12 Manfaat Madu untuk Kesehatan + Kecantikan Maksimal

Madu merupakan makanan bertekstur kental dan berasa manis yang berasal dari lebah dan serangga lainnya. Namun madu yang banyak beredar dan menjadi favorit banyak orang adalah madu yang dihasilkan dari hewan lebah.

Wajar saja kalau banyak orang yang sangat menyukai madu, sebab makanan ini memang terbukti secara ilmiah memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Bahkan bukan hanya itu saja, madu juga bermanfaat untuk kecantikan wanita.

Pada artikel ini, Firdaus Artikel akan membahas beragam khasiat madu baik dalam sisi kesehatan maupun sisi kecantikan. Yuk, disimak.

 

Kandungan Madu

Sebelum kita bicara soal manfaatnya, terlebih dahulu Anda wajib mengetahui apa saja zat-zat yang terkandung di dalam madu. Berikut ini kandungn gizi di dalam 100 gram madu :

 

Kandungan GiziKadar/100 Gram
Serat Pangan0,2 g
Natrium4 mg
Kalium52 mg
Karbohidrat82,4 g
Kalsium6 mg
Vitamin C0,5 mg
Magnesium2 mg
Fosfor4 mg
Zat Besi0,42 mg
Riboflavin0.038 mg
Air17,10 g
Gula82,12 g

 

Manfaat Madu bagi Kesehatan Tubuh

12 Manfaat Madu untuk Kesehatan + Kecantikan Maksimal 1

Berikut ini manfaat madu untuk kesehatan tubuh manusia :

 

Meredakan Batuk

Kalau Anda sedang batuk, konsumsi saja madu dan rasakan batuk Anda berangsur-angsur berkurang. Admin pun pernah mencobanya dan memang terbukti madu bisa meredakan batuk secara perlahan. Sekarang pertanyaannya, kenapa madu bisa mengurangi batuk?

Ternyata yang menyebabkan hal itu terjadi karena rasa manis pada madu bisa memicu produksi air liur agar dapat melembabkan tenggorokan sehingga rasa gatal tenggorokan yang menjadi penyebab batuk pun jadi berkurang. Madu juga mengandung antioksidan untuk mengurangi peradangan yang menjadi pemicu batuk.

 

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat madu selanjutnya yaitu mampu meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi madu, Anda menjadi tidak mudah terserang penyakit.

Hal ini tidak terlepas karena adanya senyawa fitonutrien pada madu yang dapat meningkatkan sel-sel imun dalam tubuh. Tak cukup sampai disitu saja, madu juga dikenal memiliki sifat antibakteri dan antijamur sehingga bakteri dan jamur tidak mudah masuk ke dalam tubuh Anda.

 

Menangkal Radikal Bebas

Madu sebenarnya merupakan antioksidan alami dengan kemampuan menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Tentu saja jika radikal bebas sudah berhasil ditangkal, secara otomatis manfaat lain juga Anda rasakan seperti memperkuat sel imun, mengurangi atau mengatasi peradangan, mencegah reaksi alergi, mencegah diabetes, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Baca juga : manfaat asparagus bagi kesehatan tubuh.

 

Menambah Energi

Biar energi semakin bertambah, cobalah mengkonsumsi madu yang juga kaya akan karbohidrat dan gula. Di dalam 100 gram madu, terkandung sekitar 82,4 gram karbohidrat dan 82,12 gram gula termasuk fruktosa, glukosa, maltosa, dan sukrosa.

Kandungan itulah yang membuat madu sebagai sumber energi yang baik. Anda tidak perlu khawatir, gula yang terkandung di dalam madu adalah gula alami sehingga tetap bagus untuk kesehatan tubuh Anda, dan pastinya aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

 

Menurunkan Tekanan Darah

Madu mengandung senyawa fenolik yang terbukti bisa menurunkan tekanan darah manusia. Dengan begitu, Anda bisa terhindar resiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

 

Menyembuhkan Luka

Manfaat madu untuk menyembuhkan luka sudah dipercaya sejak zaman dahulu. Dan kepercayaan itu sudah dibuktikan kebenarannya berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 43,3% orang bisa sembuh dari luka dengan mengoleskan madu. Bahkan ada penelitian lain yang menunjukkan madu dapat menyembuhkan luka pada penderita diabetes dengan kesuksesan mencapai 87%.

 

Baca juga : manfaat ikan teri. 

 

Manfaat Madu untuk Kecantikan

12 Manfaat Madu untuk Kesehatan + Kecantikan Maksimal 2
Ilustrasi mengoleskan madu ke wajah. Gambar via merdeka.com

Wanita harus tau, berikut ini berbagai benefit madu untuk kecantikan kulit wanita. Apa sajakah itu?

 

Melembabkan Kulit Wajah

Salah satu khasiat madu untuk wanita adalah bisa melembabkan kulit wajah. Caranya cukup dengan mengoleskannya pada wajah.

Dengan kulit wajah yang lembab, tentu saja Anda akan terhindar dari keriput dan wajah serta bisa mencegah terjadinya penuaan dini.

 

Mengatasi Jerawat

Membasmi jerawat secara tradisional juga bisa dengan memanfaatkan madu. Untuk diketahui, di dalam madu terkandung zat antiinflamasi dan antibakteri mampu untuk meredakan peradangan dan pembengkakan pada jerawat.

Cara penggunaanya cukup dengan mengoleskan madu di wajah sehingga menjadi masker madu. Atau bisa dengan campuran madu dan kunyit agar peradangan pada jerawat bisa hilang. Pastikan madu yang dioleskan benar-benar madu asli ya.

 

Mengangkat Sel Kulit Mati

Setelah madu diaplikasikan ke kulit wajah Anda, maka sel-sel kulit mati menjadi terangkat. Dengan begitu kulit jadi terlihat lebih bersih dan sehat

Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan secara rutin sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Anda juga bisa menambahkan gula (1 sendok makan gula pasir + 1 sendok teh madu).

 

Membuat Kulit Glowing

Kulit glowing adalah dambaan setiap wanita dan untuk mewujudkannya Anda bisa memakai madu dan mengoleskannya ke kulit. Bahkan manfaat ini telah diketahui sejak zaman kerajaan Mesir Kuno.

Kandungan antioksidan pada madu mampu menangkal radikal bebas sehingga kulit pun menjadi semakin cerah.

 

Mengecilkan Pori-pori Wajah

Manfaat madu untuk wajah adalah bisa menghilangkan pori-pori yang mengganggu karena membuat kulit tampak kusam dan kasar.

Dengan mengaplikasikan madu, pori-pori bisa mengecil dan kulit wajah pun menjadi lebih mulus.

 

Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Sebenarnya madu tidak hanya berkhasiat menjaga kesehatan kulit saja, tetapi juga bisa mengatasi bibir pecah-pecah dan menjadikannya merah kembali seperti sedia kala.

Anda bisa membuat scrub madu untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Caranya yaitu dengan mencampurkan madu dan gula pasir lalu mengoleskannya ke bibir. Diamkan dulu selama beberapa menit baru kemudian bilas dengan air bersih.

 

Baca juga : manfaat buah kiwi untuk kecantikan.

 

Apakah Madu Bisa Dikonsumsi Semua Orang?

Madu memang merupakan makanan yang menyehatkan. Tapi apakah madu boleh dikonsumsi oleh siapa saja?

Pada umumnya madu tergolong aman dan tidak menimbulkan efek samping sehingga siapapun boleh mengkonsumsinya kecuali anak usia di bawah satu tahun karena berisiko menyebabkan botulisme atau kondisi keracunan yang menyerang saraf tubuh. Sebaiknya tunggu batita atau balita baru berikan anak madu.

Selain itu perhatikan juga madu yang dikonsumsi. Pastikan madunya adalah madu asli yakni madu yang berasal dari lebah berkualitas tanpa ada campuran bahan apapun di dalamnya.

Untuk mengetes keaslian madu, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan yaitu :

  • Dengan korek api
  • Mencelupkan ke dalam air.
  • Tuangkan ke piring, atau
  • Uji madu dengan kertas.

Berhati-hatilah karena banyak penjual nakal. Ngakunya madu asli, ternyata madu yang dijual adalah madu palsu. Jika sampai madu palsu yang Anda konsumsi maka manfaat madu tidak bisa Anda dapatkan secara maksimal.

 

Demikian pembahasan seputar manfaat madu baik dari segi kesehatan maupun kecantikan. So, jangan pernah ragu konsumsi madu selama madu tersebut adalah madu asli. (Baca juga : rekomendasi madu murni terbaik).

Tinggalkan komentar