4 Kekurangan Coworking Space yang Wajib Anda Ketahui

Coworking Space sebuah ruangan yang secara konsep digunakan secara bersama-sama. Baik itu untuk rapat, diskusi, maupun keperluan lainnya yang berhubungan dengan bisnis atau pekerjaan.

Coworking Space dinilai memiliki banyak sekali kelebihan. Bukan hanya dapat menghemat pengeluaran, adanya Coworking Space ini juga membawa dampak positif terhadap diri pribadi karena bertambahnya relasi dengan banyak orang.

Jumlah pengguna Coworking Space kini telah berkembang pesat. Berdasarkan penelitian dari Global Coworking Unconference Conference, jumlah pengguna Coworking Space setiap tahunnya meningkat 24%.

 

Baca juga : apa itu virtual office?

 

Kekurangan Coworking Space

4 Kekurangan Coworking Space yang Wajib Anda Ketahui 1

Tak ada teknologi yang benar-benar sempurna. Termasuk halnya Coworking Space yang juga memiliki sejumlah kekurangan.

Apa saja itu? Langsung saja berikut ini beberapa kekurangan dari Coworking Space yang bisa saja terjadi :

 

Membuat Tidak Nyaman

Terkadang, melakukan diskusi atau rapat di Coworking Space membuat kita merasa tidak nyaman. Pasalnya, bisa saja banyak orang berada di sana dan tidak semua orang suka dengan keramaian.

Ada juga yang merasa terganggu sehingga mereka merasa kurang nyaman. Selain itu, ada juga yang hanya bisa berkumpul dalam kelompok kecil saja.

Kalau sudah begini, tentu saja mengakibatkan produktivitas menjadi terganggu. Kerja, meeting, diskusi, maupun kegiatan lainnya yang dilakukan di Coworking Space menjadi tak fokus lagi.

 

Kurangnya Privasi Pekerja

Coworking Space kurang cocok untuk para karyawan atau pekerja. Alasannya, adanya Coworking Space membuat privasi pekerja menjadi kurang terjaga dengan baik.

Bagaimana pun juga, setiap individu pasti punya privasi yang berhubungan dengan bisnis atau pekerjaannya. Sedangkan Coworking Space bukanlah tempat khusus, sehingga rawan bocor kepada orang lain.

Masih untung jika yang mendengar adalah orang yang bisa pegang rahasia, bila tidak itu bisa jadi pertanda yang kurang baik bagi Anda maupun bisnis yang kini tengah dijalankan.

 

Karyawan Menjadi Terbebani

Kekurangan Coworking Space selanjutnya adalah dapat membuat karyawan menjadi terbebani. Pasalnya, tak semua perusahaan menyediakan peralatan bagi karyawannya jika harus bekerja di Coworking Space.

Terkadang mereka harus membawa peralatan sendiri seperti laptop, charger, dan mungkin juga OHP. Bagi mereka yang memiliki semua barang itu mungkin tak jadi masalah, namun bagi yang belum memiliki semuanya tentu saja begitu menyulitkan.

 

Kompetitor Bisa Saja Ada di Sana

Jika Anda seorang owner bisnis, Coworking Space bukanlah tempat yang tepat untuk mengadakan meeting ataupun diskusi. Bukan tidak mungkin di sana juga ada kompetitor yang secara sengaja maupun tidak sengaja memantau dan mendengarkan pembicaraan Anda bersama yang lainnya.

Seharusnya, meeting diadakan di tempat yang lebih privasi. Bisa di kantor atau menyewa ruangan khusus di sebuah kafe, hotel ataupun apartemen. Sekalipun Anda harus mengeluarkan uang besar, setidaknya tidak ada rahasia yang terbuka.

 

Baca juga : kekurangan virtual office.

 

Jadi, itulah beberapa kekurangan Coworking Space yang harus Anda ketahui. Pilihan kembali ke tangan Anda, karena pada dasarnya ada banyak tempat meeting yang bisa Anda pakai, tak hanya Coworking Space saja.

Tinggalkan komentar