5+ Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami, Aman Dilakukan

Pola makan yang tidak sehat mengantarkan anda pada penyakit kolesterol. Sayangnya, penyakit ini jarang disadari kedatangannya. Akhirnya tidak sedikit orang yang terjebak dengan penyakit mematikan ini.

Banyak cara dilakukan agar terbebas dari kolesterol tinggi. Selain pergi ke rumah sakit dengan pengeluaran yang cukup tinggi, ada juga cara menurunkan Kolesterol secara alami.

Kali ini Anda akan mengenal serba – serbi penyakit Kolesterol. Mulai dari penyebab, gejala hingga cara pengobatannya. Kurangnya pengetahuan terkait penyakit ini seringkali menimbulkan kepanikan hingga salah akhirnya salah kaprah.

Bukannya sembuh malah penyakitnya malah semakin menjadi – jadi. Tidak mau kan? Yuk, simak pembahasannya hingga akhir.

 

Apa Penyebab Penyakit Kolesterol?

5+ Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami, Aman Dilakukan 1

Kolesterol disebabkan oleh banyak faktor. Penyebab yang paling umum diketahui yaitu karena pola makan yang tidak sehat. Tidak bisa dipungkiri makanan favorit Indonesia pasti berhubungan dengan minyak dan santan.

Semua itu akan memicu terjadinya Kolesterol jika tidak diimbangi olahraga rutin. Lalu, apa saja penyebab lain yang dapat menimbulkan penyakit ini?

 

Malas bergerak

Pernahkah Anda menghitung berapa lama Anda malas – malasan sambil rebahan? Bisa sampai berjam – jam pastinya. Sekarang, kebiasaan buruk itu harus mulai dikurangi.

Mengapa demikian? Malas bergerak bisa menyebabkan metabolisme tubuh terganggu sehingga mengantarkan Anda pada penyakit kolesterol tinggi.

 

Rokok

Rokok mengandung banyak zat berbahaya, salah satunya acrolein. Zat tersebut dapat menghalangi kerja enzim bahkan hingga mengurangi jumlahnya.

Jika ini terjadi sel tubuh renta mengalami oksidasi dan berakibat pada sitem imun yang tidak mengenali lagi LDL. Selanjutnya kolesterol dengan mudah menumpuk. Hati – hati untuk Anda perokok aktif ataupun pasif.

Baca juga :  5 Khasiat Buah Kiwi untuk Diet yang Sehat

 

Berat badan berlebih

Berat badan berlebih identic dengan lemak jenuh yang menumpuk dalam tubuh. Hal ini menjadi faktor pemicu kolestol tinggi dan mengakibatkan pengendapan lemak pada dinding pembuluh darah.

Jangka panjangnya bukan hanya penyakit kolesterol tinggi yang akan menghampiri Anda, tapi juga penyakit jantung coroner. Maka dari itu menjaga berat badan ideal sangatlah penting.

 

Usia

Seiring bertambahnya usia metabolisme tubuh Anda juga lambat laun akan menurun. Ini juga termasuk faktor pendukung timbulnya penyakit kolesterol tinggi pada tubuh.

Untuk menghindarinya tentu harus ada kesadaran dari diri sendiri untuk menjaga pola hidup. Tetaplah aktif berkegiatan dan perbanyak olah tubuh.

 

Komplikasi penyakit

Untuk Anda yang sedang atau pernah terkena penyakit hipertensi, gangguan kelenjar tiroid, liver, gagal ginjal hingga diabet besar kemungkinan terkena Kolesterol.

Penyakit tersebut biasanya saling berhubungan dan rentan terjadi pada tubuh. Jangan lupa untuk terus kontrol kesehatan tubuh anda agar terhindar dari penyakit kolesterol.

 

Genetik

Jika Anda merasa sudah menjaga pola makan sehat, sering olahraga dan tidak merokok tetapi memiliki kadar Kolesterol darah tinggi bisa jadi itu faktor keturunan. Tertanya faktor genetic juga bisa membawa riwayat kolesterol.

Untuk kasus ini Anda harus ekstra menjaga asupan pada tubuh sendiri. Tidak kalah penting, lakukan check up berkala pada rumah sakit langganan. Anda bisa booking terlebih dahulu menggunakan layanan konsultasi dokter, agar tidak antre di rumah sakit.

 

Gejala Kolesterol Tinggi Pada Tubuh

Penyakit memiliki jenis yang sangat beragam. Diantaranya, ada yang menunjukan gejala dan ada yang tidak menunjukan gejala. Kolesterol sendiri memiliki tanda – tanda yang bisa dengan mudah kenali.

Gejala pertama adalah sakit pada bagian dada depan. Gejala ini bisa dengan mudah dirasakan saat Anda stress atau sedang melakukan aktivitas berat.

Gejala kedua adalah merasa berat di leher bagian belakang disertai pening. Ini biasa langsung dirasakan sesaat setelah Anda memakan makan yang mengandung lemak jenuh tinggi.

Baca juga :  Penggunaan Deterjen Khusus untuk Pakaian Bayi, Bagaimana Caranya?

Untuk menetralisirnya minumlah air putih secukupnya. Jika dirasa makin parah, segera hubungi dokter terpercaya untuk tindakan selanjutnya. Jangan sampai Anda menghiraukan gejala ini agar tidak berakibat fatal ke depanya.

 

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami dan Aman Dilakukan

Pada dasarnya setiap orang pasti memiliki kolesterol di tubuhnya. Namun jika kadarnya sudah diatas batas normal maka bisa digolongkan sebagai suatu penyakit.

Beragam cara bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit ini. Alih – alih mengosumsi obat kimia, kini banyak orang yang tertarik menurunkan kadar kolesterol secara alami. Apa saja?

 

Minum Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki zat flavonoid yang berfungsi sebagai sumber antioksidan untuk tubuh. Selain itu jeruk nipis dengan kandungan acidnya bisa menetralkan kadar lemak dalam tubuh.

Bayangkan jika anda mengonsumsi air jenuk nipis dengan teratur, bisa dipastikan lemak jahat luntur dan terbebas dari kolesterol.

 

Mengkonsumsi Kulit manggis

Sejak dulu kulit manggis dipercaya dapat menangkal segala jenis penyakit bahkan penyakit paling mematikan seperti kanker. Untuk mengosumsinya kulit manggis bisa dikeringkan terlebih dahulu dan langsung dimakan secara teratur.

Agar lebih mudah, anda dapat langsung membeli dan ekstrak kulit manggis yang banyak dijual dipasaran. Silahkan dicoba.

 

Mengkonsumsi Buah Anggur

Siapa tidak mengenal buah dengan rasa segar ini? Anggur mengandung antioksidan piceatannol dan resveratrol yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Dengan mengonsumsi buah anggur secara utuh berarti Anda sedang meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai penyakit termasuk kolesterol. Untuk menangani kolesterol konsumsilah jenis anggur merah atau ungu.

 

Baca juga : manfaat buah durian untuk kesehatan tubuh.

 

Mengkonsumsi Jambu Merah

Jambu merah mungkin jadi buah kegemaran Anda. Buah dengan kandungan vitamin C paling tinggi ini bisa mencegah dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. bagaimana caranya?

Anda bisa mulai mengonsumsinya dengan cara langsung atau dibuat menjadi jus. Untuk hasil lebih maksimal jangan tambahkan pemanis apapun ke dalamnya.

 

Mengkonsumsi Biji – bijian

Biji – bijian bisa berperan sebagai penangkal efek radikal bebas. Baik dari dalam maupun luar tubuh. Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis tumbuhan biji – bijian.

Baca juga :  Cara Menyembuhkan Wasir Secara Alami Paling Ampuh

Jadi Anda bebas memilih jenis biji yang sesuai selera. Konsumsi biji – bijian sebagai pengganti nasi putih agar kadar kolesterol dalam tubuh turun dan mendekati angka stabil.

 

Mengkonsumsi Daun Kelor

Daun kelor atau yang juga disebut daun moringa bisa membantu anda untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Tanaman yang satu ini  juga dapat mengurangi kadar lemak dalam darah, sehingga kolesterol pun bisa turun.

Manfaat daun moringa yang bisa menurunkan kadar kolesterol ini telah dibuktikan berdasarkan hasil penelitian yang terdaftar di NCBI. Jika daun ini berkhasiat menurunkan kolesterol, maka secara otomatis juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung, darah tinggi dan stroke.

 

Obat Kolesterol Mosehat

obat kelor mosehat

Mosehat adalah obat herbal yang ampuh untuk menangkal Kolesterol jahat dari luar tubuh. Diperkaya dengan kandungan propolis dan habbatussauda obat ini manjur untuk mengatasi masalah kolesterol Anda.

Mosehat merupakan obat 100% alami. Jika dibandingkan dengan obat kimia, Mosehat tidak menimbulkan efek samping sedikitpun sehingga nyaman untuk dikonsumsi jangka panjang.

Dengan dibekali sertifikasi MUI dan lebil halal, obat herbal mosehat tidak perlu diragukan lagi legalitasnya. Cara membelinya juga mudah, Anda bisa mengunjungi web resmi Mosehat di https://mosehat.id untuk melakukan pemasanan dan pembelian secara online. Atau juga bisa membeli obat kolesterol mosehat secara langsung dengan mengunjungi marketplace kesayangan anda.

 

Baca juga : cara mengobati amandel tanpa operasi.

 

Cara menurunkan kolesterol secara alami memang beragam. Anda tinggal pilih bahan alami mana yang paling sesuai dengan selera. Konsumsi secara teratur sambil dibarengi pola hidup sehat seperti perbanyak olahraga, tidak begadang dan stop merokok.

Sebagai opsi lain, Anda juga bisa mengonsumsi obat kolesterol Mosehat untuk cara yang lebih efektif dan efisien. Jangan lupa terus jaga kesehatan tubuh ya!

Tinggalkan komentar