Link Banner

4 Cara Cek NIK Tanpa Ribet

NIK atau Nomor Induk Kependudukan saat ini sering digunakan terutama untuk kebutuhan kegiatan vaksinasi. Ya sebenarnya dari dulu NIK ini sangat penting karena ada di Kartu Tanda Penduduk yang notabene adalah kartu identitas resmi Warga Negara Indonesia.

Melihat NIK mungkin Anda merasa biasa saja, ah cuma angka doang ini. Tapi jangan salah dulu, NIK yang saat ini Anda miliki sebenarnya belum tentu benar. Namanya yang input manusia, bukan tidak mungkin ada kesalahan.

Bahayanya kalau NIK sampai ada yang salah, Anda bakalan sulit mendapatkan pelayanan publik dan berbagai fasilitas lainnya karena data yang tercantum tidak cocok dengan data pusat. Maka dari itu sangat penting melakukan pengecekan status Nomor Induk Kependudukan.

Untuk diketahui, NIK atau Nomor Induk Kependudukan merupakan 16 angka unik yang memiliki arti sebagai berikut :

  • 6 digit pertama (kode wilayah) : 2 digit pertama kode provinsi, 2 digit kedua kode kabupaten/kota, dan 2 digit berikutnya kode kecamatan.
  • 6 digit selanjutnya :tanggal lahir pemilik NIK dengan format hari-bulan-tahun. Khusus wanita angka ditambah 40 pada tanggal lahir.
  • 4 digit selanjutnya ditentukan oleh sistem.

 

Baca juga : panduan mudah membuat surat domisili.

 

Cara Cek NIK

4 Cara Cek NIK Tanpa Ribet 1

Bagaimana cara memeriksa atau cek status NIK itu? Apa kita perlu pergi ke dukcapil? ke kelurahan? atau ke kecamatan? Jawabannya tidak perlu.

Saat ini cek status Nomor Induk Kependudukan bisa dilakukan dari mana saja karena bisa dicek langsung secara online. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan yaitu :

 

Melalui Email

Cara pertama memeriksa NIK Anda adalah dengan mengirimkan email ke callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id

Formatnya yaitu : #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Permasalahan

Selanjutnya Anda akan mendapatkan balasan dalam kurun waktu 1×24 jam.

 

Melalui SMS atau Whatsapp

Cara cek NIK selanjutnya bisa dengan mengirimkan pesan singkat atau chat whatsapp ke nomor 08118005373

Formatnya yaitu : #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Permasalahan

 

Melalui Call Center

Anda bisa mengajukan pertanyaan seputar Nomor Induk Kependudukan dengan melakukan panggilan ke call center Dukcapil Kemendagri yaitu 1500537.

 

Melalui Sosial Media

Cara cek NIK dan KK apakah sudah terdaftar bisa diketahui dengan menanyakan langsung via akun resmi sosial media Dukcapil Kemendagri dengan format :

#NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Permasalahan

Berikut ini akun sosial media resmi  Dukcapil Kementerian Dalam Negeri khusus layanan call center :

  • Facebook : Ditjen Dukcapil
  • Twitter : @ccdukcapil

 

Baca juga : cara cek nomor teregistrasi.

 

Bagaimana sangat mudah bukan? Itulah dia beberapa cara cek NIK tanpa harus datang ke kantor dukcapil. Cek NIK Anda dari sekarang, pastikan kebenarannya agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

16 pemikiran pada “4 Cara Cek NIK Tanpa Ribet”

  1. Setelah baca ini saya kok jadi ragu-ragu dengan pemahaman saya sendiri selama ini ya, hahaha.
    NIK ini sama nggak, mas, antara yang tertera di KTP dengan yang di KK?
    Nuwun, Mas.

  2. Wah, ternyata banyak cara mudah untuk cek NIK ya mas 🙂 Dan digit2 tersebut ada maknanya juga. Seumur hidup ini berlakunya ya? Bisa ga seandainya NIK diganti karena ada kesalahan tanggal lahir dsb?

  3. Aku selama ini belum pernah browsing atau tanya2 apa arti angka2 di NIK lho, tapi dari mengamati NIK punyaku, suami, sama anak2 jadi nebak itu ada tanggal lahir yg tercantum. Hehe ternyata emang bener.
    Dan ternyata buat mengecek NIK enggak susah yaa.
    Btw aku gagal fokus ke KTP-nya. Semuda ituuuu yaaa kak Daus 😀

  4. Ternyata ada banyak cara cek NIK ya, bisa lewat email, WA bahkan medsos. Tapi kalau saya sih sudah hapal NIK sendiri di luar kepala, hehe

    Tapi mungkin lebih praktis langsung liat di KTP sendiri atau KK ya karena kalau mau cek lagi di sana sini itu masih harus masukkan NIK KK padahal jelas2 NIK kita juga sudah ada di situ

  5. Wahh dulu kalau NIKnya belum elektronik, mau ngapa-ngapain ceknya harus langsung ke kelurahan. Bahkan mau cek aja butuh banyak surat-surat yang tidak terhitung jumlahnya, dan pengurusan ke berbagai instansi di tempat NIK itu dibuat. Tapi untungnya sekarang udah online, dimanapun dikota manapun bisa cek dan malah bisa lewat apapun.. Syukurlah jaman itu bisa terlewati, setidaknya pernah merasakan hha

  6. Cek NIK lebih OK secara online. Tapi tetap saja pada praktinya foto copy KTP masih dibutuhkan untuk banyak keperluan administratif. hehe.

Tinggalkan komentar