2+ Cara Factory Reset Smartphone dengan Mudah

Apakah anda pernah melakukan factory reset? Bisa dibilang ini adalah cara terakhir jika ponsel mengalami masalah dan tidak ada cara lain untuk mengatasinya.

Jika masih bisa diatasi dengan cara lain, biasanya seseorang tidak akan melakukan factory reset. Factory reset sekilas, mirip seperti hard reset tapi sesungguhnya keduanya ada sedikit perbedaan.

 

Apa Itu Factory Reset?

Dari arti kata, factory reset berarti reset pablik. Dan secara istilah merupakan mengembalikan posisi smartphone ke setingan pabrik, sama seperti saat anda membeli ponsel tersebut pertama kali.

Apa yang terjadi jika hp di reset? Dengan melakukan factory reset, otomatis semua data-data yang ada di dalamnya jadi terhapus.

Tak cuma data-data saja, aplikasi yang ada di dalamnya juga ikut terhapus. Baik itu aplikasi bawaan ataupun aplikasi pihak ketiga yang kita download sendiri. Selain itu, cache dan cookies juga ikut terhapus.

Jika anda tidak ingin semua data dan aplikasi terhapus, maka bisa melakukan soft reset. Namun soft reset ini hanya bisa dilakukan ketika ponsel dalam keadaan menyala.

 

Alasan Melakukan Factory Reset

Perlu anda ketahui, tidak semua kondisi mengharuskan anda melakukan factory reset. Anda tidak bisa sembarangan melakukannya, karena hal seperti ini juga menyangkut data-data yang ada di dalam smartphone.

Meski reset pabrik memberi keuntungan karena mampu mengembalikan ponsel seperti semula, tetapi semua data-data yang ada didalamnya akan hilang. Namun hal ini bisa diatasi dengan melakukan backup.

Jangan lakukan reset pabrik jika penyebabnya bukan salah satu dari hal berikut ini :

 

HP Mati Sendiri

Mungkin hp anda pernah mati sendiri tanpa sebab yang jelas. Jika mengalami hal seperti ini, anda bisa mengatasinya dengan factory reset apabila hp mati sendiri telah terjadi berkali-kali.

 

Pesan Berhenti

Ketika smartphone anda tiba-tiba mendapatkan notifikasi yang berisi “Sayangnya, Pesan Telah Berhenti” maka berhati-hatilah karena ponsel sedang berada dalam masalah.

Saya sendiri kurang paham apa yang menjadi penyebabnya. Namun menurut salah satu sumber yang pernah saya baca, munculnya pesan berhenti itu disebabkan karena adanya bug pada aplikasi.

Jika merestrat Ponsel belum bisa menyelesaikan problem ini, maka cara lain yang paling efektif adalah dengan mengembalikannya ke setelan pabrik.

 

Virus

Virus dan malware adalah sumber masalah yang bisa menyebabkan kerusakan pada smartphone. Ketika aplikasi scanning virus tidak mampu untuk membersihkan virus-virus yang ada, mau tidak mau harus dihilangkan dengan factory reset.

Ibarat seseorang yang mengalami gagal ginjal, jika cuci ginjal tidak efektif menyembuhkannya maka operasi pengangkatan ginjal terpaksa harus dilakukan.

 

Memori Internal Penuh

Setiap smartphone tentu punya batas kapasitas. Ketika isinya terlalu penuh membuat smartphone berada dalam masalah. Seharusnya, anda membackup dan menghapus file, data, atau aplikasi yang dirasa tidak dibutuhkan lagi.

Namun jika sudah terlanjur, cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan factory reset. Dijamin, memori ponsel anda akan kembali lega seperti gelas yang kosong tanpa air.

 

HP Lemot

Siapa yang tidak kesal jika performa ponsel menjadi lemot, mau melakukan apapun jadi susah. Penyebabnya ada banyak, termasuk virus dan juga memori internal yang penuh

Jika anda ingin hp jadi ngebut kembali, bisa melakukan factory reset. Niscaya, performa smartphone bakal kembali optimal.

 

Tidak Bisa Download Aplikasi

Mungkin anda pernah mencoba mendownload aplikasi di google play store, namun gagal. Sudah menghapus beberapa aplikasi lainnya tapi tetap saja tidak bisa.

Jika berbagai cara yang ditempuh tidak bisa membuat aplikasi terunduh, maka cara terakhir yang bisa dilakukan adalah factory reset.

 

Cara Factory Reset Smartphone agar Tidak Bermasalah Lagi

Perlu anda ketahui, cara factory reset android satu dengan android lainnya sebenarnya tidaklah jauh berbeda. Yang membedakannya hanyalah penempatan tombolnya saja.

Sebelum mempraktekkannya, jangan lupa untuk melakukan backup data terlebih dahulu. Ingat, tanpa backup membuat semua data-data yang ada di dalam smartphone menjadi hilang dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Selain itu, pastikan baterai smartphone masih tersisa lebih dari 50%. Factory reset membutuhkan waktu yang relatif lama, dikhawatirkan ketika prosesnya belum selesai ponsel anda sudah drop terlebih dahulu.

Salah satu panduannya berlaku untuk ponsel Xiaomi sesuai merek ponsel yang saya miliki. Mari simak panduan selengkapnya berikut ini.

 

Melalui Pengaturan

Cara factory reset melalui pengaturan

Cara factory reset Xiaomi yang pertama bisa dilakukan melalui menu pengaturan. Sebagian besar dari anda mungkin sudah familiar dengan cara yang pertama ini. Dan untuk anda yang belum mengetahuinya tak perlu bingung, mari ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Buka pengaturan/setelan.
  • Pilih setelan tambahan
  • Langkah berikutnya silakan pilih “buat cadangan dan setel ulang”. Kemudian akan muncul pilihan untuk melakukan Reset, salah satunya adalah kita bisa mengatur periode waktu untuk melakukan cadangan otomatis
  • Jika anda ingin melakukan reset pabrik, silakan pilih “kembalikan ke setelan pabrik”.
  • Pilih “setel ulang telepon”.
  • Pilih “hapus” untuk mengkonfirmasi.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai. Lama tidaknya bergantung seberapa banyak data-data yang ada di dalam ponsel anda.

 

Apabila smartphone anda disetting menggunakan Bahasa Inggris, maka dapat mengikuti langkah-langkah berikut :

  • Buka settings lalu pilih additional settings.
  • Berikutnya, pilih backup and reset
  • Jika ingin melakukan factory reset, silakan klik “factory data reset”.
  • Ikuti proses selanjutnya hingga factory reset berhasil dilakukan.

 

Melalui Kode Dial

2+ Cara Factory Reset Smartphone dengan Mudah 1

Cara kedua yang bisa anda lakukan dalam Factory Reset adalah menggunakan kode dial. Namun perlu diketahui, tidak semua hp bakal support dengan cara yang satu ini.

Untuk hp Xiaomi sendiri saya belum pernah mencobanya apakah bisa dilakukan dengan cara kedua ini. Untuk berjaga-jaga, pastikan anda melakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan reset pabrik.

Bagaimana cara selengkapnya? Mari ikut langkah-langkahnya berikut ini :

  • Silakan buka dial pad smartphone anda.
  • Selanjutnya ketik *2767*3855#.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai.

 

Baca juga : cara menghemat baterai smartphone.

 

Menggunakan Kombinasi Tombol

Dan poin ketiga ini merupakan cara hard reset android yang bisa anda terapkan pada Xiaomi tipe 4A, 4X, atau 4 Prime. Untuk lebih jelasnya, mari ikuti panduannya berikut ini :

  • Langkah pertama, silakan matikan terlebih dahulu ponsel anda.
  • Masuk ke menu recovery. Caranya yaitu dengan menekan dan menahan tombol power + volume up secara bersamaan hingga logo Xioami muncul.
  • Selanjutnya, anda disuruh memilih opsi bahasa. Pilih saja bahasa Inggris.
  • Berikutnya pilih factory reset/wipe data lalu pilih wipe all data. Ketuk yes untuk mengkonfirmasi pilihan.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai. Jika sudah, silakan lakukan reboot pada perangkat Xiaomi yang anda miliki.

 

Itulah beberapa cara factory reset yang bisa anda lakukan. Gunakan fitur ini secara bijak agar anda tidak sampai mengorbankan data-data penting yang ada didalamnya. Sekian dan sampai jumpa pada tutorial menarik berikutnya.

Tinggalkan komentar