4 Tempat Wisata Pantai di Mentawai yang Menjadi Buruan Peselancar

  • 3 min read
  • Agu 06, 2020
Tempat wisata pantai di Mentawai

Kepulauan Mentawai merupakan salah satu tempat yang memiliki jajaran pantai dengan ombak laut yang banyak dikenal para pencinta olahraga papan selancar. Bahkan sangkin terkenalnya, Mentawai berada di posisi ke-4 dunia sebagai ombak terbaik untuk surfing.

Tak hanya ombaknya, wisata pantai di Mentawai juga terkenal karena cantiknya perpaduan panorama air laut dan pasir putihnya. Banyak wisatawan dari kalangan artis dan selebriti yang berlibur di pantai-pantai Mentawai ini.

 

Rekomendasi Tempat Wisata Pantai di Mentawai

Selain wisata pantai dan laut yang diburu wisatawan, banyaknya wisata budaya yang tersedia di sini juga menambah daya tarik wisatawan. Terdapat banyak resor yang akan memanjakan para wisatawan dengan wisata alam yang mengagumkan.

 

Pantai Simakakang

4 Tempat Wisata Pantai di Mentawai yang Menjadi Buruan Peselancar 1
sumber gambar : viva.co.id

Pantai Simakakang merupakan salah satu pantai terkenal yang menjadi incaran para turis untuk melakukan selancar. Tidak mudah untuk datang ke lokasi pantai ini karena konon harus mendapat izin terlebih dahulu dari pemilik tempat.

Untuk menuju ke lokasi, Anda bisa menggunakan kapal kecil atau kapal menengah yang bisa mengantarkan ke lokasi pantai. Ombaknya yang besar sangat memacu adrenalin para peselancar yang datang ke sini.

Meskipun berombak besar, banyak dari wisatawan yang datang bersama keluarga untuk bersantai menikmati indahnya panorama lautan yang biru. Anak-anak bisa bermain pasir pantai yang berwarna putih dan bertekstur sangat halus.

 

Baca juga : rekomendasi destinasi wisata di Pulau Rote.

 

Pantai Katiet

4 Tempat Wisata Pantai di Mentawai yang Menjadi Buruan Peselancar 2
Sumber gambar : travel detik

Destinasi wisata pantai di Mentawai selanjutnya yang wajib Anda hampiri ketika mampir adalah Pantai Katiet yang berlokasi di Sipora Selatan. Pantai ini terkenal dengan pasir putih bersihnya yang terlihat begitu menyegarkan mata dan sangat indah.

Banyak wisatawan yang mengatakan bahwa melihat pasir Pantai Katiet membuat hasrat ingin tidur di atasnya semakin besar. Ditambah air lautnya yang biru jernih serta pohon-pohon kelapa di sekitarnya menambah pesona pantai ini kian memukau siapa saja.

Masih sama dengan Pantai Makakang, pantai ini juga banyak diburu para peselancar yang ingin menguji adrenalin di ombak besar. Jika Anda bukanlah orang yang profesional dalam bidang itu, jangan sekali-kali mencoba berselancar di sana, karena ombaknya sangat besar.

Tak perlu khawatir jika Anda ingin bermalam di sekitar Pantai Katiet, karena penduduk sekitar yang ramah memberikan fasilitas homestay yang siap menyambut wisatawan.

Untuk menuju ke Pantai Katiet, Anda bisa menggunakan kapal cepat yang berangkat dari Muaro Padang ke Pejat Mentawai. Kemudian perjalanan akan dilanjutkan selama 2 jam untuk bisa sampai ke Pantai Katiet.

 

Baca juga : rekomendasi tempat wisata di Merauke.

 

Pantai Simatalu

4 Tempat Wisata Pantai di Mentawai yang Menjadi Buruan Peselancar 3
Gambar via travel detik

Bagi Anda yang ingin berwisata alam sekaligus wisata budaya, Pantai Simatalu adalah jawaban tepat untuk Anda. Hal tersebut dikarenakan pantai ini memang memiliki penghuni oleh warga Mentawai, khususnya oleh suku Simatalu.

Pantai ini sangat terkenal dengan pemandangannya yang unik, yakni kuning gading. Pasir yang terhampar di pantai ini memiliki warna yang sedikit unik, yakni warna kuning gading, sehingga pantai ini juga mendapat sebutan dengan Pantai Kuning Gading.

Di pesisir pantai juga penuh dengan taburan batu karang yang menambah keindahan panorama Pantai Simatalu. Menikmati keindahan pantai ini akan sangat pas dengan berjemur dan menikmati air kelapa muda.

Semilir angin yang dihembuskan pepohonan di area pantai, ditambah pemandangan birunya air laut yang jernih menambah pikiran semakin rileks. Hal ini sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami stres, baik karena pekerjaan atau pikiran lainnya.

 

Baca juga : rekomendasi objek wisata di Lahat.

 

Pantai Mapadegat

4 Tempat Wisata Pantai di Mentawai yang Menjadi Buruan Peselancar 4

Termasuk salah satu pantai yang disukai oleh wisatawan yang datang ke Mentawai, Pantai Mapadegat terletak di dusun yang bisa dibilang kecil. Letak pantai ini adalah 1 kilometer dari pusat kota Mentawai, tepatnya berada di kecamatan Sipora Utara.

Pantai ini menjadi salah satu pantai yang banyak dikunjungi karena keindahannya yang masih alami, terlebih letaknya yang dekat dengan pusat kota. Berbeda dengan beberapa pantai lain di Mentawai yang terkenal dengan ombak besarnya, Pantai Mapadegat ini tidak memiliki ombak yang cukup menguji adrenalin para surfer profesional.

Sebaliknya, ombak laut di pantai ini sangat cocok untuk Anda yang ingin belajar berselancar pertama kali, alias surfer pemula. Tak hanya ombaknya yang kecil, aktivitas belajar berselancar juga tidak akan terganggu karena tidak terdapatnya karang di pantai ini.

Untuk Anda yang tak ingin belajar berselancar, Anda bisa bersantai di tepi pantai dengan nyaman karena pantainya termasuk bersih dengan pasir putihnya yang bersih.

 

Demikian, ulasan kali ini mengenai daftar Tempat Wisata Pantai di Mentawai Sumatera Barat, surganya destinasi laut bagi para peselancar lokal maupun mancanegara. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.