Apa Itu Desain Industri dan Penjelasannya [Lengkap]

Desain industri merupakan salah satu jenis dari hak kekayaan intelektual. Bila Anda berhasil menciptakannya, maka Anda berhak mendapatkan perlindungan secara moril dan hukum sehingga tidak ada seorang pun yang bisa seenaknya sendiri melakukan pembajakan atau pelanggaran hukum terhadap karya yang telah dibuat.

Pada kesempatan ini, Firdaus Artikel bakal membahas secara lebih mendalam mengenai desain industri. Mari simak materi selengkapnya berikut ini

 

Apa Itu Desain Industri?

Apa Itu Desain Industri dan Penjelasannya [Lengkap] 1

Desain industri menurut  Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 adalah kreasi bentuk, konfigurasi atau komposisi garis atau warna, atau garis dan warna, atau gabungan daripadanya yang berbentuk dua atau tiga dimensi yang memberikan kesan estetika dan dapat diwujudkan dalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta dapat digunakan untuk menghasilkan suatu produk, barang, komoditas industri atau kerajinan tangan.

Pengertian desain industri atau industrial design menurut Wikipedia merupakan seni terapan di mana estetika dan usability suatu barang disempurnakan

 

Baca juga : apa itu merek.

 

Istilah-Istilah Dalam Desain Industri

Dalam dunia desain industri, ada beberapa istilah yang harus Anda ketahui. Diantaranya sebagai berikut :

 

Pendesain

Pendesain merupakan pencipta desain industri. Baik dilakukan secara mandiri ataupun dilakukan oleh banyak orang.

 

Hak Desain Industri

Hak desan industri adalah hak esklusif yang diberikan oleh Negara kepada pendesain atas hasil kreasinya dalam kurun waktu tertentu menggunakannya sendiri, atau memberikan persetujuan kepada pihak lain untuk menggunakannya.

 

Ruang Lingkup Desain Industri

Apa Itu Desain Industri dan Penjelasannya [Lengkap] 2
ilustrasi desain indusri, gambar via indonesia.go.id

Untuk ruang lingkup industrial design sendiri terbagi menjadi dua, ada yang dilindungi dan ada juga yang tidak dilindungi. Lalu, apa saja perbedaannya? Simak di bawah ini:

 

Desain Industri yang Dilindungi

Hak desain industri yang dilindungi akan diberikan kepada desain industri yang baru. Maksudnya adalah apabila pada tanggal penerimaan permohonan desain industri ini tidak sama dengan pengungkapan sebelumnya.

 

Desain Industri yang Tidak Dilindungi

Hak desain industri sendiri tidak diberikan atau dilindungi ketika sebuah desain industri melenceng dari:

  • Peraturan perundang-undangan yang berlaku
  • Ketertiban umum.
  • Agama atau kesusilaan.

 

Baca juga : manfaat konten marketing bagi industri 4.0.

 

Pelanggaran dan Sanksi

Siapa saja yang dengan sengaja dan tidak memiliki hak untuk membuat, menjual, memakai, mengimpor, mengekspor dan mengedarkan barang yang memiliki hak desain industri tanpa persetujuan maka akan dipenjara paling lama 4 tahun dan/atau denda paling banyak Rp300.000.000,-

 

Pendaftaran Desain Industri

Untuk bisa mendapat perlindungan industrial design, maka Anda perlu mendaftarkan kreasi Anda ke Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM (Ditjen HKI Kemenkumham).

 

Baca juga : cara daftar merek secara daring.

 

Bentuk dan Lama Perlindungan

Bentuk perlindungan yang diberikan oleh pemerintah kepada para Pemegang Hak Desain Industri ialah berbentuk hak ekslusif. Hak ini dapat digunakan untuk melaksanakan Hak Desain Industri yang dimiliki dan juga berhak untuk melarang pihak lainnya untuk membuat, menggunakan, menjual, mengimpor, mengekspor, dan/atau mengedarkan barang yang sudah ada Hak Desain Industri tanpa persetujuan.

Namun ada pengecualian dalam hal kepentingan pendidikan dengan catatan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari pemilik Hak Desain Industri, maka penggunaannya di anggap tidak menjadi pelanggaran.

Perlindungan pemerintah kepada Hak Desain Industri ini sendiri memiliki jangka waktu, yaitu sekitar 10 (Sepuluh) tahun terhitung sejak tanggal penerimaan atau pengesahan Hak Desain Industri.

 

Baca juga : perlindungan hak kekayaan intelektual.

 

Dan itu dia sedikit penjelasan mengenai desain industri yang mungkin perlu Anda ketahui guna menjaga hak kreasi yang Anda miliki.

Apabila Anda memiliki kreasi yang ingin Anda lindungi, maka Anda wajib untuk membuat klaim atas kreasi Anda tersebut dengan mengajukan Hak Desain Industri melalui Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual-Departemen Hukun dan HAM (Ditjen HKI-Dephuk & HAM).

Tinggalkan komentar