7 Manfaat Madu Klanceng untuk Kesehatan yang Menakjubkan

Madu klanceng merupakan salah satu jenis madu yang khasiatnya tidak kalah bagus dengan madu-madu yang lainnya. Madu ini berasal dari lebah Trigona sapiens dan Trigona clypearis.

Berbeda dengan lebah lainnya yang umumnya menyengat, lebah Trigona sp. menggunakan cara menggigit sebagai bentuk perlindungan diri dari ancaman predator. Madu ini memiliki rasa yang lebih masam daripada madu pada umumnya. Untuk diketahui, kadar keasaman madu ini adalah berkisar 3,05-4,55.

Selain dari rasanya, perbedaan madu klanceng dengan madu biasa bisa diketahui dari kadar airnya. Madu klanceng mengandung kadar air yang sedikit lebih banyak yakni berkisar antara 30-35%.

Tak cukup sampai di situ saja, perbedaan antara madu klanceng dan madu biasa juga terlihat dari harganya. Harga madu klanceng jauh lebih tinggi sebab hasil produksinya yang tidak banyak, jadi cocok dijadikan bisnis terutama bidang peternakan.

 

Baca juga : cara membedakan madu asli dan madu palsu. 

 

Kandungan Madu Klanceng

7 Manfaat Madu Klanceng untuk Kesehatan yang Menakjubkan 1
gambar via grid.id

Meski masam, soal khasiat Anda tidak perlu meragukannya lagi. Ada banyak kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh Anda.

Berdasarkan hasil studi yang dipublikasikan oleh Biological and therapeutic effects of honey produced by honey bees and stingless bees: a comparative review – ScienceDirect, madu klaceng mengandung lebih dari 200 senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya yaitu vitamin, asam amino, mineral, enzim, fruktosa, glukosa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Manfaat Madu Klanceng untuk Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Madu Klanceng untuk Kesehatan yang Menakjubkan 2
madu klanceng – bukalapak.com

Berikut ini beragam khasiat yang bisa Anda dapatkan apabila rutin mengkonsumsi madu klanceng yang telah Firdaus kutip dari berbagai sumber :

 

Sebagai Antioksidan

Madu klanceng kaya akan antikoksian protacatechuic acid (PCA), 4-hydroxyphenylacetic acid, dan serumen. Antioksidan PCA memiliki peranan untuk mempercepat penyembuhan luka.

 

Sebagai Antibakteri

Selain sebagai antioksidan, manfaat madu klanceng lainnya yang tak kalah penting adalah mengandung antibakteri. Beberapa penelitian membuktikan bahwa mengkonsumi madu klanceng dapat menyembuhkan infeksi akibat bakteri-bakteri seperti P. syringae, M. luteus, B. megaterium, E. coli, B. subtilis, dan B. brevis.

Di dalam madu ini juga mengandung hidrogen peroksida yang bisa merangsang produksi sitokin untuk membunuh bakteri jahat. Hidrogen peroksida juga berperan dalam menstimulasi limfosit B, limfosit T, dan neutrofil untuk melawan bakteri.

 

Baca juga : manfaat madu clover.

 

Antiperadangan

Khasiat dari madu klanceng selanjutnya adalah sebagai antiperadangan karena mengandung senyawa fenolik yang dapat melawan proses peradangan di dalam tubuh.

 

Antikanker

Beberapa penelitian menunjukan bahwa madu yang satu ini memiliki sifat antikanker. Hasil penelitian menjelaskan bahwa sifat antioksidan yang ada di dalam madu bisa mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh.

Di dalam madu terdapat senywa polifenol dengan efek antikanker. Polifenol yang punya sifat antioksidan inilah yang membantu dalam pencegahan perkembangbiakan sel kanker di dalam tubuh.

 

Mengontrol Diabetes

Apakah Anda penderita diabetes? madu klanceng adalah makanan yang tepat untuk Anda konsumsi. Madu ini tidak terlalu manis jika dibandingkan dengan madu lainnya dan indeks glemik yang terkandung di dalamnya tergolong rendah.

Karena hal itulah ketika Anda mengkonsumi madu klanceng walaupun diabetes tidak akan memicu kenaikan gula darah secara gratis.

 

Melancarkan Menstruasi

Salah satu manfaat madu klanceng untuk wanita adalah dipercaya bisa melancarkan haid atau menstruasi. Jika Anda mengalami masalah saat menstruasi, maka bisa diatasi dengan cara sebagai berikut :

Campurkan madu klanceng dengan air kunyit. Konsumsi secara rutin agar menstruasi menjadi lancar setiap bulannya.

 

Menyembuhkan Penyakit Katarak

Madu klanceng juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit katarak. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa polifenol (flavonoid, asam fenolik, karotenoid, dan vitamin) memiliki sifat anti katarak dan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata).

 

Jadi itulah dia beberapa manfaat madu klanceng untuk kesehatan tubuh. Selain madu ini, ada juga madu hitam yang tak kalah berkhasit bagi tubuh kita.

Tinggalkan komentar