Cara Mengirim Cerpen ke Media Online

 

Cara mengirim cerpen ke media online

Konten mengenai cara mengirim cerpen ke media online ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi yang mungkin saja berguna untuk kamu yang berencana mengirimkan cerpen karya sendiri ke sebuah media. Terutama media online.

Cerpen atau yang disebut cerita pendek merupakan sebuah karya sastra bentuk prosa naratif fiktif. Cerita pendek itu cenderung singkat dan langsung pada tujuannya. Bahkan, sebuah cerpen tidak disarankan untuk ditulis sebanyak lebih dari 10.000 kata.

Siapapun boleh dan bisa menulis sebuah cerpen. Menjadi sesuatu hal yang menyenangkan jika kita bisa menyelesaikan pembuatan cerita pendek dengan baik dan diakui oleh banyak orang. Mengirim cerpen ke media bisa menjadi salah satu cara mengukur bagaimana hasil cerpen yang telah kita buat. Salah satunya adalah ke cerpenmu.com

 

Tentang Cerpenmu

Cara Mengirim Cerpen ke Media Online 1
Sumber gambar : cerpenmu.com

Cerpenmu.com merupakan salah satu media online buatan anak bangsa yang menayangkan ribuan cerpen dari penulis-penulis pemula. Di website cerpenmu lah menjadi tempat berkumpulnya para penulis dan pembaca Cerpen. Bagi penulis bisa mengirimkan karya secara gratis, begitupun dengan pembaca yang bisa membaca cerpen juga secara gratis.

Cerpenmu.com memang bukan media yang populer seperti kompas ataupun Tribunnews, namun Website yang hadir sejak tahun 2012 telah memiliki banyak pengunjung setia. Terutama dari kalangan pecinta sastra. Cerpen terdiri lebih dari 50 kategori.

Baca juga  Berikut Cara Mengubah File PDF ke Doc Melalui Android

 

Cara Mengirim Cerpen ke Media Online Cerpenmu.com

Teruntuk kamu yang ingin mencoba membagikan karya cerpen ke media online cerpenmu dan ingin dipublikasikan, ikuti tahapan-tahapannya berikut ini :

 

Buat Cerpennya Terlebih Dahulu

Cara Mengirim Cerpen ke Media Online 2

Sebelum dikirimkan, tentunya cerpen harus kamu buat terlebih dahulu ya. Ingat, pastikan cerpen telah sempurna dan jangan sampai ada sedikitpun yang saltik. Perhatikan alur ceritanya, susunan kalimatnya, susunan hurufnya, tanda bacanya dan lain sebagainya. Jangan sampai kamu mengirim karya yang belum 100% sempurna.

Mengapa begitu? Kemungkinan besar karyamu akan ditolak. Berbeda halnya jika kamu Mengirimkan Cerpen yang benar-benar sudah sempurna maka kemungkinan besar editor akan menerimanya. Entah sebentar atau lama, itu sudah urusan mereka.

Di cerpenmu.com kamu tidak harus selalu membagikan karya dengan bahasa yang terlalu formal. Kamu pun bisa membuat cerpen dengan gaya bahasa yang lebih santai dan menggunakan bahasa gaul. Asal tidak terlalu berlebihan ya.

Baca juga  Terbaru! Beginilah Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Chrome Android

 

Mengisi Form yang Sediakan

Cara Mengirim Cerpen ke Media Online 3

Setelah cerpen sudah selesai dibuat, kini saatnya untuk mengirimkan cerpen tersebut ke Cerpenmu.com. Namun sebelum itu, kamu harus mengisi form terlebih dahulu yang terdiri atas nama penulis, email, nama Facebook Penulis/blog penulis, judul cerpen, dan isi cerpen.

Jika cerpen kamu berjumlah lebih dari 1000 kata, maka bisa dikirim sebanyak 2 kali. Part 1 sebanyak 500 kata dan part 2 juga banyak 500 kata. Kamu juga bisa mengirim cerpen dengan jumlah 3000 kata, yang dapat dikirim dalam 5-6 tahapan.

 

Memasukkan Kategori Cerpen

Cara Mengirim Cerpen ke Media Online 4

Jika biodata telah kamu isi, maka tahapan cara mengirim cerpen ke media online cerpenmu selanjutnya adalah dengan memilih ketegori yang sesuai. Kamu bisa memilih maksimal 3 kategori yang paling mendekati.

 

Mengunggah Gambar Pendukung (Opsional)

Langkah berikutnya, kamu bisa mengunggah gambar ilustrasi yang berhubungan dengan cerpen tersebut. Namun ini bersifat opsional, artinya jikalau pun kamu tidak menguploadnya tidak akan menjadi masalah. Cerpen kamu tetap bisa diterima oleh editor.

 

Isi Profil Penulis

Silakan isi juga pada bagian profil penulis. Kamu bisa mengisinya seputar Biografi singkat tentang diri kamu. Seperti ini contohnya :

“Halo, nama saya Firdaus Deni Febriansyah berumur 23 tahun. Saat ini berstatus sebagai mahasiswa di salah satu Universitas yang ada di Yogyakarta. Saya aktif menulis cerpen dan artikel di berbagai media online”

Pengisian profil penulis bersifat opsional. Kamu boleh mengisinya dan juga boleh tidak mengisinya. Terakhir jangan lupa isi kode verifikasinya dan klik “kirim Cerpen” untuk membagikan cerpen kamu.

 

Selanjutnya, pihak editor akan menyeleksi setiap cerpen yang masuk. Tidak ada jaminan dalam waktu berapa lama cerpen akan disetujui/ditolak. Sebab, hal tersebut bergantung dari banyak sedikitnya cerpen kiriman yang masuk ke meja redaksi cerpenmu dalam suatu waktu. Namun jika ingin mengetahui status pengiriman cerpen, bisa ditanyakan langsung melalui fans page Cerpenmu.

 

Aturan Kebijakan Pengiriman Cerpen di Cerpenmu.com

Supaya cerpen yang kamu kirimkan bisa lebih berpeluang di publikasikan oleh cerpenmu.com, berikut harus kamu ketahui juga bagaimana aturan dan kebijakannya yang harus ditaati. Apa saja itu?

  • Cerpen tidak boleh berbau pornografi, sara, kekerasan, dan hal-hal yang berbau kontroversi.
  • Cerpen harus memenuhi standar penggunaan bahasa yang baik. (Sesuai EYD atau lebih baik lagi sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).
  • Hindari penggunaan singkatan yang tidak sesuai seperti yg, dg, krn, q, km, kls, tp. Selain itu, tidak diperbolehkan menggunakan angka 2 atau kutip (“) pada pengulangan kata seperti: kupu2, kupu”, basah2an, basah”an, teman2, teman”, dan lain sebagainya.
  • Sebisa mungkin hindari terlalu banyak typo (salah ketik) dan hindari juga penggunaan emoticon.
  • Judul Cerpen harus berhubungan dengan isi cerita dan tidak diperbolehkan mengandung kata yang berkonotasi kasar atau negatif
  • Cerpen yang dikirimkan adalah karya asli buatan sendiri. Boleh juga mengirimkan Cerpen yang ada di blog atau website pribadi asal benar-benar buatan sendiri. Bukan hasil salin tempel ataupun saduran.
  • Untuk cerpen terpilih bisa saja dibukukan namun dengan jumlah eksemplar yang tidak terlalu banyak.
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Tak perlu bersedih jika cerpen kamu belum disetujui oleh pihak redaksi. Sebab di lain kesempatan, kamu bisa mengirimkannya lagi. Kamu bisa membaca cerita pendek yang sudah saya buat dan telah dipublikasikan di cerpenmu.com, semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi terbaik.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai cara mengirim cerpen ke media online. Selain ke cerpenmu.com, kamu juga bisa mengirimkan cerpen ke media lainnya. Baik media online, media cetak, ataupun majalah. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Bagikan tulisan ini

Tinggalkan komentar