5+ Jenis Usaha di Bidang Pariwisata yang Menjanjikan

Harus diakui, pariwisata adalah sektor yang paling terdampak di tengah pandemi Covid 19 seperti saat ini. Banyak bisnis sektor pariwisata yang terpaksa berhenti sementara bahkan mengalami kebangkrutan.

Dan salah satu devisa terbanyak bagi negara adalah dari pariwasata, semenjak virus corona masuk semuanya berubah sangat drastis.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto pariwisata merupakan sektor yang paling berat terdampak dengan penurunan devisa hingga 90%.

Dan beberapa daerah yang paling parah terdampaknya antara lain yaitu provinsi Bali, Kepulauan Riau, dan juga Sulawesi Utara.

Lantas, apakah sebaiknya jangan membuka usaha bidang pariwisata? Jawabannya tidak juga. Insyaallah masalah ini hanya sementara saja, setelah pandemi berakhir semua normal seperti sedia kala.

 

Jenis Usaha di Bidang Pariwisata

5+ Jenis Usaha di Bidang Pariwisata yang Menjanjikan 1

Bisnis pariwisata merupakan bisnis dengan target pasar para traveler atau wisatawan yang datang ke suatu tempat wisata. Anda bisa menawarkan jasa penginapan, tour guide, kuliner, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagaimana dengan keuntungannya? Sangat besar, terutama jika pandemi tidak masuk ke tanah air. Dan Indonesia banyak sekali objek wisata yang memanjakan, mulai dari Aceh hingga Papua. Wajar saja jika banyak wisatawan yang tertarik untuk datang.

Apa saja jenis-jenis bisnis bidang pariwisata yang bisa Anda jalankan oleh para UKM maupun non UKM? Mari simak penjelasan selengkapnya pada konten berikut ini :

 

Jasa Penginapan

5+ Jenis Usaha di Bidang Pariwisata yang Menjanjikan 2

Ada pelancong yang tidak hanya liburan dalam waktu hari itu saja, tetapi juga lebih dari sehingga mengharuskan mereka mencari tempat penginapan. Kondisi inilah yang dapat Anda manfaatkan untuk menjalankan bisnis penginapan.

Tak perlu membangun hotel megah bintang rumah, losmen sederhana pun tak masalah asal nyaman ditempati. Sangat cocok untuk target kelas menengah ke bawah karena tarifnya yang lebih terjangkau.

Pastikan tersedia air bersih di homestay atau hotel Anda. Selain itu, alangkah lebih baik jika jaraknya tidak terlalu jauh dengan tempat wisata untuk mempermudah mobilitas para wisatawan tersebut.

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini memang sangat besar, akan tetapi percayalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga sangat besar. Terlebih lagi jasa penginapan tergolong sebagai bisnis evergreen yang selalu dibutuhkan.

Anda wajib mengelola usaha ini dengan sebaik mungkin. Sebab, jika dikelola dengan tidak tepat bukan tidak mungkin kerugian yang besar bisa Anda rasakan.

 

Jasa Tour Guide

5+ Jenis Usaha di Bidang Pariwisata yang Menjanjikan 3

Salah satu usaha industri industri pariwisata adalah dengan menyediakan jasa tour guide. Dan sudah pasti jasa ini sangat dibutuhkan terutama bagi mereka yang baru pertama kali berwisata ke objek wisata tersebut.

Tour guide atau pemandu wisata merupakan orang yang bertugas memberikan bantuan, informasi, dan interpretasi warisan budaya, sejarah, serta kontemporer kepada wisatawan di suatu destinasi wisata. Ingat, tidak sembarangan orang bisa menjadi pemandu wisata.

Jika Anda ingin menjalani usaha ini, Anda wajib melewati pelatihan khusus dari Kementerian Pariwisata untuk mendapatkan sertifikat resmi.

Bisnis tour guide tergolong sebagai bisnis freelance yang pendapatannya tidak kalah dengan gaji seorang PNS. Tak hanya mendapatkan penghasilan besar, dengan menjalani bisnis ini Anda bisa mendapatkan banyak kenalan sehingga bisa memperluas relasi.

 

Baca juga : contoh pekerjaan freelance.

 

Jasa Penerjemah

5+ Jenis Usaha di Bidang Pariwisata yang Menjanjikan 4

Anda jago bahasa Inggris? Tidak tau cara memanfaatkan skill Anda untuk mencari pundi-pundi uang? Saya sarankan untuk menjadi penerjemah saja.

Anda bisa menjadi penerjemah untuk para wisatawan yang datang. Terutama bagi kelompok yang terdiri dari berbagai negara, tak hanya orang-orang Indonesia saja.

Tak cuma untuk orang-orang yang jago bahasa Inggris saja, jika Anda bisa berbahasa daerah Anda tetap dapat menjalankan bisnis seperti ini. Peran penerjemah sangat dibutuhkan sebagai perantara yang dapat menerjemahkan maksud dari warga daerah tersebut maupun wisatawan sehingga dapat mempermudah komunikasi.

 

Bisnis Sewa Perlengkapan Liburan

5+ Jenis Usaha di Bidang Pariwisata yang Menjanjikan 5

Di tempat-tempat wisata, traveler pasti banyak yang ingin menyewa perlengkapan-perlengkapan tertentu untuk menunjang liburan mereka. Biasanya yang kerap disewa adalah alat snorkeling, papan selancar, perahu, dan lainnya sesuai objek wisata.

Anda bisa menjalani jenis usaha di bidang pariwisata ini pada musim-musim liburan karena pasti banyak wisatawan yang datang dan ingin menyewa perlengkapan-perlengkapan tersebut.

 

Baca juga : jenis usaha bidang desain grafis.

 

Bisnis Sewa Kendaraan

5+ Jenis Usaha di Bidang Pariwisata yang Menjanjikan 6

Salah satu usaha yang cocok di sekitar tempat wisata adalah sewa kendaraan. Mereka yang tidak membawa kendaraan pribadi dari tempat asalnya, pasti sangat membutuhkan kendaraan untuk membantu mobilitas agar lebih mudah pergi ke satu tempat wisata ke tempat lainnya.

Sewa kendaraan bisa mendatangkan keuntungan besar. Anda dapat menyewakan kendaraan sepeda motor ataupun mobil, jika kendaraan itu milik pribadi tentu jauh lebih baik lagi.

Jangan lupa buat aturan dan kebijakan yang jelas supaya kendaraan Anda tidak mudah dibawa lari oleh penyewa. Misal dengan menyerahkan jaminan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

 

Baca juga : peluang bisnis bidang otomotif.

 

Bisnis Oleh-oleh

5+ Jenis Usaha di Bidang Pariwisata yang Menjanjikan 7

Jenis usaha di bidang pariwisata berikutnya adalah menjual aneka buah tangan untuk keluarga rumah. Oleh-oleh, baik itu makanan, minuman, souvernir, pakaian, ataupun yang lainnya menjadi buruan turis lokal maupun mancanegara.

Untuk souvernir, saya sarankan bagi Anda untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu. Anda harus mengetahui apa yang menjadi minat masyarakat dan souvernir apa saja yang mereka sukai.

Selalu up to date dan berinovasi menjadi cara membuat bisnis ini bisa bertahan lebih lama.

 

Baca juga : makanan khas Bangka Belitung.

 

Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis usaha di bidang pariwisata yang bisa Anda jalankan. Selain itu Anda bisa mencoba bisnis pariwisata lainnya seperti jasa fotografer, bisnis kuliner, dan lain sebagainya.

Tinggalkan komentar