3+ Cara Backup Kontak HP dengan Mudah

Ada banyak jenis file yang bisa anda backup ketika diperlukan. Tak hanya aplikasi, foto, video, atau animasi saja tetapi kontak alias nomor hp pun juga bisa anda cadangkan.

Membackup kontak hp sangat perlu untuk dilakukan. Sebab, hal ini sangat berguna apabila suatu saat terjadi masalah seperti kehilangan data kontak dan anda pun bisa mendapatkan kontak itu kembali.

Tak hanya itu saja, backup kontak juga berguna bagi anda yang gemar melakukan pergantian nomor ponsel. Jika sudah memiliki data cadangannya, anda tak perlu lagi meminta nomor ponsel lagi ke orang yang bersangkutan.

Selain itu, backup kontak juga harus dilakukan ketika anda melakukan factory reset. Daftar nomor hp yang tersimpan tak hilang, maka anda wajib mencadangkannya agar bisa dikembalikan saat smartphone telah di atur ulang.

 

Cara Backup Kontak HP dengan Mudah

Mencadangkan kontak dapat dengan mudah dilakukan dengan berbagai cara. Baik menggunakan aplikasi tambahan maupun tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Setiap ponsel mungkin punya metode yang berbeda tentang hal ini. Sebab, fitur-fitur yang ada di dalamnya juga tidak sama. Namun pada umumnya, berikut ini cara backup kontak hp yang bisa anda lakukan :

 

Backup ke Akun Google

Menurut saya, ini metode yang paling mudah untuk mencadangkan nomor yang ada di smartphone anda. Cara back up kontak di google ini bisa dilakukan pada ponsel cerdas merek apa saja.

Bagaimana caranya? Mari ikuti petunjuk dan langkah-langkahnya berikut ini :

  • Pertama, buka aplikasi pengaturan pada smartphone anda.
  • Selanjutnya, pada bagian akun, silakan pilih “akun lain”.

3+ Cara Backup Kontak HP dengan Mudah 1

  • Klik tombol sinkron.

3+ Cara Backup Kontak HP dengan Mudah 2

  • Langkah berikutnya, pilih akun google dan pilih alamat gmail yang digunakan sebagai tempat untuk menyimpan kontak.

3+ Cara Backup Kontak HP dengan Mudah 3

  • Jika sudah ceklist pada bagian kontak.

3+ Cara Backup Kontak HP dengan Mudah 4

  • Terakhir, pilih “sinkronkan sekarang”

Cara di atas berlaku untuk pengguna ponsel Xiaomi, jika anda pengguna ponsel lainnya bisa menyesuaikannya sendiri karena tak jauh berbeda. Apabila ingin melihat data cadangan kontak, bisa mengunjungi langsung web contacts.google.com. Bagaimana, sangat mudah bukan?

 

Baca juga : cara soft reset android.

 

Backup ke File Manager

Untuk cara kedua ini adalah dengan memanfaatkan fitur backup data seperti yang sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya. Dan kontak juga termasuk salah satu data yang terbackup.

File backup dapat anda temukan di file manager, khususnya pada bagian backup. Bila anda pengguna smartphone Xiaomi, maka data tersebut bisa ditemukan pada folder MIUI > backup> backup all > kontak dan pemanggil.

 

Backup ke Kartu SD

Jika smartphone anda memiliki slot khusus untuk kartu SD atau kartu memori, maka kamu bisa melakukan cara backup kontak ke memory card. Caranya sangat mudah, kamu tinggal mengikuti beberapa langkah saja seperti berikut ini :

  • Pertama, buka aplikasi contacts pada ponsel cerdas anda.
  • Langkah selanjutnya, tekan tombol menu dan langsung menuju ke pengaturan.
  • Jika sudah, pilih import atau eksport.
  • Selanjutnya, pilih tempat dimana anda akan menyimpan kontak tersebut.
  • Ikuti prosesnya hingga selesai.

 

Baca juga : cara mengatasi tidak bisa pasang aplikasi android.

 

Backup ke Google Drive

Google Drive bisa jadi tempat penyimpanan alternatif file-file yang ada pada smartphone anda, termasuk juga kontak. Untuk cara backup kontak hp Xiaomi ke gdrive, cara ini mungkin membutuhkan waktu yang sangat lama karena anda harus membackup contacts secara manual satu per satu.

  • Buka aplikasi contacts
  • Pilih kontak yang ingin dicadangkan.

3+ Cara Backup Kontak HP dengan Mudah 5

  • Selanjutnya, pilih “berbagi”

3+ Cara Backup Kontak HP dengan Mudah 6

  • Pilih “google drive”

3+ Cara Backup Kontak HP dengan Mudah 7

  • Dan ikuti prosesnya hingga selesai.

Itu masih satu kontak, jika ingin menyimpan lebih banyak lagi maka anda harus melakukan hal yang sama berkali-kali. Jika anda menemukan cara yang lebih simple, jangan ragu untuk memberitahu kami di kolom komentar ya.

 

Backup ke Kartu SIM

Anda juga dapat mengadakan daftar kontak ke kartu SIM sebagai alternatif. Cara ini bisa dilakukan apabila anda ingin ganti ponsel namun tetap menggunakan kartu sim atau nomor yang sama. Bagaimana caranya? Mari simak panduan selengkapnya berikut ini.

  • Langkah pertama silakan buka aplikasi contacts.
  • Langkah selanjutnya, tekan tombol menu dan menuju ke settings.
  • Pilih Import/Export lalu SIM Card.
  • Ikuti proses selanjutnya hingga selesai.

 

Kesimpulan

Jadi, kontak bisa anda cadangkan ke tiga tempat sekaligus yakni akun google, kartu memori, dan juga kartu SIM. Saya sarankan untuk segera mencadangkannya langsung ke tiga tempat tersebut atau salah satunya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dan anda tidak harus terpaku dengan cara-cara di atas, sebab setiap smartphone punya fitur yang berbeda-beda dan lokasinya pun juga bisa digunakan tidak sama. Untuk itu, anda bisa menyesuaikannya sendiri sesuai keadaan yang ada.

Demikian penjelasan mengenai cara backup kontak hp android dengan berbagai metode yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar