Mengenal Premi Dalam Asuransi Kesehatan

Mengenal Premi dalam asuransi

Jika anda sudah tidak asing lagi dengan asuransi, pastinya anda akan mengenal yang namanya premi. Premi asuransi ini juga merupakan salah satu premi, yang mana memiliki kewajiban untuk dibayarkan tiap bulannya. Bahkan bukan hanya tiap bulan saja, namun untuk setiap tahunnya sesuai dengan kewajiban apa yang dimiliki oleh nasabah asuransi tersebut atau yang dinamakan dengan tertanggung.

Hal ini juga bergantung dengan bagaimana keikutsertaan seorang tertanggung, dalam mengikuti program asuransi. Premi sendiri memiliki beberapa istilah, salah satunya premium. Untuk mengikuti asuransi kesehatan, dalam hal ini anda juga harus mengetahui lebih lanjut dan secara jelas mengenai premi. Berikut ini adalah beberapa info mengenai premi yang dimiliki oleh asuransi.

 

Mengenal Premi dalam Asuransi Kesehatan

Pengertian Premi

Untuk besaran dari premi sendiri, tentunya hal ini harus dibayarkan. Premi sendiri pastinya akan di tulis secara jelas dalam dokumen yang dinamakan dengan polis asuransi. Premi asuransi ini juga digunakan untuk membayar, berbagai biaya-biaya yang ada dalam asuransi. Besaran dari premi yang dimiliki asuransi ini, juga ditentukan dan diukur dari berbagai tingkat risiko.

Tingkat risiko ini pastinya, merupakan berbagai hal yang nantinya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sendiri. semakin besar dari risiko yang dimiliki dan ditanggung oleh perusahaan asuransi, maka pastinya biaya premi asuransi yang harus dibayarkan nantinya akan menjadi semakin mahal. Besarnya premi juga menentukan risiko yang akan ditanggung perusahaan. Berikut adalah contohnya :

  1. Orang yang sudah terbiasa merokok, nantinya akan membayar biaya premi asuransi kesehatan dan juga asuransi jiwa yang pastinya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan orang yang merokok.
  2. Orang yang menderita obesitas atau berat badan berlebih, akan membayar biaya dari premi asuransi kesehatan dan juga asuransi jiwa yang juga akan lebih mahal dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan yang normal.
  3. Orang yang memiliki pekerjaan yang berisiko (seperti petinju, pembersih yang menggunakan gondola dan sebagainya) akan memiliki jumlah pembayaran premi asuransi yang lebih mahal untuk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang dimilikinya jika dibandingkan dengan orang yang pekerjaannya hanya di kantor.
  4. Orang-orang yang memang sudah memiliki penyakit bawaan, memiliki premi untuk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang akan lebih mahal jika dibandingkan dengan orang yang masih dalam keadaan sehat tanpa penyakit bawaan apapun.
  5. Orang-orang yang memiliki kegemaran atau hobby yang ekstrem seperti panjat tebing, bela diri, sky diving dan berbagai olahraga yang ekstrem akan memiliki biaya premi untuk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang lebih mahal dengan orang yang tidak memiliki hobby dan kegiatan yang ekstrem.
Baca juga  Pengiriman Uang Mudah dan Cepat Tanpa Ribet, Bagaimana Caranya?

Untuk perhitungan premi dari asuransi sendiri seperti asuransi umum, asuransi rumah atau bahkan asuransi kendaraan sendiri pastinya akan menggunakan prinsip yang sama. Anda dapat memastikan apakah biaya premi yang anda miliki dapat dikatakan mahal atau tidak, tergantung dengan bagaimana semakin besar risiko yang dimiliki.

Hal ini juga pastinya dapat di pastikan bahwa semakin tinggi risiko yang dimiliki, maka akan semakin tinggi atau besar juga biaya premi asuransi yang juga harus anda bayarkan.  Salah satunya perusahaan asuransi yang juga menggunakan prinsip ini, adalah premi asuransi kesehatan Generali. Selain itu, anda juga harus mengenal istilah cuti premi. Hal ini memang belum banyak diketahui, oleh masyarakat.

 

Tips Membandingkan Premi dengan Benar

Tentunya anda sering melihat orang mulai untuk membeli asuransi dan membandingkan premi yang dimilikinya. Aasuransi yang digunakan juga beragam dari mulai asuransi jiwa, asuransi pendidikan yang bagus hingga asuransi kesehatan dengan premi yang berbagai macam. Tentunya salah satu alasan orang memilih asuransi yang diinginkannya adalah, mana asuransi yang memiliki premi murah.

Namun jangan sampai anda tergoda dengan tawaran premi murah, lalu menggunakan layanan asuransi tersebut. Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering di lakukan oleh banyak orang dalam memilih asuransi dan hanya melihat premi yang dimilikinya.

  1. Hindari dengan hanya melihat harga dari premi tahunan yang dimiliki, dan memiliki jumlah paling kecil. Jika anda hanya melihat harga atau total premi dalam tahunan tersebut yang paling kecil, andaakan melupakan berapa biaya pertanggungan yang di tawarkan dalam hal ini. Pstikan bahwa anda dapat membandingkan dengan hal lainnya.
  2. Pastikan selain premi, untuk membeli asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan sampai asuransi yang anda miliki, walaupun memiliki premi asuransi kecil namun tidak akan sesuai dengan apa yang anda butuhkan.
Baca juga  Cara Membuka Rekening BRI di Luar Domisili KTP (Panduan Lengkap)

Setelah melihat beberapa kesalahan, dalam hal ini tentunya anda dapat menghindari hal-hal apa yang tidak seharusnya anda lakukan. Cobalah untuk melakukan perbandingan atau cara yang tepat, untuk dapat memilih asuransi yang tepat dan premi yang setara dengan apa yang akan anda dapatkan.

  1. Hal pertama yang harus anda perhatikan, adalah dengan membeli produk asuransi yang di tawarkan dan pastikan sesuai dengan apa yang anda butuhkan. Pastikan bahwa anda bisa menggunakan manfaat dari asuransi tersebut dengan baik. Dalam kasus ini, jangan lupa untuk membeli uang pertanggungan yang akan sesuai dengan apa yang anda butuhkan.
  2. Cobalah untuk mengetahui berapa uang pertanggungan yang anda siapkan. Lalu selanjutnya, cobalah untuk membandingkan, berapa harga atau biaya pertanggungan yang harus di keluarkan di perusahaan asuransi lainnya. Anda dapat membedkaan berpaa rentang harga yang dimiliki oleh perusahaan asuransi tersebut, dan pilihlah yang paling murah dan sesuai keinginan.

Pada saat anda membeli asuransi kesehatan dan asuransi jiwa sendiri, perlu diingat untuk tidak hanya membandingkan biaya premi yang harus anda bayarkan. Dalam hal ini ada banyak pertimbangan yang harus anda lakukan, salah satunya adalah kemudahan dalam melakukan klaim hingga bagaimana rekam jejak yang dimiliki oleh perusahaan asuransi tersebut.

Setelah mengetahui berbagai hal mengenai premi, tentunya anda diharapkan dapat dengan bijak memilih asuransi dengan harga premi terbaik dan mendapatkan manfaat dari asuransi dengan maksimal. Salah satu asuransi yang penting untuk di miliki, adalah asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan dalam hal ini akan membantu anda untuk menangani berbagai hal yang di luar kendali.

Bagikan tulisan ini

Tinggalkan komentar