Waspadalah! 8 Bahaya Bakso Bila Dikonsumsi Berlebihan

Bahaya Bakso

Bahaya Bakso adalah nyata. Bagi siapapun yang mengkonsumsinya secara berlebihan. Bakso menjadi makanan lezat favorit masyarakat Indonesia yang mempunyai 2 sisi di dalamnya. Ada sisi baik dan juga sisi buruk. Si baiknya telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, dimana salah satunya adalah dapat menambah tenaga karena mengandung karbohidrat yang cukup tinggi.

Selain memiliki sisi baik, bakso (apapun jenis dagingnya) juga mendatangkan efek tidak baik untuk tubuh anda. Banyak memang yang tidak menyadarinya, mengingat rasa bakso yang sangat lezat sehingga bisa menghipnotis siapa saja yang mengkonsumsinya. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa semua bisa terkena dampak negatif dari makanan berbahan dasar daging yang satu ini.

 

Beberapa Bahaya Bakso yang Perlu Anda Waspadai

Bahaya makan bakso

Bakso memberi dampak negatif pada tubuh hanya jika anda mengkonsumsinya berlebihan atau telah ditambahkan zat-zat berbahaya yang tidak seharusnya ditambahkan. Tetaplah waspada, berikut ini merupakan beberapa bahaya makan bakso terlalu sering :

 

Menyebabkan Hipertensi

Waspadalah terhadap bakso yang anda konsumsi. Sebab makanan yang satu ini bisa saja menyebabkan Hipertensi karena didalamnya telah ditambahkan vetchin atau MSG yang terlalu berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah meningkat, sakit kepala, dan juga perut manual. Adapun ciri bakso yang mengandung MSG adalah rasanya yang “terlampau lezat” karena memang fungsinya sebagai penyedap makanan.

Baca juga  Jasa Facial Keliling Terbaik, Hanya Di sini!

 

Menyebabkan Kanker

Bahaya Bakso berikutnya adalah dapat menyebabkan penyakit kanker. Sungguh sangat menyeramkan. Perlu kewaspadaan jika anda membeli bakso, jangan sampai mengandung boraks yang menyebabkan kerusakan sistem saraf otak, gangguan hati, ginjal dan munculnya sel kanker. Mungkin anda tidak langsung merasakan efeknya, namun beberapa tahun ke depan efek negatif tersebut bakal anda rasakan.

Membedakan bakso dengan dan tanpa boraks mungkin sulit dilakukan oleh orang awam. Namun penting bagi anda untuk mengetahui tentang hal ini. Adapun salah satu ciri bakso yang telah terkontaminasi boraks adalah kenyal ketika digigit. Berbeda dengan bakso asli yang terasa garing ketika digigit. Selain itu, beberapa ciri lain yang menandai bakso mengandung boraks yaitu warna lebih putih, memantul bila dijatuhkan, dan tak lengket.

 

Meningkatkan Resiko Keguguran

Berhati-hatilah juga kepada Bunda hamil yang gemar mengkonsumsi bakso, apalagi jika terlalu sering memakannya. Abang tukang bakso pasti selalu menambahkan penyedap dan juga cuka sehingga dapat merusak janin yang baru terbentuk. Efek terparah, wanita hamil bisa mengalami keguguran.

Baca juga  Penggunaan Deterjen Khusus untuk Pakaian Bayi, Bagaimana Caranya?

 

Menyebabkan Sariawan

Bahaya makan pentol bakso selanjutnya adalah bisa membuat seseorang menderita penyakit sariawan. Hal ini disebabkan karena kandungan MSG atau penyedap rasa yang menyebabkan gangguan pada bagian gusi. Jadi, tidak baik untuk terlalu sering mengkonsumsinya.

 

Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Membeli bakso dipinggir jalan kita tidak pernah bisa mengetahui secara pasti bagaimana kehigienisan dari bakso tersebut. Memakan bakso yang tidak hieginis dan tidak bersih dapat menimbulkan masalah pada pencernaan anda.  Seperti diare atau sakit perut. Untuk itu, anda harus memilih tempat yang bersih ketika membeli makanan yang satu ini.

Baca juga  Mudahnya Mencari Informasi Kesehatan di SehatQ.Com, Banyak Faedahnya!

 

Menyebabkan Penurunan Nafsu Makan

Ternyata rasa bakso yang lezat dan ditambahkan MSG tidak selalu membuat nafsu makan menjadi meningkat. MSG yang terlalu banyak juga membuat lidah merasa makanan menjadi kurang lezat sehingga dapat menurunkan nafsu makan. Jika sudah seperti ini maka tubuh menjadi semakin kurus dan lebih mudah terserang penyakit.

 

Meningkatkan Kolesterol Dalam Darah

Bahaya bakso selanjutnya yang patut anda waspadai adalah peningkatan kolesterol yang ada di dalam darah. Hal ini disebabkan karena memang makanan yang satu ini mengandung setidaknya 100 miligram kolesterol pada satu porsi bakso. Menurut American Heart Association, batasan kolesterol sehari adalah 200 – 300 miligram. Itu artinya, jika anda mengkonsumsi lebih dari 2 porsi dalam 1 hari bisa menimbulkan problem pada kolesterol yang ada di dalam tubuh anda.

Baca juga  Luar Biasa! Berikut 10 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh

 

Menyebabkan Kegemukan

Bakso adalah makanan dengan kadar Kalori yang sangat tinggi. Apabila terlalu banyak masuk ke dalam tubuh, akan membuat berat badan menjadi naik. Jika hal seperti ini terus menerus terjadi maka bukan tidak mungkin menjadi obesitas karena kelebihan berat badan. Untuk itu, selalu beri batasan ketika kita mengkonsumsi bakso.

 

Jadi apakah bakso sehat? Jawabannya belum tentu juga. Selain punya manfaat, ternyata bahaya bakso juga bisa kita rasakan. Untuk meminimalisir agar bahaya tersebut tidak menyerang anda batasi konsumsi bakso, janganlah berlebihan. Satu porsi dalam sehari itu sudah sangat cukup.

Baca juga  10 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu, jika anda membeli bakso pastikan membeli di tempat yang benar-benar bersih dan juga hieginis. Jangan melanjutkan memakan bakso jika saat dicicipi anda sudah merasakan tanda-tanda bakso tersebut mengandung bahan pengawet berbahaya. Selalu bijak dalam urusan lidah, maka tubuh kita insyaallah akan tetap sehat.

Bagikan tulisan ini

2 pemikiran pada “Waspadalah! 8 Bahaya Bakso Bila Dikonsumsi Berlebihan”

Tinggalkan komentar