Beragam Khasiat dan Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

Khasiat dan manfaat buah kiwi untuk ibu hamil

Ada banyak khasiat dan manfaat buah kiwi untuk Ibu hamil. Namun mungkin banyak orang tidak menyangka tentang hal ini, termasuk ibu hamil sendiri. Padahal jika dikonsumsi secara rutin buah yang satu ini bisa menyehatkan janin yang terkandung di dalam rahim ibu.

Dengan rasanya yang begitu lezat saya rasa, ibu tidak akan sulit untuk terbiasa mengkonsumsi buah asal Tiongkok ini. Salah satu alasan mengapa wanita yang sedang dalam tahap kehamilan untuk memakan buah tersebut yakni adanya kandungan asam folat dalam buah kiwi tersebut.

Diketahui asam folat merupakan salah satu  bentuk vitamin B kompleks yang larut dalam air. Asam folat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena bermanfaat untuk mencegah janin lahir dalam keadaan cacat. Buah yang satu ini dapat dimakan secara langsung ataupun dibuat jus supaya terasa lebih nikmat.

 

Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

Tentu saja untuk mendapatkan buah yang satu ini pasti tidak akan menyulitkan bagi Anda. Kiwi dapat dapat tumbuh di berbagai area di berbagai musim dan waktu. Selain itu buah kiwi juga dapat dibeli di pasaran. Berikut ini beberapa khasiat buah kiwi bagi Ibu Hamil :

 

Mengurangi Resiko Cacat Pada Janin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa buah ini mengandung asam folat. Zat ini sangat berguna untuk mengurangi resiko cacat tubuh pada janin yang terkandung di dalam rahim.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, wanita hamil direkomendasikan untuk mengonsumsi 400 mikrogram asam folat per harinya. Dengan melakukan hal tersebut dapat resiko cacat lahir, seperti spina bifida (sumsum tulang belakang bayi yang tidak berkembang dengan baik).

Baca juga  Jadikan Kulit Putih, Lembut dan Sehat dengan Produk Velvy Beauty

 

Mencegah Selulit pada Perut Ibu

Selulit adalah kondisi dimana kulit memiliki gumpalan-gumapalan yang biasanya muncul di bagian tubuh tertentu misalnya paha. Selulit memang bukan penyakit yang berbahaya, tetapi tetap saja akan menganggu dan mempengaruhi penampilan.

Untuk mencegah selulit, seorang ibu/wanita hamil Ibu membutuhkan kolagen dan juga vitamin C. Vitamin C dapat memicu produksi kolagen, yang notabene merupakan protein yang berguna menjaga kulit tetap lentur dan kenyal.

 

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kondisi tubuh ibu hamil harus benar-benar dijaga sebaik mungkin. Jangan sampai penyakit dan virus begitu mudah masuk ke dalam tubuh. Jika kekebalan tubuh sudah tidak baik, tentunya akan berpengaruh ke kesehatan janin yang ada di dalam kandungan.

Karena itu, para ibu yang sedang hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah kiwi karena mengandung vitamin C yang sangat tinggi (97,2 gram per 100 gram) dan dapat berperan sebagai antioksidan dalam menangkal radikal bebas sehingga sistem kekebalan tubuh semakin meningkat.

 

Mengurangi Rasa Mual

Buah untuk ibu hamil yang satu ini juga berkhasiat mengurangi rasa mual yang memang lumrah terjadi pada wanita di masa awal kehamilannya. Hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon di dalam tubuh sehingga memberikan respon untuk menyesuaikan perubahan tersebut dengan mual tersebut.

Untuk mengurangi hal tersebut, buah kiwi bisa jadi solusi yang tepat untuk mengatasi gangguan tersebut. Hal ini dikarenakan di dalam kiwi terkandung vitamin B kompleks yang dapat mengurangi rasa mual dan juga muntah-muntah.

 

Membantu Mengatur Berat Tubuh

Kenaikan bobot tubuh pada seseorang yang sedang hamil juga merupakan sesuatu hal yang wajar. Hal ini dikarenakan di dalam perutnya mengandung seorang janin sehingga secara otomatis menambah berat badannya. Namun, jika sudah terlewat batas (terlalu gemuk) menyebabkan masalah saat proses persalinan nantinya.

Baca juga  13 Manfaat Minum Kopi Hitam bagi Kesehatan Tubuh

Namun tak perlu risau, masalah tersebut tentu ada solusinya yakni dengan memakan buah kiwi. Buah ini kaya akan serat (3 g per 100 g) dan mengandung indek glikemiks yang rendah sehingga dapat mengontrol berat badan.

 

Penutup

Memang begitu luar biasa buah kecil yang satu ini, dengan beragam kandungan gizi yang ada di dalamnya mampu memberikan manfaat baik dalam segi kecantikan maupun kesehatan. Maka dari itu, tentu sangat rugi bagi anda yang belum mencoba buah kiwi ini.

Demikian pembahasan mengenai khasiat dan manfaat buah kiwi untuk ibu hamil, semoga bermanfaat dan dapat memberikan dampak positif bagi seluruh pembaca.

Bagikan tulisan ini

Satu pemikiran pada “Beragam Khasiat dan Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil”

Tinggalkan komentar