5+ Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh Anda

Asparagus merupakan tanaman yang dijadikan sayuran. Memiliki nama latin Asparagus officinalis L. dan termasuk ke dalam famili Asparagaceae.

Mungkin Anda masih asing dengan sayuran yang satu ini. Fakta menunjukkan, rasa asparagus sangat lembut dan lezat serta telah dikonsumsi secara 2000 tahun yang lalu.

Asparagus dianggap sebagai makanan elite karena harganya yang terbilang mahal. Adapun harga asparagus sekitar 110 ribu hingga 160 ribu per kilogramnya.

Harga yang mahal ini sebanding dengan kandungan nutrisi dan manfaat yang bisa Anda dapatkan. Anda tak akan rugi jika ingin membeli dan mengonsumsinya untuk sendiri maupun untuk keluarga.

Berdasarkan data dari U.S. Department of Agriculture, di dalam 100 gram asparagus terkandung 202 mg kalium, 24 mg kalsium, dan 14 mg magnesium. Bahkan tak hanya itu saja, sayuran ini juga kaya vitamin seperti vitamin A (756 IU), vitamin C (5,6 mg), dan vitamin B6 (0,1 mg)

 

Berbagai Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh Anda

5+ Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh Anda 1

Sebenarnya asparagus juga memiliki aroma yang tidak sedap. Hal ini dikarenakan adanya beberapa senyawa yang terkandung di dalamnya seperti dimethyl sulfide, dimethyl disulfide, dimethyl sulfoxide, bis-(methylthio)-methane, S-methyl thioacrylate, S-methyl-3 (methylthio) thipropinate, dan dimethyl suphone.

Tapi jangan khawatir, senyawa-senyawa tersebut sama sekali tidak membahayakan bagi tubuh Anda. Manfaatnya tetap bisa Anda dapatkan yakni sebagai berikut :

 

Melancarkan Sistem Pencernaan

Mengonsumsi asparagus bisa melancarkan pencernaan Anda. Bukan tanpa alasan, sebab makanan yang satu ini juga mengandung serat seperti sayuran hijau lainnya.

Asparagus bisa membuat suasana lambung Anda menjadi basa. Dan pada akhirnya, enzim pencernaan dapat bekerja dengan baik sehingga makanan yang Anda konsumsi bisa tercerna sempurna.

 

Baca juga : manfaat bakso bagi kesehatan.

 

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

5+ Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh Anda 2

Mengonsumsi asparagus bisa menurunkan tekanan darah tinggi karena adanya kandungan kalium yang tinggi mencapai 202 mg per 100 gramnya. Dengan catatan, Anda juga harus mengurangi konsumsi garam.

Hal ini telah dibuktikan berdasarkan hasil penelitian yang dimuat dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, dimana kelompok tikus yang diberi makan asparagus punya tekanan darah 17% lebih rendah daripada tikus yang tidak diberi asparagus.

 

Baca juga : manfaat kembang kol.

 

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat asparagus selanjutnya sangat cocok bagi Anda yang ingin menjalankan program diet. Selain karena kandungan serat yang cukup tinggi, kandungan kalori sayuran yang satu ini juga tidak terlalu tinggi hanya 20 kkal per 100 gramnya.

Jadi, Anda tidak akan kegemukan walaupun memakannya dalam jumlah yang agak banyak. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya olah asparagus menjadi sup ataupun jus dan konsumsi sebelum Anda memakan makanan utama.

 

Baca juga : manfaat buah kersen.

 

Sumber Antioksidan Terbaik

Asparagus merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik yang bisa menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Adapun beberapa jenis antioksidan yang ada pada makanan ini antara antara lain yaitu vitamin C, vitamin E, glutathione, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika tubuh sudah tidak ada radikal bebas, maka Anda bisa terhindar dari beragam penyakit berbahaya seperti serangan jantung, kanker, dimensia, penuaan dini, dan beragam gangguan penyakit lainnya.

 

Mendukung Perkembangan Janin

5+ Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh Anda 3

Manfaat asparagus pun juga bisa dirasakan bagi ibu hamil, termasuk janin yang ada di dalam kandungannya. Asparagus kaya akan asam folat yang dapat meminimalisir bayi lahir dalam kondisi cacat.

Bukan sekadar itu saja, asparagus juga bisa membuat mood ibu hamil menjadi bagus. Kondisi mood yang bagus sangat penting untuk menjaga kesehatan bunda dan si kecil yang ada di dalam.

Dengan mengonsumsi satu cangkir asparagus, berarti Anda sudah memenuhi sekitar 17% kebutuhan harian asam folat orang dewasa.

 

Baca juga : manfaat buah siwalan.

 

Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat asparagus berikutnya yang bisa Anda dapatkan adalah memberikan kesehatan jantung menjadi lebih terjaga. Setidaknya ada 3 hal yang mendasarinya, yaitu serat, kalium, dan antioksidan.

Serat diklaim mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang ada di dalam tubuh. Selain itu, serat juga dipercaya bisa mencegah tekanan darah tinggi.

Sedangkan kalium bisa mencegah penyakit jantung. Dilansir dari American Heart Association, kalium dapat mengontrol tekanan darah, sehingga penyakit jantung bisa dicegah.

Sementara itu kandungan antioksidan pada asparagus dapat mencegah kerusakan jantung karena faktor radikal bebas.

 

Menjaga Kesehatan Mata

5+ Manfaat Asparagus untuk Kesehatan Tubuh Anda 4

Tak hanya wortel saja yang bagus untuk kesehatan mata, asparagus pun juga sama. Di dalam 100 gram asparagus terkandung 756 IU vitamin A.

Memang jumlahnya tidak sebanyak wortel, tetapi setidaknya jumlah tersebut sudah mencukupi sekitar 20% kebutuhan vitamin A harian orang dewasa. Jadi, untuk Anda yang ingin terhindar dari berbagai penyakit mata cobalah untuk rutin mengonsumsi sayuran yang satu ini.

 

Mencegah Batu Ginjal

Asparagus dapat mencegah penyakit batu ginjal karena merupakan diuretik alami. Diuretik dalam asparagus bisa mengeluarkan toksin di ginjal yang menjadi salah satu penyebab gangguan penyakit yang satu ini.

 

Itulah berbagai manfaat asparagus yang bagus untuk kesehatan tubuh Anda. Tentu masih banyak khasiat lainnya dan sangat disayangkan jika Anda enggan memakannya.

Tinggalkan komentar