Manfaat dan Bahaya Kunyit Bila Dikonsumsi Berlebihan, Berhati-Hatilah!

Mengingat manfaat kunyit yang luar biasa bagi kesehatan. Maka tak heran jika tanaman purba ini dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Anda mungkin mengenali kunyit terlebih dahulu dan terutama sebagai bahan pendamping kari di negara Bangladesh, Indonesia, Pakistan, dan India, tetapi Anda juga akan senang bila ternyata Anda dapat menggunakan kunyit di seluruh rangkaian makanan lezat.

 

Tentang Kunyit

Kunyit sendiri merupakan tanaman rempah dan obat-obatan asli dari Asia Tenggara. Di Indonesia, tumbuhan ini begitu mudah ditanam dan juga mudah ditemukan. Kunyit tergolong ke dalam kelompok jahe jahean.

Setiap negara dan daerah di Indonesia punya istilah sendiri untuk menyebut nama tanaman rempah yang satu ini. Di Jawa kunyit adalah kunir, di Madura kunir adalah konyet, sementara itu masyarakat Sunda menyebutnya dengan sebutan koneng.

Kunyit, sejatinya merupakan tumbuhan dengan khasiat yang luar biasa. Bukan sekedar bumbu masakan saja, tetapi juga memiliki banyak manfaat tersembunyi yang mungkin saja anda belum mengetahuinya.

Selain punya manfaat, kunyit juga berbahaya jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Selengkapnya tentang manfaat dan bahaya kunyit dapat anda baca pada konten berikut ini :

 

Baca juga : obat asam urat terbaik

 

Beragam Manfaat Kunyit

Kandungan utama kunyit curcumin, dianggap bertindak sebagai antiinflamasi dengan menurunkan keberadaan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh. Kunyit juga merupakan antioksidan yang dapat memperlambat atau menghentikan pembekuan darah.

Karena hal itulah, kunyit harus digunakan dengan takaran yang tepat mengingat banyaknya benefit yang bisa anda dapatkan. (termasuk sebagai cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan, kembung, IBS, radang sendi, radang kulit, penyakit kuning, gas, penyakit Crohn, kelelahan, dan masalah hati).

 

Baca juga : manfaat buah kersen

 

Bahaya Kunyit

Sementara jumlah yang Anda konsumsi dalam makanan tidak benar-benar diketahui apakah menyebabkan efek samping yang berbahaya, ketika diambil sebagai suplemen, kunyit mungkin memiliki beberapa efek aneh akan terjadi pada tubuh Anda.

Berikut adalah beberapa efek yang perlu diperhatikan bila Anda berencana menambahkan kunyit ke dalam makanan sehari-hari :

  • Kunyit mungkin tidak baik bila dicampur dengan obat-obatan tertentu. Obat yang bertindak sebagai antikoagulan (pengencer darah) adalah salah satu jenisnya, karena kunyit berfungsi sebagai pengencer darah itu sendiri. Obat lain yang dilaporkan tidak tercampur adalah pengurang asam lambung dan obat diabetes.
  • Terlalu banyak konsumsi kunyit dapat sebabkan batu ginjal. Kunyit kaya akan oksalat, yang dapat mengikat kalsium dan meningkatkan produksi endapan kalsium di ginjal – alias bentuk batu ginjal yang umum. Jadi, jika Anda pernah mengalami masalah dengan batu tubuh kecil yang sangat menyakitkan di masa lalu, kunyit adalah sesuatu yang benar-benar harus dihindari.
  • Aliran haid menjadi lebih banyak karena sifat pengencer darahnya, kunyit berpotensi menyebabkan aliran Anda meningkat, yang, dalam beberapa kasus, bisa menjadi hal yang baik. Tapi itu pasti sesuatu yang perlu dipertimbangkan jika Anda tidak biasa menggunakan pembalut panjang.
  • Perut Anda bisa saja tidak cocok dengan kunyit. Beberapa orang mengalami sakit perut (seperti nyeri haid yang normal) setelah mengonsumsi kunyit. Dan lebih buruk lagi, beberapa melaporkan mual, diare, dan bahkan sedikit pusing
  • Terakhir, kunyit bukan bahan yang cocok untuk wanita hamil karena kunyit dikenal untuk merangsang rahim dan meningkatkan pendarahan.

 

Baca juga : bahaya bakso bagi kesehatan

 

Jadi manfaatkan kunyit ini sesuai dengan porsinya. Konsumsi sewajarnya dan jangan berlebihan. Lebih baik aman daripada menyesal, bukan? Terima kasih telah berkunjung, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Bagikan tulisan ini

Tinggalkan komentar