10 Kelebihan dan Kekurangan Freelance, Masihkah Anda Yakin?

Kelebihan dan kekurangan freelance

Artikel mengenai kelebihan dan kekurangan freelance ini diberikan dengan tujuan untuk memantapkan hati anda yang sedang bingung, apakah akan menjadi seorang pekerja freelance atau pekerja kantor. Tentunya, apapun pekerjaan itu pasti ada kelebihan dan kekurangannya, pasti ada untung dan juga ruginya.

Meski bukan jadi pekerjaan paling populer di Indonesia, namun harus kita akui pertumbuhan pekerja lepas (re: freelancer) di Indonesia selalu mengalami peningkatan. Terlebih lagi, kini eranya teknologi membuat orang lebih tertarik bekerja dengan memanfaatkan internet.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, jumlah freelancer di Indonesia telah menyentuh angka 5,89 juta jiwa. Atau sekitar 4,55% dari total seluruh pekerja yang ada di Indonesia. Jumlah ini meningkat 16% lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Generasi milinieal adalah orang-orang yang paling banyak menggeluti profesi ini. Menurut sebuah survei, sekitar 47% milinieal berusia 18 – 25 tahun bekerja sebagai freelance untuk berbagai unsur pekerjaan. Ada yang menjadi content writer, pemrogramer, designer, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Mengapa Orang Memilih Jadi Seorang Freelancer?

Tak bisa dipungkiri, siapapun yang bekerja alasan utamanya adalah ingin mendapatkan uang. Begitupun dengan seorang yang memutuskan menjadi freelancer, tujuan utamanya adalah mencari uang tambahan. Tak hanya itu saja, ada beberapa alasan lain yang membuat orang bekerja sebagai seorang freelancer.

Waktu yang fleksibel, mengisi waktu luang, sebagai batu loncatan merupakan beberapa alasan lainnya yang membuat seseorang semakin mantap menjadi seorang pekerja lepas. Menurut sebuah survei, lebih dari 50% orang bekerja sebagai freelancer karena ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

 

Kelebihan dan Kekurangan Freelance

Apakah anda sudah mantap menjadi seorang freelancer? Jangan buru-buru memutuskan terlebih dahulu sebelum mengetahui apa kelebihan dan Kekurangan bekerja dengan sistem freelance. Baca baik-baik artikel ini hingga selesai, insyaallah anda bisa memutuskan Terbaik untuk karir kedepannya. Apa saja kelebihan dan kekurangan tersebut? Simak daftar selengkapnya di bawah ini !

Baca juga  5+ Contoh Pekerjaan Freelance yang Menjanjikan

 

Kelebihan Freelance

Banyak orang yang tertarik menjadi seorang freelancer. Penyebabnya tentu pekerjaan ini memberikan banyak sekali keuntungan. Apa saja keuntungan atau kelebihan sebagai seorang freelancer (pekerja lepas)? Simak ulasannya berikut ini !

 

1. Jam Kerja yang Fleksibel

10 Kelebihan dan Kekurangan Freelance, Masihkah Anda Yakin? 1
Sumber gambar : glints

Jam kerja seorang freelancer sangatlah fleksibel. Artinya, anda tidak akan dibebani kerja jam 8 pagi dan pulang jam 5 sore. Kamu bisa bekerja kapan saja, pagi hari, siang hari, sore hari, maupun malam hari. Yang paling terpenting ketika waktunya deadline, pekerjaan harus sudah selesai dikerjakan.

 

2. Bebas Bekerja Dimana Saja

Banyak yang beranggapan seorang freelancer adalah pengangguran. Padahal hal tersebut tidak benar adanya. Orang orang yang menjalani profesi ini memang tidak memiliki kantor sebagai tempat kerja kebanyakan orang, tetapi bisa bekerja dimana saja hanya dengan bermodalkan smartphone, komputer, ataupun Laptop.

Apabila menjadi pekerja lepas, anda bisa bekerja dimana pun yang anda mau. Di dalam kamar tidur, di taman, di cafe, di sekolah, di kampus, atau dimana saja yang membuat anda merasa nyaman. Dengan begitu, anda bisa terhindar dari kemacetan yang parah dan membuat kesal. Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang memutuskan terjun di dunia freelancer.

 

3. Bisa Bekerja di Banyak Perusahaan

10 Kelebihan dan Kekurangan Freelance, Masihkah Anda Yakin? 2
Gambar via freepik

Seorang freelancer bisa saja mendapatkan job dari dua tempat atau dua perusahaan. Atau bahkan bisa lebih (bisa tiga, empat, dan banyak lagi). Inilah yang juga menjadi penyebab mengapa penghasilan freelancer bisa saja lebih besar daripada pekerja kantoran. Selama anda tidak terbebani saat menjalaninya, maka hal tersebut bukanlah menjadi masalah.

Sebagai contoh, seseorang penulis konten yang bisa saja menulis di banyak blog atau website. Penulis juga bisa menulis untuk surat kabar, penerbitan, dan lain sebagainya. Begitupun lainnya, semisal web designer yang mendesain website lebih dari satu perusahaan. Hal ini berlaku untuk semua jenis pekerjaan freelance.

 

4. Penghasilan “Bisa Saja” Lebih Besar

Jika ada yang mengatakan bahwa penghasilan atau pendapatan seorang freelancer kecil, sesungguhnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Mereka (re : freelancer) bisa saja mendapatkan penghasilan yang jauh lebih besar daripada pekerja part time ataupun pekerja full time, semisal pekerja kantoran. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Baca juga  4+ Tips Jualan Pulsa untuk Pemula agar Lebih Menguntungkan

Tentu saja ada hal-hal yang membuat para freelancer bisa memperoleh penghasilan yang jauh lebih banyak. Sesuai dengan apa yang sudah saya singgung sebelumnya, seorang pekerja lepas bisa mendapatkan job dari mana saja. Dan secara otomatis uang yang didapatkan pun juga semakin banyak. Apalagi, jika protect yang dikerjakan juga cukup sulit biasanya bayarannya juga jauh lebih mahal. Bahkan menurut survei, 5 dari 10 freelancer bisa mendapatkan penghasilan satu juta hingga lima juta rupiah.

Untuk mendapatkan lebih banyak job, tentu saja kamu harus meningkatkan keahlian lebih baik lagi. Selain itu, perluas juga jaringan sehingga anda bisa mendapatkan informasi tentang pekerjaan freelance yang jauh lebih banyak. Dengan begitu, bukan hal yang mustahil anda akan mengerjakan jobnya juga. Itulah keuntungan ketiga menjadi seorang freelancer.

 

5. Memperlengkap Portofolio

10 Kelebihan dan Kekurangan Freelance, Masihkah Anda Yakin? 3
Gambar via pixabay

 

Pernah menjalani pekerjaan sebagai seorang freelancer, membuat anda bisa membuat CV (curriculum vitae) menarik untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Dengan memiliki pengalaman kerja, maka peluang untuk diterima di perusahaan tersebut juga semakin besar.

 

6. Bisa Lebih Dekat dengan Keluarga

Terlalu lama bekerja di kantor, terkadang membuat anda rindu dengan anak dan istri di rumah. Niatnya ingin selalu berkumpul dengan mereka, namun apa daya pekerjaan di kantor begitu menumpuk. Jika menjadi seorang freelancer, maka hal tersebut tidak akan terjadi.

Setiap hari anda masih bisa bertemu dengan keluarga. Sebab pekerjaan ini bisa dilakukan dimana saja, termasuk di rumah sendiri. Memang, bisa saja anda mengadakan pertemuan dengan klien namun hal itu terjadi hanya sesekali saja. Terlebih lagi, jika anda adalah seorang full time freelancer maka waktu yang anda miliki bersama keluarga tercinta pasti semakin banyak.

 

7. Menjadi Bos Atas Diri Sendiri

Kelebihan sebagai seorang freelancer berikutnya adalah anda bekerja tidak memiliki atasan langsung. Memang benar anda bekerja untuk perusahaan atau klien tertentu, namun tentu saja anda tidak terikat dengan peraturan perusahaan tersebut dan terbebas dari kekangan bos.

Bahkan soal gaji pun, bisa anda sendiri yang mengaturnya. Tetapi, tetap harus sepakat dengan klien yang akan memberikanmu pekerjaan. Meskipun menjadi bos atas diri sendiri, tak lantas membuatmu bisa bekerja sewenang-wenang. Anda perlu mengatur diri dengan lebih baik lagi.

Baca juga  Daftar Bisnis Paling Laris 2019, Kaum Milinieal Harus Coba!

 

Kekurangan Freelance

Selain memiliki banyak kelebihan, bekerja freelance juga memiliki beberapa kekurangan. Apa saja kekurangan tersebut? Mari simak penjelasan. Lengkapnya pada konten berikut ini

 

1. Belum Tentu Selalu Mendapatkan Pekerjaan

Kekurangan Freelance
Sumber gambar : hellosehat

Karena sifatnya yang tidak terikat kontrak, maka perusahaan atau klien tidak punya kewajiban untuk selalu memberikan Job atau pekerjaan kepada anda. Bulan ini bisa saja anda mendapatkan banyak job, namun hal ini belum tentu terjadi di bulan berikutnya.

Anda harus pandai-pandai mencari klien untuk mendapatkan lebih banyak pekerjaan. Itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa seseorang masih berpikir ulang untuk menjadi seorang pekerja lepas (freelancer).

 

2. Penghasilan yang Tidak Menentu

Karena pekerjaan yang tidak selalu datang setiap hari, maka pendapatan pun juga tidak menentu. Memang, sesuai apa yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa freelancer bisa saja mendapatkan penghasilan yang sangat besar, namun anda juga harus siap dengan skenario buruk yang belum tentu terjadi.

Bulan kemarin anda mendapatkan di atas 3 juta rupiah, namun hal tersebut belum tentu terjadi di bulan ini. Semua itu kembali lagi kepada seberapa banyak job yang anda dapatkan. Penghasilan yang tidak menentu ini, membuat anda harus pandai mengatur keuangan atau mencoba lebih keras mencari lebih banyak job agar uang yang didapatkan juga semakin banyak.

 

3. Bisa Saja Tertipu Klien atau Pemberi Kerja

10 Kelebihan dan Kekurangan Freelance, Masihkah Anda Yakin? 4
Gambar via merdeka.com

Seorang freelancer mungkin saja pernah mengalami pengalaman buruk. Dimana ia sudah bekerja keras mengerjakan projects, namun sayangnya klien tidak bertanggung jawab dan enggan membayarnya. Tidak semua pemberi kerja itu jujur, ternyata ada juga yang berbohong tidak memberikan bayaran yang sudah seharusnya menjadi hak kita. Lantas, bagaimana jika sudah begini?

Tak perlu khawatir, untuk menghindari penipuan maka amda harus mencari klien di situs pencari pekerja freelance. Dengan sistem pembayaran escrow, membuat transaksi anda dan klien menjadi lebih aman. Jadi anda tidak perlu risau lagi.

 

Jadi, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Freelance yang harus anda ketahui. Mimin harap, anda bisa mempertimbangkannya dengan matang. Jika anda merasa nyaman bekerja sebagai freelancer dan bisa memenuhi kebutuhan hidupmu, maka lakukanlah. Jika tidak, mungkin anda bisa mempertimbangkan memilih pekerjaan lainnya. Semoga sukses!

Bagikan tulisan ini

3 pemikiran pada “10 Kelebihan dan Kekurangan Freelance, Masihkah Anda Yakin?”

Tinggalkan komentar