3 Cara Mengganti Tulisan di Microsoft Word, Sangat Mudah!

Ketika kita mengetik baik itu untuk tugas sekolah, tugas kuliah, ataupun untuk pekerjaan terkadang ada saja tulisan yang salah sekalipun sudah berusaha mengetik dengan benar. Kalau sudah salah begini, mau tidak mau harus diubah sehingga menjadi benar.

Mengubah satu dua kata saja mungkin sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama, namun bagaimana jika saltiknya banyak? Tentu sangat merepotkan jika harus menggantinya secara manual satu per satu.

Microsoft Word memiliki sebuah fitur bernama ‘Find and Replace”. Fungsinya adalah menemukan huruf, frasa, klausa, atau kalimat dan dapat diganti sesuai keinginan. Nah, jika Anda ingin mengganti tulisan di Ms Word, bisa memanfaatkan fitur yang satu ini.

 

Cara Mengganti Tulisan di Microsoft Word dengan Find and Replace

Fitur anda Replace di Microsoft Word bisa diakses dengan berbagai cara. Melalui artikel ini, saya akan memberikan sedikit panduan bagaimana mengganti tulisan yang typo di Microsoft dengan memanfaatkan Find and Replace.

Oh ya, tutorial ini untuk Microsoft Word 2010 ya. Bagi Anda yang memiliki Ms Word versi lain bisa menyesuaikan karena pada dasarnya tidak terlalu jauh berbeda. Yuk, disimak

 

Menggunakan Kombinasi Keyboard

Cara pertama merubah tulisan di Microsoft Word adalah dengan menggunakan kombinasi keyboard pada laptop atau komputer Anda.  Seperti ini langkah-langkahnya :

  • Silakan buka dokumennya terlebih dahulu.

3 Cara Mengganti Tulisan di Microsoft Word, Sangat Mudah! 1

  • Selanjutnya tekan Ctrl + H pada keyboard Anda. Maka kotak find and replace akan muncul seperti pada gambar di bawah ini.

3 Cara Mengganti Tulisan di Microsoft Word, Sangat Mudah! 2

  • Pilih tab replace bila Anda ingin mengganti teks. Di bagian ‘find what’ isi dengan kata/kalimat yang ingin Anda ubah dan di bagian ‘replace with’ isi dengan kata/kalimat yang benar. (Contoh : kata ‘kementerian’ ingin saya ubah menjadi ‘menteri’). Klik ‘replace all’ jika Anda ingin merubah seluruh kata ‘kementerian’ menjadi ‘menteri’. Namun jika Anda hanya ingin mengganti sedikit saja, silakan klik ‘replace’.

3 Cara Mengganti Tulisan di Microsoft Word, Sangat Mudah! 3

  • Jangan lupa konfirmasi dengan klik ‘ok’.

3 Cara Mengganti Tulisan di Microsoft Word, Sangat Mudah! 4

  • Selesai. Sekarang kata ‘kementerian’ sudah berubah menjadi ‘menteri’

3 Cara Mengganti Tulisan di Microsoft Word, Sangat Mudah! 5

 

Baca juga : cara mengubah pdf ke doc.

 

Menggunakan Kombinasi Keyboard 2

Selain Ctrl + H ada kombinasi tombol keyboard lain yang dapat Anda manfaatkan untuk menemukan fitur find and replace. Anda bisa menggunakan kombinasi Ctrl + F dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Pertama, silakan buka terlebih dahulu dokumen yang tulisannya ingin Anda edit lalu tekan tombol ctrl+F pada keyboard Anda.. Selanjutnya muncul kotak di sebelah kiri.

3 Cara Mengganti Tulisan di Microsoft Word, Sangat Mudah! 6

  • Klik pada bagian ‘find options and additional search commands’ lalu pilih ‘replace’.

3 Cara Mengganti Tulisan di Microsoft Word, Sangat Mudah! 7

  • Lagkah-langkah selanjutnya sama seperti metode pertama.

Cara kedua ini umum dilakukan bagi pengguna Microsoft Word 2007. Dan tetap bisa diterapkan bagi pengguna Microsoft Word 2010.

 

Baca juga : cara mengatur ukuran tulisan di microsoft word

 

Melalui Menu Bar

Cara mengganti tulisan di Microsoft Word via Find and Replace bisa Anda lakukan melalui menu bar. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, silakan klik menu ‘home’ lalu pilih ‘replace’ yang ada di pojok kanan atas.
  • Untuk langkah-langkah selanjutnya sama seperti cara pertama.

 

Baca juga : cara mengubah file pdf ke excel.

 

Bagaimana sangat mudah bukan? Itulah cara mengganti tulisan di Microsoft Word baik banyak maupun sedikit. Pastikan setelah menggantinya, tidak ada lagi yang typo supaya Anda tidak kerja dua kali. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar