Informasi Tanggal Merah 2021 untuk Rencana Liburan Anda

Setiap tahunnya, tentu saja ada tanggal merah yang menjadi penanda hari libur. Tidak cuma hari minggu saja, tetapi juga saat ada hari besar nasional dan hari besar keagamaan. Mengetahui informasi tanggal merah 2021 sangatlah penting untuk merencanakan sesuatu.

Misalnya saja rencana liburan. Faktanya rata-rata tempat wisata memberikan harga tiket masuk yang berbeda ketika hari libur tiba. Untuk itu, harus mempersiapkan ongkos lebih terlebih dahulu.

 

Informasi Tanggal Merah 2021

Informasi Tanggal Merah 2021 untuk Rencana Liburan Anda 1

Selain itu tanggal merah juga bermanfaat agar Anda bisa benar-benar beristirahat. Bisa dijadikan momen yang paling pas untuk rebahan setelah sekian lama melakukan rutinitas pekerjaan.

Ada berapa hari libur di tahun 2021 ini? Mari simak informasi selengkapnya pada konten berikut ini :

 

Bulan Januari

Pada bulan januari 2021, selain pada hari minggu tanggal merah juga ada pada tanggal 1 Januari. Yang mana pada tanggal tersebut hampir seluruh umat manusia memperingati Tahun Baru Masehi.

Libur Tahun Baru Masehi juga menjadi rangkaian panjang libur yang dimulai sejak tanggal 25 Desember 2020 dalam memperingati Hari Natal.

 

Bulan Februari

Imlek 2021 atau 2572 Kongzili jatuh pada bulan ini, lebih tepatnya pada 12 Februari. Perayaan Imlek memang terasa berbeda jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, mengingat saat ini kita masih berada di dalam masa pandemi Covid 19.

Kegiatan-kegiatan keagamaan dan barongsai diadakan secara virtual, semata-mata hanya bertujuan untuk mencegah penularan virus corona.

 

Bulan Maret

Kalender Maret 2021 menampilkan dua hari libur keagamaan yaitu Isra Mi’Raj bagi umat Islam dan Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu. Perayaan Isra Mi’Raj dirasakan oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia, sedangkan Nyepi lebih dirasakan oleh masyarakat yang ada di pulau Bali.

Di masa pandemi seperti saat ini, kedua perayaan hari keagamaan tersebut dirayakan dengan cara berbeda. Lebih sederhana dan tidak melibatkan banyak orang karena sangat berpotensi menjadi sarang penularan virus corona.

 

Bulan April

Tanggal merah 2021 untuk bulan April jatuh pada tanggal 2 April 2021. Umat Kristiani merayakan Jumat Agung atau Wafatnya Isa Al Masih.

Bagi umat Kristiani perayaan Jumat Agung ini dilakukan selama seminggu penuh dan dikenal dengan nama “Pekan Suci” yang terdiri dari Rabu Abu, Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci (Malam Paskah), dan Minggu Paskah.

 

Bulan Mei

Di bulan Mei ada hari libur nasional dan keagamaan. Hari libur nasional yaitu perayaan hari buruh internasional atau yang juga dikenal dengan sebutan ‘May Day’. Hari Buruh Internasional jatuh pada hari Sabtu, 1 Mei 2021.

Hari libur nasional ini diperingati untuk memperjuangkan hak-hak buruh dalam bekerja. Biasanya diwarnai dengan aksi demonstrasi, namun karena masih dalam pandemi saya sarankan bagi Anda dan teman-teman untuk tidak melakukannya terlebih dahulu. Sampaikan aspirasi Anda dengan cara yang berbeda.

Sementara itu hari besar keagamaan ada Hari Raya Waisak jatuh pada tanggal 26 Mei 2021 yang dirayakan oleh masyarakat beragama Buddha. Selain itu tidak lupa juga ada Hari Raya Idul Fitri yang jatuh tanggal 12-13 Mei 2021, menjadi Hari Kemenangan bagi umat muslim setelah sebulan penuh berpuasa di bulan suci Ramadhan.

 

Bulan Juni

Bulan Juni tidak ada hari libur nasional maupun keagaamaan. Tanggal merah hanya ada pada hari minggu saja.

 

Baca juga : hotel staycation terbaik di Indonesia.

 

Bulan Juli

Kalau bulan Mei ada Hari Raya Idul Fitri, maka untuk bulan Juli umat Islam memperingati Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 19 Juli 2021. Peringatan Hari Raya Idul Adha biasanya dilakukan dengan memotong daging kurban dan membagikannya kepada orang-orang yang membutuhkan.

 

Bulan Agustus

Pada bulan Agustu ada libur nasional dan libur keagamaan. Libur nasional yaitu Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2021 dan untuk hari besar keagamaan yaitu Tahun Baru Islam yang jatuh pada tanggal 9 Agustus 2021.

 

Bulan September

Bulan September tidak ada hari libur nasional maupun keagamaan kecuali libur pada hari minggu saja.

 

Baca juga : tips staycation di hotel.

 

Bulan Oktober – Desember

Dalam kurun waktu dari bulan Otober hingga Desember, ada dua hari libur keagamaan yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 18 Oktober 2021 dan Hari Natal pada tanggal 25 Desember 2021.

 

Demikian informasi tentang tanggal merah 2021. Bila libur telah tiba dan Anda ingin traveling mengunjungi tempat wisata, pastikan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, Mencuci tangan, menjaga jarak, dn memakai masker.

Tinggalkan komentar