan komentar