Beragam Manfaat Buah Siwalan untuk Kesehatan Tubuh

Mungkin diantara anda sedikit yang mengetahui tentang manfaat buah siwalan untuk kesehatan tubuh. Bahkan rupa buah ini pun mungkin anda tidak atau belum mengetahuinya. Hal ini wajar, mengingat siwalan populasinya sudah sangat langka saat ini.

Siwalan juga dikenal dengan sebutan lontar atau tar merupakan sejenis tanaman Palma yang tumbuh di Asia Selatan dan juga Asia Tenggara termasuk di Indonesia. Menurut Sasangko (2008), ada tujuh spesies
lontar yang dikenal di dunia namun yang ada di Indonesia yaitu Borassus flabellifer dan Borassus sundaicus, yang banyak tumbuh di bagian timur pulau Jawa.

Manfaat buah siwalan untuk kesehatan tubuh
Gambar via bobo.grid.id

Buah lontar atau siwalan juga bisa kita temukan di daerah Tuban, Jawa Timur. Buah siwalan Tuban memiliki tekstur yang kenyal dan banyak dijual di daerah Pantura maupun daerah pusat kota. Sekitar bulan Januari 2018, harga buah lontar di sana yakni Rp5000,00 per bungkusnya.

Buah yang satu ini memiliki rasa yang manis. Tak bisa dipungkiri bahwa lontar juga memiliki cita rasa yang lezat bagi siapa saja yang pernah mengkonsumsinya. Cara mengolah buah lontar atau siwalan yaitu dengan membuatnya menjadi beragam makanan dan minuman lezat nan menyegarkan seperti dawet, es buah, kue, selai dll.

Kandungan dan Manfaat Buah Siwalan atau Lontar

Menurut Davish dan Johnson (1987) di dalam 100 gram buah lontar, terkandung beberapa nutrisi atau zat gizi yang cukup untuk menyehatkan tubuh anda, yaitu sebagai berikut :

  • Fosfor 0,15 gram
  • Zat besi 0 gram
  • Vitamin C 13,25 mg
  • Vitamin B1 3,9 IU
  • Gula 10,93 gram
  • Gula reduksi 0,97 gram
  • Protein 0,35 gram
  • Nitrogen 0,057 gram
  • Mineral 0,55 gram
Baca juga  8+ Jenis dan Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

Bagi anda yang ingin mengkonsumsinya, tak perlu ragu lagi karena beberapa khasiat berikut ini pasti anda dapatkan jika memakan buah siwalan. Apa saja itu? Simak penjelasan mengenai manfaat buah siwalan untuk kesehatan tubuh di bawah ini :

1. Sebagai Isotonik

Tak bisa dipungkiri jika tubuh manusia mayoritas terdiri atas air. Melihat fakta tersebut membuat para dokter dan para ahli kesehata menyarankan kita untuk meminum cairan minimal 2 liter sehari. Sejatinya, air mineral atau air putih menjadi cairan yang paling utama dibutuhkan oleh tubuh kita.

Namun bagaimana jika tidak terdapat air mineral? Anda masih bisa menggantikannya dengan isotonik untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Jangan salah, minuman isotonik bukan hanya minuman kemasan yang biasa anda beli di supermarket buah lontar pun juga dapat berperan sebagai minuman isotonik. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan mineral pada buah tersebut.

Baca juga : manfaat buah nanas yang menyegarkan.

2. Penahan Rasa Lapar

Bila anda merasa kelaparan, sedangkan sesuap nasi pun tidak ada bisa dicoba untuk mengkonsumsi buah siwalan untuk mengganjal perut yang sudah keroncongan. Buah ini mampu memberikan rasa kenyang yang lama bagi siapa saja yang mengkonsumsinya.

Penyebabnya yaitu kandungan karbohidrat yang cukup tinggi pada buah ini. Tak hanya itu saja, buah siwalan juga rendah serat, rendah lemak, dan juga rendah protein sehingga sangat baik dikonsumsi saat menjalani program diet (pencapaian berat tubuh ideal).

3. Baik untuk Penderita Diabetes

Diabetes juga disebut sebagai kencing manis. Seseorang yang menderita penyakit ini akan mengakibatkan tingginya kadar gula di dalam darah, yakni melebihi 110 mg/dl untuk orang dewasa dan 100 mg/dl untuk anak-anak. Seorang penderita diabetes wajib memperhatikan makanan yang ia konsumsi, termasuk membatasi asupan gula.

Buah siwalan atau buah lontar sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, indeks glikemiks yang rendah adalah salah satu alasannya. Tak sekedar itu saja, dalam sebuah jurnal yang diterbitkan pada tahun 2013 berjudul “Pakistan Jurnal Pharmaceutical Science” menjelaskan bahwa ekstrak akar siwalan juga dapat mengendalikan kadar gula darah.

Konten lainnya : khasiat kiwi untuk kesehatan tubuh.

4. Mengatasi Stres

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah di dalam hidupnya. Terkadang permasalahan tersebut membuat diri menjadi stres berat. Seberat apapun masalah di kehidupan anda, semua pasti ada penyelesaian. Walaupun masalah belum dapat terselesaikan, tetapi stres yang anda alami masih bisa diatasi dengan buah lontar.

Baca juga  7 Bahaya Mengkonsumsi Makanan Pedas bagi Kesehatan Tubuh

Buah yang satu ini mampu membuat kita menjadi jauh lebih tenang. Adanya kandungan vitamin C menjadi sesuatu hal yang berperan dalam mengatasi rasa stres. Selain itu ada penelitian di Montreal yang menunjukkan bahwa suplementasi vitamin C dapat meningkatkan mood pasien yang sedang menjalani perawatan inap. Nah jika anda stres, cukup konsumsi buah siwalan ya.

5. Bagus untuk Kesehatan Ginjal

Manfaat buah siwalan selanjutnya yaitu baik untuk kesehatan ginjal anda. Sebagaimana yang sudah kita ketahui, ginjal merupakan salah satu organ dalam manusia yang memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh. Terutama dalam hal proses pengeluaran atau ekskresi dari dalam tubuh.

Salah satu proses ekskresi yang terjadi dari bagian ginjal yaitu pengeluaran urine atau air seni. Dengan adanya kandungan fosfor yang ada pada siwalan membuat proses urinasi atau buang air kecil menjadi lancar dan menjaga kesehatan organ ginjal tersebut.

Baca : jenis-jenis + manfaat durian

6. Sumber Antioksidan

Antioksidan sejatinya sudah ada di dalam tubuh manusia, yaitu endogenous. Akan tetapi, tubuh cenderung lebih bergantung kepada antioksidan yang datangnya dari luar atau yang juga disebut sebagai exogenous. Adapun cara kerja dari antioksidan yaitu memberikan elektron pada molekul radikal bebas sehingga menetralisir sifat buruk dari radikal bebas tersebut.

Salah satu sumber antioksidan terbaik adalah buah siwalan. Buah yang banyak tumbuh di Asia Tenggara ini mengandung cukup banyak zat gizi berupa vitamin C (13,25 mg) dan vitamin B1 (3,9 IU). Vitamin C maupun B1 diketahui merupakan dua zat yang sangat berperan dalam melawan radikal bebas, memperlambat proses oksidasi, serta mencegah tubuh dari kerusakan sel-sel. Nah, bagi anda yang tidak ingin gampang penyakitan, wajib dicoba nih buah siwalannya.

Baca juga  7 Manfaat Biji Durian untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

7. Dapat Mengobati Sakit Gigi

Khasiat buah lontar selanjutnya yaitu dapat mengobati sakit gigi. Walaupun penyakit tersebut tidak digolongkan sebagai penyakit yang mematikan tetapi bagi siapapun yang mengalaminya pasti merasakan rasa sakit yang begitu luar biasa. Benar bukan?

Banyak yang percaya bahwa buah siwalan mampu mengobati sakit gigi yang anda alami. Bagaimana caranya? Cukup dengan merebus bagian kulit batang dari siwalan lalu air rebusannya jadikan sebagai obat kumur. Wah ternyata, tidak hanya buahnya saja, ada manfaat bagian lain dari buah lontar yang bisa anda rasakan.

Biji durian ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan, apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

8. Menghambat Penuaan Dini

Menjadi tua sebelumnya waktunya tentu tidak ingin dialami oleh seseorang. Yang dimaksud tua disini bukan usia ya, tetapi tampilan wajah yang sudah mulai menua. Biasanya ditandai dengan banyaknya keriput di wajah serta munculnya bintik-bintik berwarna coklat.

Bagi anda yang tidak ingin mengalami hal tersebut, mulai saat ini sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah siwalan yang memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Vitamin C inilah yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit, sehingga manfaat buah siwalan yang dapat menghambat penuaan dini bisa benar-benar anda rasakan.

Selain kedelapan manfaat di atas, banyak juga yang mempercayai bahwa ada banyak khasiat buah lontar untuk ibu hamil muda. Namun, mengenai hal ini belum dapat dipastikan kebenarannya karena masih tidak ada penelitian yang membahas persoalan tersebut. (Baca juga : manfaat buah kiwi untuk ibu hamil).

Tetapi apapun itu, dari penjelasan di atas sudah membuktikan bagaimana kualitas dari buah bertekstur kenyal tersebut. Selain rasanya yang lezat nan manis, manfaat buah siwalan juga kita rasakan sehingga berpengaruh positif ke kesehatan tubuh, terima kasih dan semoga bermanfaat.

/ 5.

Bagikan tulisan ini

Satu pemikiran pada “Beragam Manfaat Buah Siwalan untuk Kesehatan Tubuh”

Tinggalkan komentar