10+ Jenis Madu Terbaik untuk Anda Konsumsi

Madu merupakan makanan kental manis yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Makanan yang berasal dari hewan lebah ini, tak banyak yang tau kalau ada banyak sekali jenisnya.

Selama ini mungkin Anda sering membeli madu di pasaran, namun belum tentu setiap madu yang Anda konsumsi itu sama jenisnya. Hal ini disebabkan madu tersebut dihasilkan dari jenis lebah yang berbeda.

Selain itu, madu ada banyak macamnya juga dipengaruhi oleh sumber bunga yang digunakan lebah untuk mengumpulkan nektar. Apa saja macam-macam madu itu?

 

Baca : tips membedakan madu asli dan palsu. 

 

Jenis Madu Terbaik

10+ Jenis Madu Terbaik untuk Anda Konsumsi 1
Ilustrasi madu

Jika ditotal, sebenarnya ada lebih dari 300 varietas madu yang ada di dunia. Tentu tidak akan saya sampaikan semua pada artikel ini.

Firdaus Artikel hanya memberikan informasi macam-macam madu terbaik dan tidak berstatus langka. Yuk, simak daftar dan penjelasan selengkapnya berikut ini

 

Madu Kapuk

Madu kapuk
Sumber gambar : madupramuka.co.id

Madu kapuk atau madu bunga kapuk merupakan madu yang berasal dari bunga kapuk yang terdapat di hutan randu. Ciri fisik dari madu ini adalah berwarna coklat muda dan agak bening, sementara itu untuk rasanya manis namun sedikit masam.

Adapun manfaat madu kapuk bagi kesehatan tubuh antara lain yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengobati batuk, melegakan tenggorokan, mengendalikan tekanan darah, mencegah penyakit jantung, membunuh kolesterol jahat, menyembuhkan luka bakar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Madu Klanceng

Madu klanceng

Jenis madu klanceng adalah madu yang berasal dari spesies lebah Trigona sapiens dan Trigona clypearis. Yang membedakan spesies lebah tersebut dengan lebah lainnya adalah tidak menyengat, tetapi menggigit. Alhasil, cita rasa madu yang dihasilkan pun juga berbeda.

Dari segi harga, madu klanceng lebih mahal daripada madu yang berasal dari lebah penyengat. Selain itu rasanya juga lebih masam .

Madu klanceng punya sekali banyak khasiat diantaranya yaitu sebagai antikosidan, antibakteri, antiperadangan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Madu Manuka

Madu manuka

Madu Manuka adalah madu yang bukan berasal dari Indonesia melainkan dari New Zealand atau Selandia Baru. Madu yang satu ini diproduksi oleh lebah yang menyerbuki bunga Leptospermum scoparium, atau yang juga disebut sebagai serbuk manuka.

Madu Manuka kaya sekali manfaat baik dari segi kesehatan maupun kecantikan. Madu ini bisa menghilangkan jerawat, mengobati radang tenggorokan, meningkatkan kualitas tidur, serta mengurangi asam lambung.

 

Madu Bunga Liar

Jenis madu terbaik selanjutnya yaitu madu bunga liar. Madu ini diproduksi dari berbagai bunga liar yang ditemukan di alam dengan rasa yang bervariasi sesuai dengan jenis bunga yang dihisap lebah.

Madu yang satu ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat tersebut telah dibuktikan berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh University of California-Davis.

 

Madu Karet

Madu karet
Gambar via : bukalapak.com

Madu yang satu ini dihasilkan dari nektar bunga yang dihisap lebah madu di hutan karet. Madu karet jika disimpan dalam waktu lama akan mengkristal seperti gula.

Sama halnya seperti madu jenis lainnya, madu karet juga memiliki banyak sekali khasiat seperti mengatasi keputihan, mengobati luka bakar, menyembuhkan hepatitis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Madu Putih

Madu putih

Sama seperti madu manuka, madu putih juga bukan berasal dari Indonesia melainkan dari berasal daro Hawaii. Madu ini berasal dari bunga-bunga seperti alfalfa, fireweed, sage, dan daun semanggi.

Biasanya diolah sehingga teksturnya menjadi krim seperti mentega. Madu putih dipercaya bisa mengatasi batuk, mengatasi luka, mengatasi masalah pencernaan, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Walaupun namanya madu putih, tidak berarti madu ini berwarna putih seperti susu. Warnanya tidak terlalu putih.

 

Madu Clover

Madu clover
Source image : hdindonesia.com

Sesuai dengan namanya, madu clover asalnya dari bunga clover. Ciri khas dari madu yang satu ini adalah rasanya yang floral dan warnanya yang lebih bening.

Madu clover dikenal punya sifat antioksidan yang cukup tinggi. Selain itu, dikutip dari 18 Types of Honey: Uses, Nutrition and Benefits (diethive.com), madu clover juga mengandung asam fenolik tinggi yang bagus untuk mengatasi asam urat.

 

Madu Buckwheat

10+ Jenis Madu Terbaik untuk Anda Konsumsi 2

Madu Buckwheat adalah madu yang dipanen dari lebah yang mengumpulkan nektar dari bunga buckwheat. Perlu Anda ketahui, bunga buckwheat merupakan bunga yang bijinya diolah menjadi gandum hingga tepung. Terkadang madu ini juga disebut sebagai madu bunga gandum kuda.

Berdasarkan hasil studi, madu buckwheat memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu, hasil studi lain juga membuktikan bahwasanya madu ini bisa meningkatkan nilai antikosidan di dalam tubuh.

 

Madu Hitam

Madu hitam

Jenis madu hitam atau bitter black honey adalah madu yang berbeda dengan madu pada umumnya karena berasa pahit. Rasa pahit ini dipengaruhi oleh senyawa alkaloid yang berasal dari sari bunga mahoni.

Sementara itu, dari segi manfaat madu hitam dipercaya mampu menangkal radikal bebas, menyembuhkan penyakit kronis, mengobati alergi, dan beragam khsiat lainnya.

 

Madu Rambutan

Madu rambutan
Sumber gambar : Shopee.co.id

Madu rambutan merupakan madu yang dihasilkan oleh lebah yang diternakkan di sekitar perkebunan rambutan. Aroma dan rasanya pun mirip seperti buah rambutan sesuai nama madu ini.

Madu rambutan memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan tubuh Anda diantaranya yaitu melancarkan urine, mengatasi sakit pinggang, mengotimalkan kerja ginjal, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Madu Hutan Sumatra

Madu hutan sumatra
Gambar via lazada.co.id

Kalau Anda memang pecinta madu dan berasal dari Sumatra, pasti sudah tidak asing lagi dengan madu yang satu ini. Madu hutan sumatra begitu populer dan sudah dipasarkan ke berbagai wilayah di Indonesia.

Dengan mengkonsumsi madu ini, membuat seseorang bisa terjaga staminanya, terjaga daya tahan tubuhnya, serta bisa mengoptimalkan penyembuhan penyakit.

 

Madu Hutan Timor

Jika Anda mencari madu dengan kualitas nomor 3 di dunia, maka madu hutan Timor adalah jawabannya. Madu yang berasal dari provinsi Nusa Tenggara Timur ini mendapatkan predikat sebagai madu berkualitas nomor 3 di dunia setelah Yunani dan Australia.

Sejak dahulu, madu ini dipercaya berkhasiat menjaga vitalitas tubuh dan menjaga kesehatan kulit pada wanita.

 

Madu Hutan Sumbawa

Jenis madu terbaik selanjutnya juga berasal dari Indonesia atau lebih tepatnya di wilayah hutan Sumbawa. Madu ini memiliki kadar air yang sangat rendah sehingga khasiatnya bisa diperoleh secara maksimal.

Madu ini berasal dari lebah yang mengambil nektar dari pohon bidara atau ziziphus mauritiana. Madu hutan sumbawa sangat bagus dalam menyembuhkan penyakit otot dan mengatasi pegal-pegal.

 

Madu Kopi

Madu kopi

Madu ini berasal dari bunga kopi dan warnanya juga hitam seperti kopi hitam. Madu ini memiliki aroma yang khas dan  bisa dikonsumsi langsung atau ditambahkan ke berbagai jenis makanan.

Adapun manfaat dari madu kopi antara lain yaitu mengatasi insomnia, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan nafsu makan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Baca juga : rekomendasi madu murni terbaik.

 

Selain keempat belas madu di atas masih banyak madu-madu lainnya yang bisa Anda konsumsi, baik yang berasal dari Indonesia maupun luar negeri. Contohnya yaitu madu hutan Kalimantan, madu hutan Jambi, madu embun, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah dia berbagai jenis madu terbaik yang bisa Anda konsumsi. Silakan pilih mana yang terbaik menurut Anda, sebab masing-masing madu punya ciri khas dan keunggulannya masing-masing.

4 pemikiran pada “10+ Jenis Madu Terbaik untuk Anda Konsumsi”

  1. Madu lebah kelulut lum masuk ya. Lebah yang ngga nyengat, kayak lalat buah aja kecil. Di malaysia n kalimantan populer.

  2. Jadi jangan sembarangan membeli madu, ya. Apalagi sekarang banyak yang pakai pemanis buatan. Harus tau dulu mana yang bagus dan enggak

  3. Aku jarang minum madu hehe…Suamiku yang rajin minum madu belinya di toko herbal. Pernah sih mengonsumsi madu sumbawa asli, memang mahal tapi berkhasiat banget.

Tinggalkan komentar