Terbaru! Beginilah Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Chrome Android

Masih banyak yang belum tau, terdapat cara mengaktifkan mode gelap di chrome dengan mudah dan juga cepat. Sebelumnya, memang mode seperti ini belum bisa anda aktifkan pada browser google chrome. Namun sejak bulan ini, fitur tersebut telah hadir dan bisa anda nikmati. Sebenarnya apa itu mode gelap?

Mode gelap atau yang juga disebut sebagai dark mode merupakan salah satu fitur yang biasanya ada pada sosial media. Twitter menjadi sosial media yang pertama kali memiliki fitur dark mode, baru selanjutnya diikuti oleh sosial media lainnya seperti telegram, Reddit, OS Mojave Apple, WhatsApp, dan lain sebagainya.

 

Keuntungan Menggunakan Dark Mode atau Mode Gelap

Hadirnya fitur dark mode tentu bukanlah tanpa alasan. Sebab fitur yang satu ini memiliki banyak manfaat dan keuntungan bagi siapapun yang menggunakannya. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa keuntungan menggunakan dark mode pada social media, browser, ataupun aplikasi :

 

Mengurangi Kelelahan Mata

Berbeda dengan non dark mode yang terdapat banyak cahaya, tema gelap tidak terlalu banyak cahaya sehingga mata tak perlu terlalu bekerja keras untuk mengedipkan kelopak. Dengan begitu, kelelahan mata bisa diminimalisir.

 

Terhindar Dari Cahaya Biru

Cahaya biru merupakan cahaya yang dipancarkan pada sebuah gadget. Cahaya ini membawa efek buruk bagi siapapun yang terlalu lama menatapnya. Salah satu bahaya yang bisa datang adalah penyakit kanker dan kerusakan retina. Tak hanya itu, terlalu sering menatap sinar biru membuat seseorang bisa terserang katarak dan dapat merusak siklus tidur alami.

Baca juga :  Cara Menggunakan Sidik Jari Whatsapp, Sangat Mudah!

Dan mode gelap hadir untuk mengatasi permasalahan tersebut. Adanya fitur ini membuat cahaya biru menjadi berkurang sehingga dapat meminimalisir resiko terserang penyakit berbahaya seperti yang sudah disebutkan di atas. Meski begitu, saya sarankan untuk tetap tidak terlalu lama menatap sebuah smartphone atau gadget.

 

Menciptakan Kontras yang Lebih Baik

Kelebihan fitur dark mode berikutnya adalah mampu menciptakan kontras yang lebih baik. Hal ini dikarenakan cahaya yang keluar akan diminimalisir, sehingga tidak terlampau terang ketika berada di tempat gelap.

 

Memperjelas Tulisan

Ketika kamu mulai mengaktifkan fitur dark mode pada sebuah aplikasi/browser/sosial media, cahaya dari layar smartphone akan berkurang. Hal ini dapat membuat mata menjadi jauh lebih fokus terhadap tulisan-tulisan yang ada di Smartphone tersebut.

Dengan latar belakang hitam, membuat warna putih terlihat lebih menonjol. Sehingga hal dapat memberikan kesan terang dan jelas serta membantu  menyorot informasi tertentu pada sebuah halaman.

 

Menghemat Baterai

Cahaya layar merupakan salah satu pemicu borosnya sebuah baterai smartphone. Mode terang yang ada di dalam smartphone, bisa menghabiskan baterai enam kali lebih cepat daripada mode gelap. Penyebabnya adalah karena terlalu banyaknya kontras cahaya sehingga membuat baterai menjadi mudah panas dan juga cepat habis.  Untuk itu, hadirlah fitur tema/latar gelap untuk mengatasi permasalahan ini.

 

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Chrome Android Tanpa Ribet

Cara mengaktifkan dark mode di google chrome

Khusus bagi kamu pengguna android dan masih belum tau bagaimana cara mengaktifkan fitur dark mode, tak perlu bingung. Melalui konten ini, saya akan memberikan panduannya untuk anda ikuti. Mari disimak!

 

Perbarui Aplikasinya Terlebih Dahulu

Terbaru! Beginilah Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Chrome Android 1

Langkah pertama yang perlu anda lakukan sebelum menghidupkan fitur dark mode pada browser google chrome adalah dengan memperbarui versi aplikasinya terlebih dahulu. Pastikan anda telah menggunakan versi aplikasinya paling tidak ke versi 78.0.3904.108. Pembaharuan dapat dilakukan melalui google play store.

Baca juga :  5+ Keuntungan Menggunakan Dana Dompet Digital, Reccomended!

 

Aktifkan Mode Gelap Sekarang!

Terbaru! Beginilah Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Chrome Android 2

Setelah aplikasi sudah anda perbarui, maka secara otomatis aplikasi google chrome anda sudah mempunyai fitur yang dimaksud. Berikut ini cara mengaktifkan mode gelap di chrome android yang bisa anda lakukan :

  • Buka aplikasi google chrome.
  • Klik tanda titik tiga yang berada di pojok kanan atas.
  • Menuju ke setelan atau pengaturan.
  • Pada bagian “dasar”, silakan pilih tema.
  • Langkah Terakhir, pilih “gelap” untuk mengaktifkan dark mode.

 

Selain mode terang dan gelap, ada juga pilihan “default sistem” yang bisa anda aktifkan. Dengan memilih default sistem, maka tema gelap akan aktif jika mode penghemat baterai perangkat juga diaktifkan.

Bagaimana sangat mudah bukan? Demikianlah sedikit tutorial mengenai cara mengaktifkan mode gelap di chrome dengan mudah hanya dari ponsel android. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Satu pemikiran pada “Terbaru! Beginilah Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Chrome Android”

  1. Menurut saya malah lebih suka background biru keabu abuan karena lebih nyaman di mata. Mode gelap menurut saya malah terlihat mencolok dan mata bekerja lebih keras.

Tinggalkan komentar