7+ Manfaat Madu Hitam yang Luar Biasa

Ternyata bukan hanya kopi saja yang hitam, melainkan madu juga ada yang hitam. Namanya adalah madu hitam yang merupakan salah satu jenis madu dengan ciri khas berwarna hitam sesuai warnanya.

Madu ini tidak seperti madu pada umumnya yang berasa manis. Madu hitam rasanya pahit yang diambil dari sari pati pohon mahogani yang mengandung substansi alkaloid tinggi.

 

Kandungan Gizi Madu Hitam

Kandungan gizi madu hitam

Madu jenis memiliki memilki banyak sekali kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, Berikut ini kandungan gizi yang ada di dalam 100 gram madu hitam.

Kandungan GiziKadar/100 Gram
Serat0,2 g
Natrium6 mg
Kalium26,9 mg
Karbohidrat79,5 g
Kalsium5 mg
Vitamin C4 mg
Tembaga0,04 mg
Fosfor16 mg
Zat Besi0,9 mg
Riboflavin0.04 mg
Air20 g
Seng0,2 mg

 

Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatan Tubuh

Sama halnya seperti jamu yang rasanya juga pahit, madu hitam juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Apa sajakah manfaat itu?

 

Menjaga Kekebalan Tubuh

7+ Manfaat Madu Hitam yang Luar Biasa 1

Salah satu manfaat mengkonsumsi madu hitam adalah mampu menjaga kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit. Sangat cocok dikonsumsi pada masa pandemi covid 19 seperti saat ini.

Namun wajib Anda ketahui, meski mampu menjaga kekebalan tubuh bukan berarti madu hitam adalah obat covid 19. Sementara itu, pencegahan Covid 19 bukan hanya dilakukan dengan mengkonsumsi makanan atau minuman sehat saja melainkan juga mengikuti protokol kesehatan. Itu yang paling penting.

 

Mengobati Diabetes

7+ Manfaat Madu Hitam yang Luar Biasa 2

Salah satu manfaat madu hitam pahit adalah bisa membantu mengobati penyakit diabetes. Salah satu alasannya adalah adanya kandungan kandungan alkaloid tinggi yang cocok bagi penderita diabetes.

Namun terkait manfaat ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Tapi yang pasti, madu ini memiliki kadar glukosa yang rendah sehingga masih aman dikonsumsi bagi penderota diabetes.

 

Mengobati Maag

7+ Manfaat Madu Hitam yang Luar Biasa 3

Selain dapat mengobati diabetes, madu hitam juga dipercaya mampu mengatasi penyakit maag dan gangguan perut lainnya. Madu ini bisa mengatasi gejala-gejala penanda maag seperti sakit perut dan mual.

Selain itu, madu hitam juga memiliki sifat dasar sebagai antibiotik, sehingga membantu mengurangi gejala tukak lambung.

 

Meredakan Batuk

7+ Manfaat Madu Hitam yang Luar Biasa 4

Madu hitam juga berkhasiat meredakan batuk seseorang. Hal ini telah dibuktikan berdasarkan hasil penelitian yang pernah dipublikasikan oleh Honey for acute cough in children (nih.gov).

Madu hitam memiliki sifat dasar yang mampu meringankan gejala batuk. Namun, jangan jadikan madu hitam sebagai satu-satunya pengobatan.

 

Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat madu hitam untuk pria maupun wanita yang tidak kalah penting adalah mampu memperlancar sirkulasi darah. Dalam hal ini, senyawa flavonoid sangat berperan dalam memperlancar sirkulasi darah.

Tak sekadar itu saja, senyawa flavonoid juga mempunyai peranan dalam mengurangi kolesterol jahat, mengurangi lemak, dan sebagai sumber antioksidan.

 

Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah

Salah satu manfaat madu hitam untuk wajah adalah menghilangkan bintik hitam yang ada di sana. Bukan hanya bintik hitam saja, gangguan kulit lain seperti jerawat juga bisa diatasi dengan madu hitam.

Caranya adalah dengan mengaplikasikannya pada wajah sebanyak 2 kali dalam seminggu. Anda bisa memadukannya dengan minyak zaitun agar hasilnya lebih maksimal

 

Baca juga : manfaat madu klanceng.

 

Memaksimalkan Fungsi Pankreas

7+ Manfaat Madu Hitam yang Luar Biasa 5

Adanya kandungan substansi kromium dalam madu hitam dapat memaksimalkan fungsi pankreas dalam memproduksi insulin. Jika pankreas bekerja dengan baik, maka metabolisme gula darah dalam tubuh menjadi lebih lancar.

 

Memperkuat Tulang

7+ Manfaat Madu Hitam yang Luar Biasa 6

Sebagaimana yang diketahui, madu hitam mengandung kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. Selain itu, ada juga kandungan magnesium di dalam madu hitam. Kedua zat tersebut efektif mencegah penyakit tulang di masa yang akan datang.

 

Baca juga : cara membedakan madu asli dan palsu.

 

Itulah dia berbagai manfaat madu hitam yang menakjubkan dan luar biasa untuk kesehatan tubuh Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan komentar