3+ Cara Restore Data Android dengan Mudah

Jika sebelumnya telah melakukan backup data, untuk mengembalikan data-data yang telah terbackup, anda perlu melakukan restore. Atau ketika data-data tak sengaja di hapus, tentu saja anda perlu melakukan tindakan untuk mengembalikannya.

Pengembalian data yang hilang atau terhapus ini bisa anda terapkan di smartphone merek apapun itu. Tentu saja, dengan metode yang sedikit berbeda dengan hp Xiaomi yang saya miliki.

Dan perlu untuk anda ketahui juga, cara pemulihan data berbeda-beda tergantung ponsel dan versi Android. Anda tidak dapat memulihkan cadangan dari versi Android yang lebih tinggi ke smartphone yang menjalankan versi Android yang lebih rendah.

Karena saya adalah pengguna Xiaomi, maka cara restore data android ini berlaku untuk hp Xiaomi. Jika anda pengguna smartphone lainnya, dapat menyesuaikan sendiri. Insyaallah tidak akan jauh berbeda.

 

Bagaimana Cara Restore Data Android?

Cara mengembalikan data-data android yang telah terbackup maupun terhapus secara garis besar bisa dilakukan dengan dua cara, yakni tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi. Jika tanpa aplikasi anda bisa melakukan melalui pengaturan dan bila menggunakan aplikasi anda bisa mengunduhnya di google play store.

Data apapun bisa terestore. Baik itu aplikasi, foto, video, animasi, dokumen, maupun file ataupun data-data yang lainnya. Langsung saja simak panduan restore data pada ponsel android selengkapnya pada konten berikut ini :

 

Melalui Pengaturan

Cara pertama ini hanya bisa dilakukan ketika file belum benar-benar terhapus. Alias hanya terbackup dan file backup masih ada pada ponsel anda. Jika tidak, maka anda tidak bisa menerapkan cara yang pertama ini.

Bagaimana cara mengembalikannya? Sangat mudah, anda tinggal menerapkan langkah-langkah sebagai berikut ini.

  • Buka setelan.
  • Pilih setelan tambahan

3+ Cara Restore Data Android dengan Mudah 1

  • Berikutnya pilih ‘buat cadangan & setel ulang’.

3+ Cara Restore Data Android dengan Mudah 2

  • Selanjutnya pilih ‘cadangan lokal’.

3+ Cara Restore Data Android dengan Mudah 3

  • Pilih data yang ingin dikembalikan.

3+ Cara Restore Data Android dengan Mudah 4

  • Terakhir, klik ‘pulihkan’

3+ Cara Restore Data Android dengan Mudah 5

  • Tunggu hingga prosesnya selesai. Bisa lama dan bisa juga sebentar tergantung seberapa banyak data yang sudah anda cadangkan sebelumnya.

 

Baca juga : cara soft reset android.

 

Melalui Aplikasi Dumpster

Cara mengembalikan data yang terhapus di android berikutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi Dumpster. Aplikasi yang satu ini dikembangkan oleh Baloota dan dapat anda unduh langsung dari google play store.

Aplikasi Dumpster telah digunakan lebih dari 10 juta pengguna sehingga tidak salah jika anda coba menggunakannya. Langsung saja, berikut ini langkah-langkah mengembalikan file/data yang terhapus via aplikasi Dumpster.

  • Pertama download dan install aplikasinya terlebih dahulu via google play store.
  • Jika sudah, silakan buka aplikasinya.
  • Tersedia versi gratis dan berbayar. Jika anda ingin yang gratis, pilih saja yang versi terbatas.
  • Kini anda telah berada di halaman aplikasi dumpster yang menampilkan file-file anda yang sebelumnya telah terhapus, baik itu gambar, video maupun audio.
  • Silakan pilih file yang ingin dikembalikan, lalu klik ‘pulihkan’

Namun sayangnya versi gratis untuk restore pada aplikasi ini benar-benar sangat terbatas. Alangkah lebih baik, jika anda menggunakan fitur premiumnya supaya bisa mendownload lebih banyak file.

 

Menggunakan Aplikasi Diskdigger

Anda juga bisa restore data-data yang hilang atau terhapus dengan aplikasi yang satu ini. Diskdigger mampu mengembalikan data yang hilang di memori internal ataupun memori eksternal.

Aplikasi Diskdigger dikembangkan oleh Defiant Technology dan telah didownload lebih dari 100 juta pengguna di google play store. Lantas, bagaimana cara mengembalikan foto-foto yang hilang dengan aplikasi yang satu ini? Mari ikuti panduan dan langkah-langkahnya berikut ini :

  • Download dan install aplikasi Diskdigger terlebih dahulu.

3+ Cara Restore Data Android dengan Mudah 6

  • Setelah itu, silakan buka aplikasinya.

3+ Cara Restore Data Android dengan Mudah 7

  • Selanjutnya, lakukan scanning untuk menemukan gambar-gambar yang hilang. Ada dua pilihan di sini, basic scan dan juga full scan. Jika full scan membutuhkan akses root dan belum tentu support di semua smartphone, maka tidak untuk pilihan basic scan, untuk itu pilih saja yang basic scan.
  • Tunggu hingga aplikasi menampilkan gambar-gambar yang sebelumnya telah terhapus.

3+ Cara Restore Data Android dengan Mudah 8

  • Klik recover untuk mengembalikan foto-foto tersebut.

 

Sangat mudah bukan? Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengembalikan data yang sudah dibackup, terhapus, maupun hilang, anda bisa mencoba salah satunya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Tinggalkan komentar