10 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Tubuh

Pada postingan kali ini, penulis akan membahas mengenai kandungan dan juga manfaat buah kiwi untuk kesehatan tubuh. Baik itu kesehatan pria, wanita, anak-anak ataupun orang dewasa. Namun sebelum itu, adakah diantara pembaca yang belum mengetahui tentang buah kiwi?

Khasiat buah kiwi

Kiwi merupakan sejenis buah beri yang bisa kita konsumsi dan berasal dari tanaman berkayu yang merambat. Buah kiwi memiliki nama latin Actinidia deliciosa. Buah ini berasal dari Shaanxii, Tiongkok.

Berbentuk oval, buah yang satu ini memiliki ukuran kira-kira sebesar telur ayam yaitu 5-8 cm dengan diameter 4,5 hingga 5,5 cm. Dengan warna hijau terang atau keemasan plus biji yang kecil dan berwarna hitam, buah kiwi memiliki banyak manfaat dan memiliki tekstur yang sangat halus

Macam-macam Buah Kiwi dan Kandungannya

Umumnya ada dua macam buah kiwi yang dijual di pasaran yakni kiwi kuning atau kiwi gold dan kiwi hijau. Menurut Dr. Ir. Nuri Andarwulan, MSI salah satu dosen Institut Pertanian Bogor, kedua jenis kiwi ini mempunyai ciri dan kandungan yang tidak sama.

  • Kiwi Kuning

Buahnya coklat tua dengan kulit berbulu yang lebih halus jika dibandingkan kiwi hijau. Ukuran kiwi gold sedikit lebih besar dengan cita rasa yang lebih manis dan berwarna keemasan. Buah ini memiliki masa panen sekitar 3 bulan yaitu dari bulan Mei hingga Agustus.

  • Kiwi Hijau

Kiwi hijau memiliki warna coklat tua pada daging buahnya dan kulit berbulu yang berwarna hijau. Sementara itu masa panennya, memang sedikit lebih lama daripada kiwi kuning yaitu antara Mei sampai Januari atau paling cepat bulan Desember.

Baca juga  5 Khasiat Buah Kiwi untuk Diet yang Sehat

Lalu Bagaimana dengan Kandungannya?

Jika melihat dari sisi nutrisi, kandungan vitamin C kiwi gold jauh lebih tinggi daripada kiwi hijau. Selain itu kandungan vitamin E, kiwi kuning juga jauh lebih tinggi daripada kiwi hijau.

Tak hanya itu, pada kiwi green mempunyai kandungan enzim actinidin yang lebih banyak sehingga dapat mengurai protein dalam tubuh. Selain itu kiwi hijau dan juga kiwi kuning juga mengandung aneka vitamin dan mineral seperti vitamin A, kalsium, magnesium, dan juga zat besi.

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh

1. Mencegah Hipertensi

Khasiat pertama yang akan anda dapatkan apabila mengkonsumsi buah yang satu ini adalah dapat mencegah atau mengurangi resiko terserang hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kalium sekitar 34 mg yang berperan sebagai mineral penurun tekanan darah tinggi. Selain itu, kalium juga bermanfaat menjaga keseimbangan air di dalam tubuh kita.

2. Berkhasiat untuk Ibu Hamil

Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil yaitu mencegah cacat kelahiran pada bagian otak atau saraf tulang belakang. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan asam folat yang cukup tinggi pada buah tersebut. Selain itu, buah yang berasal dari Tiongkok ini juga kaya akan zat besi sehingga membuat sang ibu terhindar dari gangguan kehamilan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (Selengkapnya : manfaat kiwi untuk ibu hamil)

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Dengan adanya kandungan serat sekitar 3 gram, buah kiwi dapat melancarkan pencernaan dengan baik. Kesulitan buang air besar, kembung, dan beragam gangguan pencernaan lainnya insyaallah bisa langsung disembuhkan menggunakan buah yang satu ini. Asal anda benar-benar mengkonsumsinya secara teratur.

Baca juga  7 Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan Tubuh

4. Menangkal Radikal Bebas

Banyaknya kandungan antioksidan seperti karotenoid, polifenol, dan juga enzim-enzim lainya yang membentuk antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Dengan begitu, tubuh menjadi lebih sehat dan bisa terhindar dari berbagai macam penyakit karena kekebalan tubuh juga semakin meningkat.

Luar biasa!! inilah beberapa manfaat buah nanas bagi kesehatan

5. Menyehatkan Mata

Keuntungan selanjutnya yang akan anda dapatkan jika memakan buah  satu ini adalah mata menjadi lebih sehat. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, buah kiwi mengandung vitamin A yang menjadi vitamin terbaik untuk mata. Tak hanya itu, beta karoten dan lutein juga menjadi kandungan penting yang dapat menjaga kesehatan mata kita.

Hati-hati, makanan pedas ternyata juga memiliki sisi buruk bagi tubuh kita

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi, buah kiwi juga sangat bagus untuk kesehatan jantung anda. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan potasium hingga mencapai 300 mg yang membuat denyut jantung menjadi lebih lancar.

7. Mencegah Rambut Rontok

Masalah rambut rontok seharusnya tidak perlu anda khawatirkan lagi apabila rutin mengkonsumsi buah yang satu ini. Kiwi kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan yang kuat. Vitamin C berperan penting mencegah rambut rontok dan bercabang dengan membentuk kolagen. Dengan begitu sisir anda tidak akan kotor karena banyaknya rambut yang menyangkut karena mengalami kerontokan.

8. Mempermudah Pertumbuhan Rambut

Bagi anda yang mengalami masalah kebotakan dan juga rambut sulit untuk tumbuh cepat maka buah kiwi bisa jadi solusi terbaik. Karena vitamin C, buah ini dapat menstimulasi pertumbuhan rambut anda dengan menjaga sel-sel yang menyuplai darah ke folikel rambut. Tak hanya itu saja, kandungan vitamin E yang tinggi juga mampu meningkatkan pertumbuhan rambut pada manusia.

Baca juga  Beragam Khasiat dan Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

9. Melindungi dari Kerusakan DNA

Manfaat buah kiwi selanjutnya yaitu dapat melindungi tubuh dari kerusakan DNA. Hal ini mengacu pada sebuah studi yang dilakukan oleh Collins, Hotten, dan juga Horska dimana penelitian mereka menunjukkan bahwa adanya kombinasi unik antioksidan yang ada di dalam buah tersebut (re:kiwi) dapat membantu melindungi Sel DNA dari kerusakan oksidatif.

10. Diet yang Sehat

Ternyata manfaat buah kiwi untuk diet merupakan hal yang benar. Bagi anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan mengkonsumsi buah kiwi dengan kandungan serat yang tinggi dan indeks glikemiknya yang rendah tidak akan menciptakan insulin sehingga tidak merespon dengan menyimpan lemak. Dengan begitu berat badan menjadi lebih stabil.

Baca juga : jenis-jenis dan manfaat buah durian

Penutup

Bagaimana luar biasa bukan khasiatnya? Tak hanya rasanya yang enak, kiwi juga mengandung sejuta nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Sementara itu,  bagi anda yang ingin mendapatkan manfaat terbaik dari buah ini, disarankan membeli yang berwarna hijau saat daging buah masih agak keras.

Manfaat lainnya :Minuman kopi yang menyehatkan

Diamkan pada suhu ruangan hingga matang. Setelah lunak, simpan ke dalam lemari pendingin atau kulkas agar lebih segar saat dikonsumsi. Selain memakannya langsung, anda juga beli membuat olahan lain dari buah ini seperti selai kiwi, puding, jus, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh, selamat mencoba dan semoga selalu sehat dan bahagia.

Selanjutnya >>> Manfaat kiwi untuk kecantikan

Bagikan tulisan ini

Satu pemikiran pada “10 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan Tubuh”

Tinggalkan komentar