3 Cara Mengecek Typo pada Dokumen Secara Online

Ketika kita menulis sesuatu, entah itu artikel, makalah, skripsi, novel, cerpen, ataupun yang lainnya terkadang terdapat kesalahan dalam tulisan yang sudah kita buat. Ya namanya juga manusia, pasti tempatnya salah dan sering berbuat salah.

Tapi tidak bagus juga kalau kita membiarkan tulisan yang salah dibaca oleh orang lain. Sebisa mungkin harus diperbaiki agar tulisan lebih enak untuk dibaca. Bagaimana caranya? Artikel ini akan menjawab pertanyaan tersebut.

 

Cara Mengecek Typo pada Dokumen Secara Online

Tahukah Anda? Ternyata ada cara cepat untuk memeriksa apakah ada kesalahan tulisan atau ejaan pada tulisan. Jadi, Anda tidak perlu mengeceknya satu per satu secara manual. Ribet dan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Anda bisa menggunakan tools-tools dari pihak ketiga. Apa sajakah itu dan bagaimana cara menggunakannya?

 

Menggunakan Google Docs

Di google docs, Anda tidak hanya bisa menulis saja, tetapi juga memastikan apakah ada kesalahan atau tidak pada tulisan yang sudah Anda buat. Bagaimana caranya? Mari ikuti panduannya berikut ini :

  • Pertama, salin terlebih dahulu keseluruhan tulisan yang ada pada Micrsoft Word. Supaya cepat, langsung saja gunakan kombinasi keyboard Ctrl+A.

3 Cara Mengecek Typo pada Dokumen Secara Online 1

  • Sekarang buka google docs atau langsung saja klik Google Dokumen. Selanjutnya pada bagian ‘mulai dokumen baru’, silakan pilih yang ‘kosong’.

3 Cara Mengecek Typo pada Dokumen Secara Online 2

  • Tempel tulisan yang tadi sudah disalin pada kotak yang sudah tersedia.

3 Cara Mengecek Typo pada Dokumen Secara Online 3

  • Untuk mengecek apakah ada typo, tekan Ctrl+Alt+X secara bersamaan. Atau dengan klik icon seperti yang ditunjukkan pada gambar ini.

3 Cara Mengecek Typo pada Dokumen Secara Online 4

  • Selanjutnya kata-kata atau tulisan yang salah akan muncul di sebelah kanan. Klik ‘terima’ untuk merubah tulisan tersebut.

3 Cara Mengecek Typo pada Dokumen Secara Online 5

 

Melalui Typoonline

Typoonline merupakan situs yang bisa Anda manfaatkan untuk memeriksa kesalahan tulisan atau ejaan pada suatu tulisan. Berbeda dengan google docs yang tidak terlalu berpedoman pada KBBI, typoonline dirancang khusus untuk memudahkan proses pengecekan kata yang tidak sesuai dengan KBBI.

Bagaimanakah cara menggunakannya? Mari ikuti langkah-langkah di bawah ini :

3 Cara Mengecek Typo pada Dokumen Secara Online 6

  • Sekarang buka dokumen Anda lalu copy seluruh tulisannya. Kemudian tempelkan pada kotak di website typoonline.com
  • Typo atau saltik tulisan langsung muncul di kotak sebelah kanan yang ditandai dengan warna yang merah. Sementara jika berwarna biru menandakan kata tersebut adalah kata berbahasa inggris.

3 Cara Mengecek Typo pada Dokumen Secara Online 7

Apabila Anda tidak membuat akun sebelum menggunakan tools ini, maka pengecekan hanya dibatasi maksimal 750 karakter saja. Untuk bisa mendapatkan fitur menarik silakan lakukan pendaftaran atau membuat akun terlebih dahulu.

 

Baca juga : cara mengatur ukuran font di Microsoft word.

 

Melalui Typograp

Typograp merupakan sebuah tools pengecekan tulisan typo secara otomatis. Tools ini bekerja mengikuti kaidah EYD, KBBI, serta aturan SPOK (Subjek Predikat Objek Keterangan).

Selain gratis dan mudah digunakan, tools typograp juga memiliki database yang cukup lengkap. Bagaimanakah cara menggunakannya? Mari ikuti panduan berikut ini :

Tulisan yang salah atau tidak sesuai kaidah ditandai dengan tulisan berwarna merah. Pada tools juga terdapat fitur artikel rewriter yang bisa Anda manfaatkan untuk memparafrasekan tulisan.

 

Baca juga : cara mengatur ukuran kertas.

 

Sebenarnya sih, lewat Microsoft Word langsung Anda bisa langsung mengetahui apakah ada saltik atau tidak pada tulisan. Hanya saja, fitur yang tersedia hanya diperuntukkan tulisan berbahasa inggris, jika Anda menulis dalam bahasa indonesia maka semuanya dianggap salah.

Sementara semua tools di atas bisa digunakan untuk mengecek typo, baik tulisan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Itulah dia beberapa cara mengecek typo tulisan pada dokumen secara daring. Kalau Anda punya tips lain, boleh dong kasih tau di kolom komentar.

Tinggalkan komentar