5 Bahaya Makan Durian Secara Berlebihan bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Makan Durian Secara Berlebihan

Apakah benar bahwa bahaya makan durian secara berlebihan itu benar adanya? Mungkin ini menjadi pertanyaan yang ada di benak orang-orang yang gemar mengkonsumsi buah durian.

Jika pertanyaannya, apakah boleh memakan durian? Maka jawaban untuk hal ini tentu saja boleh. Akan tetapi yang harus anda tau, tentunya ada batasan dalam mengkonsumsi buah yang satu ini.

Memang seperti apa yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya mengenai manfaat durian, bahwa buah yang satu ini memang mengandung banyak sekali zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Namun atas kondisi tertentu kita tidak diperkenankan untuk mengkonsumsinya.

 

Bahaya Makan Durian

Pertama, apabila anda menderita penyakit diabates, maka tidak diperbolehkan untuk memakan buah durian. Hal ini didukung dengan pernyataan dari Pakar kesehatan dr. Marwa Haryono yang merupakan pakar kesehatan di bidang gizi Universitas Indonesia dan dilansir dari situs doktersehat.com juga menyebutkan hal yang sama.

Menurut dr. Marwa, kandungan yang ada di dalam buah durian bisa saja memicu lonjakan gula darah di dalam tubuh, tentu hal ini akan berdampak negatif  bagi penderita diabetes.

Selain itu, seorang wanita yang sedang hamil jika diperkenankan mengkonsumsi buah durian dalam jumlah yang terlalu banyak. Hal ini dikarenakan ibu hamil akan sulit melahirkan secara alami serta memicu terjadinya obesitas.

Selain berdasarkan uraian di atas, berikut beberapa bahaya mengkonsumsi buah durian dalam jumlah yang terlalu banyak :

 

Menyebabkan Terserang Diabetes

Sebagaimana yang sudah saya jelaskan sebelumnya, durian merupakan musuh besar bagi penderita diabetes. Jika anda belum pernah sama sekali menderita diabetes, namun keluarga anda mewarisi penyakit tersebut maka sebaiknya tidak makan durian yang terlalu banyak (lebih dari 2 buah).

Baca juga  10 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Tubuh

Dalam durian, terkandung glukosa yang tinggi dapat memicu kenaikan kadar gula darah sehingga resiko terkena penyakit diabates juga semakin besar. Dan yang paling berbahaya, apabila anda mengkonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan kematian akibat gula darah yang terlalu tinggi.

 

Menyebabkan Masalah Saat Kelahiran Janin

Bahaya makan durian saat hamil dapat menyebabkan terjadinya masalah pada saat kelahiran janin yang ada di dalam kandungan. Alkohol pada durian jumlah cukup tinggi sehingga menyebabkan timbulnya rasa panas bagi ibu hamil. Janin pun tidak akan mampu menahan panas yang berlebihan.

Bahkan yang lebih parah, rasa panas yang berlebihan tersebut bisa menyebabkan janin mengalami kematian. Jika tidak ingin hal itu terjadi, maka mulai sekarang silakan batasi jumlah konsumsi buah durian.

 

Menyebabkan Obesitas

Kandungan karbohidrat pada durian sangat tinggi, yaitu sekitar 46,2 gram (Genisa dan Rasyid (1994) dalam Hutapea (2010)). Selain itu kalori dalam buah yang satu ini juga cukup banyak. Maka dari itu, hal tersebut sangat berdampak bagi masalah berat tubuh seseorang.

Jika anda memakannya dalam jumlah yang terlampau banyak, tentunya membuat anda mengalami kelebihan berat badan atau yang lebih sering kita kenal dengan istilah obesitas. Badan yang terlalu gemuk dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit.

 

Gangguan Pencernaan

Di dalam buah berduri yang satu ini, terkandung serat yang tinggi sekitar 9,2 gram dalam satu porsi sajinya. Sebagaimana yang kita ketahui serat sangat berguna dan sangat dibutuhkan bagi tubuh kita. Lantas, apa yang membuatnya berbahaya?

Bahaya tersebut berlaku apabila anda mengalami kelebihan serat, yang dapat memicu masalah atau gangguan pada pencernaan seperti perut kembung, kram perut, sembelit atau diare, mual, dan juga penyumbatan usus.

Baca juga  8+ Jenis dan Manfaat Buah Durian untuk Kesehatan

 

Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Menurut Ketua Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Ari Fahrial Syam MD, PHD, FACP yang dilansir dari situs lifestyle okezone, buah durian mengandung kalori yang cukup tinggi. Dalam 1 buah durian saja, terkandung sekitar 1000 hingga 2000 kalori.

Jika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori dalam waktu cepat dan dalam jumlah yang terlalu banyak dapat memberatkan kerja jantung. Jika jantung terlalu dipaksa untuk bekerja lebih kuat maka tekanan darah jadi tinggi. Itulah penyebab mengapa konsumsi durian dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

 

Benarkah Durian Menyebabkan Kolesterol?

Banyak sekali anggapan, narasi atau cerita yang beredar jika si raja buah yang satu ini mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Dan hampir semua orang mempercayainya. Padahal semua itu adalah hoax, alias tidak benar.

Hal tersebut berdasarkan penuturan dari dr Diana Suganda SpGK, spesialis gizi dari Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta dan yang telah dilansir di situs kompas.com, beliau mengatakan bahwa tidak benar jika durian mengandung kolesterol sebagaimana orang kira selama ini. Akan tetapi, konsumsi durian juga harus dibatasi karena mengandung kalori yang cukup tinggi.

Demikian penjelasan mengenai bahaya makan durian secara berlebihan untuk kesehatan, sayangilah tubuh anda dengan mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang sewajarnya.

Bagikan tulisan ini

Satu pemikiran pada “5 Bahaya Makan Durian Secara Berlebihan bagi Kesehatan Tubuh”

  1. Ibu saya selalu cerita dia ngidam durian waktu hamil saya. Kalau makan durian, satu buah bisa untuk sendiri. Tapi saya lahir baik-baik saja. Tergantung kondisi tubuh juga mungkin, ya.

Tinggalkan komentar