5+ Peluang Usaha Bidang Peternakan Paling Menguntungkan

Salah sektor yang menguntungkan untuk membangun suatu bisnis adalah sektor peternakan. Karena bagaimanapun juga, hewan adalah makhluk hidup yang keberadaannya sangat dibutuhkan manusia.

Manusia sangat membutuhkan hewan untuk berbagai keperluan. Untuk dimakan, dipelihara/dibudidaya, dijual kembali, atau digunakan untuk hal lainnya.

Keuntungannya begitu besar. Ya kendati pun saat ini kita masih dalam masa pandemi Covid 19, bisnis industri peternakan masih tetap bisa berjalan walau ada sedikit penurunan omzet.

 

Peluang Usaha Bidang Peternakan

Teruntuk Anda yang memiliki hewan peliharaan tertentu di rumah, jangan dianggurin saja tetapi coba maksimalkan sehingga bisa dijual dan menambah pendapatan.

Langsung saja, berikut ini saya rekomendasikan beberapa peluang bisnis di bidang peternakan yang bisa Anda jalankan :

 

Ternak Ayam

5+ Peluang Usaha Bidang Peternakan Paling Menguntungkan 1

Ayam merupakan salah satu hewan ternak yang masih sangat dibutuhkan hingga saat ini. Biasanya daging dan telurnya dimanfaatkan menjadi makanan yang lezat dan bergizi seimbang.

Untuk menjalani bisnis ini pastikan Anda memiliki kandang ayam dan halaman yang cukup luas. Sebaiknya juga tidak terlalu dekat dengan rumah penduduk karena bisa mengganggu mereka.

Laba bisnis ternak ayam sangatlah besar. Sebagai contoh, seorang peternak ayam kampung bisa mendapatkan keuntungan 9 jutaan per bulannya dan omzet yang didapatkan bisa miliaran rupiah. Luar biasa bukan?

 

Baca juga : peluang bisnis bidang kesehatan.

 

Ternak Kambing

5+ Peluang Usaha Bidang Peternakan Paling Menguntungkan 2

Bisnis peternakan yang menjanjikan selanjutnya adalah dengan beternak kambing. Hewan yang sangat dibutuhkan karena dagingnya bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan.

Beternak kambing memang paling bagus dilakukan di pedesaan, karena di sana masih tersedia banyak rerumputan sebagai makanan utamanya. Namun bukan berarti di perkotaan sama sekali tidak bisa dilakukan

Usaha ternak kambing dapat dimulai dengan modal kurang dari 10 juta rupiah. Dan laba yang Anda dapatkan bisa melebihi 1,5 juta rupiah per bulannya.

Telah banyak yang membuktikan kesuksesan menjadi peternak kambing, salah satunya adalah Mulyoko. Saat ini, beliau memiliki kandang yang mampu menampung kambing hingga berjumlah 2500 ekor.

 

Ternak Lele

5+ Peluang Usaha Bidang Peternakan Paling Menguntungkan 3
Sumber gambar : economy okezone

Peluang usaha bidang peternakan berikutnya adalah dengan beternak ikan lele. Jenis ikan ini sangat populer bagi masyarakat Indonesia karena bisa diolah menjadi beragam jenis makanan seperti pecel lele, mangut lele, krengseng lele, lele crispy, lele sambal rica-rica, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bisnis budidaya ikan lele adalah bisnis yang potensial dan sangat menjanjikan. Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang sangat besar, sebab lele sangat mudah perawatannya.

Selain itu, lele juga cepat panen. Hanya dalam waktu 3 bulan sejak benih ditebarkan, lele bisa langsung Anda panen dan dijual sehingga bisa mendapatkan keuntungan.

Dengan membudidayakan 5000 ikan lele, Anda bisa mendapatkan keuntungan sekitar 1,7 juta per bulannya. Semakin banyak ikan yang dipelihara, tentu semakin banyak omzet dan keuntungan yang Anda peroleh.

 

Baca juga : peluang usaha bidang pariwisata.

 

Ternak Bebek

5+ Peluang Usaha Bidang Peternakan Paling Menguntungkan 4

Bukan hanya ayam saja hewan unggas yang bisa dipelihara dan dijual, Anda pun juga bisa melakukannya pada bebek. Bebek memiliki ciri khas yang berbeda dengan ayam, yaitu pada bagian tekstur dan rasa yang khas.

Karena rasanya yang khas, membuat daging bebek banyak diburu oleh masyarakat. Bukan hanya itu, telurnya juga bisa diolah menjadi berbagai macam masakan yang lezat seperti telur bebek padang, telur bebek asin, martabak telur bebek, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hal tersebut membuktikan bahwasanya bebek sangat dibutuhkan, sehingga menjanjikan omzet dan keuntungan yang sangat besar. Pastikan dalam beternak, selalu jaga kualitas bebek sehingga hasilnya maksimal.

 

Ternak Kelinci

5+ Peluang Usaha Bidang Peternakan Paling Menguntungkan 5

Jangan salah, meskipun kelinci tidak sepopuler hewan sebelumnya tetapi ternak kelinci tetap merupakan salah satu peluang usaha bidang peternakan yang potensial. Bagian dagingnya sangat dibutuhkan karena bisa diolah menjadi abon, sate, ataupun makanan yang lainnya.

Tak hanya itu saja, makanan berbahan dasar daging kelinci juga dapat diekspor dengan nilai jual yang cukup tinggi. Dengan berbisnis ini, Anda bisa memulainya dengan modal sekitar 3 jutaan saja.

Untuk pemasarannya, Anda bisa menawarkan langsung ke konsumen ataupun bisa menawarkannya ke restoran atau rumah makan yang khusus menjual sate kelinci. Tidak sulit bukan?

 

Baca juga : ide bisnis otomotif.

 

Ternak Burung Puyuh

5+ Peluang Usaha Bidang Peternakan Paling Menguntungkan 6

Hewan unggas lainnya bisa Anda pelihara dan dijadikan pundi-pundi uang adalah burung puyuh. Hewan yang satu ini banyak dicari oleh restoran kelas menengah ke atas sehingga jika Anda menjualnya pasti bisa mendapatkan omzet yang sangat besar.

Selain itu, burung puyuh banyak diminati oleh dipelihara kembali. Anda tidak akan kehilangan pasar apabila menjalani usaha yang satu ini.

Walaupun modal untuk menjalankan bisnis ternak burung puyuh ini tidak sedikit, dengan perawatan yang baik dan kualitas burung betul-betul di jaga maka anda bisa memperoleh keuntungan yang besar. Bahkan bisa melebihi 5 juta per bulannya.

 

Ternak Udang

5+ Peluang Usaha Bidang Peternakan Paling Menguntungkan 7

Peluang usaha bidang peternakan yang ketujuh adalah dengan membudidayakan udang. Hewan dengan kandungan protein yang cukup tinggi ini memang sangat familiar, bahkan menjadi komoditi utama di restoran-restoran seafood.

Memulainya tidak terlalu sulit. Kalau Anda masih belum bisa membuka tambak udang dengan ukuran yang besar, bisa diganti dengan kolam terpal. Biaya pembuatannya jauh lebih terjangkau.

Salah satu jenis udang yang bisa Anda budidayakan adalah udang vaname. Anda tak perlu mengeluarkan modal terlalu besar untuk memulainya, selain itu perawatannya juga tidak terlalu sulit.

Rasa daging udang jenis ini sangatlah enak sehingga Anda tidak akan kesulitan mendapatkan pembeli ketika menjualnya. Peluang bisnis udang vaname sama sekali tidak terpengaruh dengan adanya pandemi Covid 19.

Budidaya udang vaname bisa menghasilkan keuntungan hingga puluhan juta rupiah.

 

Bagaimana, sangat menjanjikan bukan? Itulah berbagai rekomendasi peluang usaha bidang peternakan yang bisa Anda jalankan. Silakan pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan yang Anda miliki. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar