7 Manfaat Madu Clover yang Kaya Antioksidan

Jika Anda bertanya, jenis madu apakah yang bagus untuk konsumsinya? Maka salah satu jawabannya adalah madu clover. Sesuai dengan namanya, madu ini berasal dari lebah yang mengambil nektar dari bunga clover.

Berbeda dengan jenis madu lainnya, madu clover berwarna lebih cerah bukan berwarna coklat atau hitam. Madu ini berwarna kuning muda dan memiliki wangi seperti bunga. Rasa clover honey lebih dari madu jenis lainnya.

Clover honey juga sempat viral karena dianggap bisa mencegah dan menyembuhkan covid 19. Namun hal ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

 

Baca juga : tips membedakan madu asli dan palsu.

 

Kandungan Madu Clover

7 Manfaat Madu Clover yang Kaya Antioksidan 1

Madu clover atau clover money mengandung banyak sekali zat gizi yang bermanfaat untuk tubuh kita. Selain tinggi gula, madu yang satu ini mengandung kalori 60 kalori dan karbohidrat 17 gram dalam satu sendok makan (21 gram).

Bukan hanya itu saja, madu clover juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh. Ada juga kandungan antioksidan yang bagus untuk tubuh.

 

Manfaat Madu Clover

7 Manfaat Madu Clover yang Kaya Antioksidan 2

Clover honey memiliki banyak sekali khasiat yang bagus untuk tubuh Anda. Berikut ini beberapa manfaat tersebut berdasarkan berbagai sumber :

 

Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat madu clover pertama adalah bisa meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Di dalam madu clover terkandung antivirus yang bisa menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit.

Tak sekedar itu saja, madu ini juga kaya antioksidan sehingga bagus untuk imunitas tubuh kita.

 

Bagus Untuk Lambung dan Pencernaan

Salah satu manfaat clover honey untuk asam lambung adalah bisa mengatasi tukak lambung. Selain itu, madu ini juga terbukti efektif meredakan nyeri perut dan menyembuhkan gangguan pencernaan.

Caranya yaitu dengan mengkonsumsi madu clover secara rutin 1-2 sendok teh.

 

Meredakan Gejala Flu dan Batuk

Anda mengalami gejala flu dan batuk? Cobalah untuk mengkonsumsi clover honey sebanyak 1-2 sendok teh dalam sehari, niscaya flu dan batuk akan mereda.

 

Menyembuhkan Luka dan Gangguan Kulit

Madu Clover juga bisa mengurangi peradangan akibat luka sekaligus membantu membersihkan luka dan mempercepat terbentuknya jaringan kulit baru. Hal ini tidak terlepas dari kandungan antiradang dan antibakteri yang terkandung dalam clover honey.

Tak cukup sampai disitu saja, madu berwarna cerah yang satu ini juga dipercaya bisa menyembuhkan gangguan kulit yaitu dermatitis atau eksim.

 

Baca juga : manfaat buah kiwi.

 

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Madu Clover memiliki khasiat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Alasannya, kandungan antibakteri, antiradang, dan antioksidan pada madu ini diduga dapat membunuh kuman yang ada di dalam gigi dan gusi.

Akan tetapi, tidak baik juga jika dikonsumsi secara berlebihan. Pasalnya, kandungan gula pada madu ini sangatlah tinggi sehingga jika Anda mengkonsumsinya terlalu sering membuat gigi menjadi rusak.

 

Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat madu clover selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Manfaat ini bisa dirasakan tak terlepas dari kandungan flavonoid dan asam fenolat.

Selain bagus untuk kesehatan jantung, keduanya juga dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam darah.

 

Mencegah Penuaan Dini

Ternyata ada manfaat madu clover untuk wajah, salah satunya adalah bisa mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan yang ada di dalam madu clover mampu menjaga sel-sel sehat dan melindungi dari kerusakan komponen sel kulit.

Tak sekadar itu saja, clover honey juga punya sifat antiinflamasi. Kandungan ini bermanfaat untuk mengurangi efek penuaan sel yang membengkak.

 

Baca juga : √ 5+ Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh Anda | Firdaus Artikel

 

Itulah dia berbagai manfaat madu clover untuk kesehatan tubuh Anda. Konsumsi madu ini secara wajar, sebab tingginya kandungan gula bukan hanya berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut saja melainkan juga berbahaya bagi penderita diabetes.

Berdasarkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan, batas konsumsi gula per orang adalah 50 gram per hari sedangkan batas kalori harian sekitar 2000 kkal.

Selain madu clover, madu lainnya seperti madu hitam dan madu klanceng juga layak Anda konsumsi secara rutin.

Tinggalkan komentar