Konten Marketing Bagi Industri 4.0, Apa Manfaatnya?

Konten marketing bagi industri 4.0 tentu saja berbeda dengan saat industri masih 1.0 hingga 3.0. Semakin lama dunia berubah semakin cepat, saat ini kita berada di masa yang dikenal dengan sebutan revolusi industri 4.0. Merupakan perubahan dimana semua hal telah dikendalikan dan diatur dengan teknologi.

Revolusi industri 4.0 membuat pekerjaan manusia semakin tergerus karena semua telah diganti secara otomatis dengan robot dan juga teknologi. Semua bekerja secara otomatis sehingga membuat kerja perusahaan menjadi jauh lebih cepat dan juga efisien. Revolusi industri 4.0 telah mengubah dan mempengaruhi banyak hal bagi kehidupan manusia.

Salah satunya dari segi bisnis, termasuk juga pemasaran didalamnya. Beda dahulu beda dengan sekarang. Jika 10 tahun ke belakang, pemasaran dilakukan secara offline dan konvensional, maka saat ini pemasaran sudah bisa dilakukan secara online. Cukup dengan satu genggaman saja.

 

Konten Marketing bagi Industri 4.0

Konten marketing

Di era industri 4.0, membuat kebutuhan pemasaran secara online semakin jauh lebih meningkat. Istilah lebih kerennya adalah pemasaran digital. Jika masa industri 1.0, 2.0, dan 3.0 pemasaran digital hanya sebagai alat bantu saja, berbeda halnya dengan pemasaran digital yang saat ini telah menjadi alat dan strategi utama.

Sebagai contoh, bila anda memiliki bisnis jual jam tangan, internet bisa dimanfaatkan media untuk mempromosikan situs ini. Baik secara mandiri maupun dengan memakai bantuan jasa penulis artikel. Mereka (re : para penulis artikel) adalah orang-orang yang memiliki kemampuan yang sangat baik dibidang pemasaran, selain itu kemampuan menulis mereka juga pasti sangat baik.

Baca juga :  4+ Tips Jualan Pulsa untuk Pemula agar Lebih Menguntungkan

Pada marketing 4.0, sejatinya tidak bisa berjalan dengan hanya mengandalkan interaksi secara daring dengan para pelanggan. Perlu juga melakukan interaksi secara luring dengan mereka. Tujuannya yaitu untuk menyentuh konsumen agar mendapatkan pelayanan yang memuaskan dari produk atau jasa yang ditawarkan.

 

Manfaat Konten Marketing di Era Revolusi Industri 4.0

Apapun bisnis atau usaha anda, jika dipasarkan dengan mengandalkan konten marketing, bukan sesuatu yang mustahil untuk mengalahkan kompetitor yang jauh lebih besar. Sebagaimana yang telah saya singgung sedikit sebelumnya, internet adalah salah satu media terbaik untuk memasarkan produk atau jasa pada masa kini.

Jangan lupa juga, mayoritas masyarakat Indonesia dan dunia kini banyak yang mengakses internet. Menurut data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) jumlah pengguna internet di Indonesia jumlahnya mencapai lebih dari 170 juta orang. Ini artinya, lebih dari 50% warga Indonesia mengakses internet, sebuah peluang besar untuk mengembangkan bisnis anda!

Kalau sudah berbicara soal internet, tentu saja tak bisa dilepaskan begitu saja dengan istilah “konten”. Jadi sebenarnya membuat konten Marketing baik di media sosial maupun di Website juga merupakan salah satu bentuk pemasaran digital. Adakah manfaatnya? Sudah pasti ada.

 

1. Meningkatkan Penjualan

Salah satu benefit yang pasti anda rasakan jika membuat sebuah konten marketing adalah meningkatnya penjualan. Produk atau jasa anda menjadi laris manis dibeli oleh pembeli. Tentu konten yang dibuat haruslah dalam bentuk copywriting untuk membuat mereka tertarik dengan produk/jasa yang kita jual.

Para copywriter biasanya memiliki website khusus sebagai tempat menaruh semua produk ataupun jasa yang dijual. Hal ini membuat calon pembeli menganggap bisnisnya jauh lebih profesional. Itulah mengapa di era digital seperti saat ini, Pembuatan Website sangat penting untuk dilakukan.

Baca juga :  3+ Cara Backup Data Android dengan Mudah dan Cepat

 

2. Meningkatkan Brand Awarness

Bila anda rutin menyampaikan informasi tentang produk pada website, maka brand awareness atau kepercayaan mereka pada produk Anda juga bakal meningkat. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab mereka akan selalu ingat dan tidak pernah lupa dengan produk yang anda jual. Selain itu, brand Awarness juga bisa membuka peluang pengunjung baru menjadi konsumen anda juga.

 

3. Engagement Meningkat

Seiring dengan berjalannya waktu, bila anda rutin melakukan update produk pada website cepat atau lambat engagement juga akan meningkat. Like, komen, dan share situs anda akan semakin meningkat. Ini adalah hal yang bagus karena dapat membuat bisnis menjadi jauh lebih luas. Selalu berinteraksi baik dengan pengunjung supaya anda tidak kehilangan kepercayaan mereka..

 

4. Biaya Marketing yang Jauh Lebih Rendah

Konten Marketing bagi industri 4.0 membawa banyak sekali keuntungan, salah satunya adalah biaya pemasaran yang bisa ditekan. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk beriklan di media sosial. Anda hanya memerlukan modal untuk kuota internet saja plus domain dan hosting yang kini sudah bisa dibeli dengan harga yang terjangkau.

 

Jadi, masihkah anda akan mengandalkan cara yang konvensional? Saya sarankan segera ubah cara anda dalam melakukan pemasaran. Sebab kini semua telah Berubah. Konsumen lebih banyak mencari produk melalui toko online, tidak lagi toko offline, ini semua demi bisnis anda agar lebih berkembang. Demikian penjelasan tentang konten Marketing bagi industri 4.0 dan manfaatnya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar