Kertas Art Carton : Ciri, Karakteristik, dan Kegunaan

Pada kesempatan kali ini, Firdaus Artikel akan membahas seputar salah satu jenis kertas percetakan yaitu kertas art carton. Secara sekilas, kertas yang satu ini mirip seperti art paper. Namun sesungguhnya keduanya tentu berbeda.

Penjelasan lengkap tentang art carton akan dibahas pada artikel ini mulai dari definisi, ciri, karakteristik, hingga penggunaan dari kertas yang satu ini. Namun sebelum itu, saya ingin memberitahu anda bagaimana sejarah awal mula munculnya salah satu kertas percetakan ini. Mari disimak.

 

Asal Usul Kertas Art Carton

Pada mulanya, art carton diciptakan oleh M. Treverton & Son pada tahun 1817 di negara Inggris. Selanjutnya, pada tahun 1860 mulai digunakan kertas art carton yang bisa dilipat dan pada tahun 1935 kertas yang satu ini mulai banyak digunakan sebagai kemasan, salah satunya adalah produk kemasan susu.

Sedangkan penggunaan art carton yang telah dibentuk pola mulai digunakan oleh seorang pembuat kantong belanja asal Skotlandia, Robert Gair pada tahun 1890. Lambat laun kertas yang awalnya sangat sederhana berubah semakin baik dan bisa digunakan untuk membuat berbagai produk.

 

Apa Itu Kertas Art Carton?

Art carton
Sumber gambar : shopee

Art carton merupakan sebuah kertas yang memiliki warna putih mengkilap pada kedua sisinya dan juga memiliki permukaan yang berkilau. Kertas ini tebal dengan ketebalan antara 190 – 400 gram.

Kertas yang satu ini memang cukup tebal, namun harganya sangat ekonomis. Membuatnya cukup populer dan banyak digunakan di dunia percetakan.

Art carton di luar negeri dikenal dengan sebutan paperboard, terkadang ada juga yang menyebutnya cardboard. Kertas ini populer tidak hanya di Indonesia saja, tetapi juga di berbagai negara lainnya.

Art carton dapat dicetak full color dua sisi atau bolak balik. Bahkan hasilnya diklaim jauh lebih baik jika dibandingkan dengan kertas HVS dan kertas art paper.

Itulah kira-kira gambaran singkat tentang ciri dan karakteristik dari art carton.

 

Baca juga : karakteristik kertas ivory

 

Kegunaan Kertas Art Carton

Setelah kita membahas tentang ciri dan karakteristiknya, sekarang saatnya anda mengetahui kegunaan kertas yang satu ini. Art carton dapat digunakan untuk beragam keperluan seperti pembuatan brosur, kartu nama, hingga pembuatan kotak makanan beragam bentuk.

Kertas art carton dapat digunakan untuk mencetak berbagai produk percetakan dalam berbagai ukuran. Beberapa contoh produk percetakan yang menggunakan art carton antara lain yaitu :

 

Gift Tag

Kertas Art Carton : Ciri, Karakteristik, dan Kegunaan 1

Gift tag merupakan salah satu contoh produk dari kertas art carton. Ketebalannya sesuai sehingga sangat direkomendasikan sebagai pembuatan gift tag atau kartu hadiah.

Selain itu, membuat gift tag dari art carton membuatnya lebih tahan lama. Bukan sekedar itu saja, gift tag juga dapat divariasikan bentuknya sesuai dengan keinginan.

 

Cover Buku

Kertas Art Carton : Ciri, Karakteristik, dan Kegunaan 2

Art carton merupakan kertas yang tebal, maka sangat cocok dijadikan bahan pembuatan sampul atau cover buku. Kertas yang tebal membuatnya lebih awet dan tahan lama.

 

Map Folder

Kertas Art Carton : Ciri, Karakteristik, dan Kegunaan 3
Sumber gambar : google

Art carton juga bisa digunakan untuk membuat map folder. Bagi anda yang belum tau, map folder merupakan produk cetak untuk menyimpan kertas-kertas supaya tidak tercecer.

Sudah pasti, map yang satu ini berbeda dengan map yang selama ini sering kita gunakan. Map folder diklaim lebih aman dalam menyimpan file atau dokumen penting.

Bukan hanya itu saja, kertas yang satu ini juga bisa digunakan untuk membuat berbagai produk percetakan lainnya seperti :

  • Kartu nama yang agak tebal.
  • Kalender.
  • Poster.
  • Table Tent.
  • Undangan.
  • Brosur, leaflet, atau flyer.
  • Cover company profile.
  • Paper Bag beragam bentuk dan ukuran.
  • Dus makanan yang bisa dicetak.
  • Dus untuk barang.

 

Perbedaan Kertas Art Carton dan Art Paper

Seperti apa yang sudah dijelaskan tadi, kertas art paper dan art carton memiliki bentuk dan karakteristik yang hampir sama. Namun sebenarnya, kedua kertas tersebut memiliki perbedaan.

Perbedaan yang utama dapat anda lihat dari ketebalannya. Art carton memiliki ketebalan antara 190 hingga 400 gram, sedangkan untuk art paper ketebalannya antara 85 hingga 150 gram.

 

Bagaimana, sekarang sudah tau kan seperti apa ciri, karakteristik, dan kegunaan kertas art carton itu? Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda tentang dunia kertas.

Tinggalkan komentar