11+ Aplikasi Video Call Terbaik Smartphone + PC [Lengkap]

Kecanggihan teknologi membuat komunikasi bisa dilakukan dengan mudah. Ketika dua atau beberapa orang ingin bertatap muka namun tidak bisa bertemu, teknologi yang canggih bisa mempertemukan mereka. Salah satu teknologi tersebut adalah video call.

Video call atau panggilan video merupakan cara berkomunikasi dimana dua atau beberapa orang bisa saling bertatap muka satu sama lainnya. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan smartphone, tablet, laptop, maupun komputer Anda.

Terlebih di masa pandemi Covid 19 seperti saat ini, penggunaan video call terus mengalami peningkatan. Bahkan bukan sekedar untuk berkomunikasi saja, adanya fitur ini pada beberapa aplikasi bisa dimanfaatkan untuk interview pekerjaan hingga melakukan rapat secara virtual.

Bagi Anda yang tengah mencari aplikasi video call terbaik untuk melepas rindu dengan orang-orang terkasih, Firdaus Artikel telah menyiapkan rekomendasinya hanya untuk Anda.

 

Aplikasi Video Call Terbaik untuk Smartphone + PC

Tak cuma via smartphone, melakukan video call bisa menggunakan berbagai perangkat seperti tablet, laptop, hingga komputer.

Bahkan, Anda bisa melakukan Vidcall hingga lebih dari empat orang bahkan ratusan orang. Apa saja aplikasi tersebut? Berikut daftar dan juga penjelasannya.

 

Whatsapp

Aplikasi video call whatsapp

Siapa sih yang tidak kenal dengan aplikasi WhatsApp? Aplikasi instan message yang sangat sangat populer di seluruh dunia. Fungsi utamanya memang untuk mengirim chat, tetapi aplikasi buatan Jan Koum ini juga memiliki fitur video call.

Pada awal peluncurannya, memang video call whatsapp hanya bisa dilakukan dua orang saja. Akan tetapi saat ini fitur-fiturnya semakin berkembang sehingga Anda bisa melakukan video call hingga 8 Orang. Sangat menarik bukan?

 

Baca juga : aplikasi membuat stiker whatsapp.

 

Skype

11+ Aplikasi Video Call Terbaik Smartphone + PC [Lengkap] 1

Aplikasi ini tergolong cukup lama namun tetap layak untuk Anda gunakan. Sama seperti whatsapp, sejatinya Skype merupakan pesan instan yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Namun aplikasi Skype juga memiliki fitur video call. Bertemu dengan banyak orang hingga 24 orang dalam panggilan video dengan kualitas HD. Hingga saat ini, sudah lebih dari 1 milyar orang menggunakan aplikasi Skype untuk mengirim pesan, melakukan panggilan telepon, dan juga video call.

Bukan cuma di smartphone, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Skype di IOS, Windows, Max, maupun Linux.

 

Google Meet

11+ Aplikasi Video Call Terbaik Smartphone + PC [Lengkap] 2

Google Meet merupakan salah satu aplikasi video call banyak peserta yang banyak digunakan di masa pandemi seperti saat ini. Sangat cocok digunakan untuk melakukan kegiatan rapat atau diskusi secara virtual.

Aplikasi buatan Google ini telah digunakan lebih dari 100 juta pengguna. Berbekal aplikasi ini, Anda bisa melakukan rapat secara daring hingga 250 orang.

Salah satu keunggulan dari Google meet adalah pengamanan yang terenkripsi setiap sesi video call. Hal ini membuat data-data yang bersifat pribadi aman dari serangan spyware.

Kelebihan lainnya, Anda tak harus menggunakan akun baru untuk bisa mengikuti online meeting atau webinar. Cukup gunakan akun google saja, kegiatan rapat bisa langsung diikuti.

 

Baca juga : aplikasi desain logo terbaik.

 

Zoom

 

Sama seperti Google Meet, aplikasi Zoom juga banyak digunakan di masa pandemi seperti saat ini terutama untuk melakukan rapat virtual. Selain itu, kegiatan seperti webinar juga bisa dilakukan dari aplikasi yang satu ini.

Menurut analis Bernstein Zane Chrane dan Michelle Isaacs, diperkirakan aplikasi Zoom memiliki pengguna aktif bulanan mencapai 173 juta pengguna per 27 Mei 2020. Hal ini membuat pendapatan zoom semakin meningkat.

Berbekal aplikasi ini, Anda bisa bertemu banyak orang secara virtual hingga 100 orang. Walau banyak yang menggunakan zoom di komputer, tapi pada faktanya aplikasi zoom juga bisa digunakan di ponsel cerdas Anda.

Untuk mendapatkan banyak fitur, Anda bisa mengakses zoom premium yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau. Hanya sekitar 250 ribuan per bulan.

 

Line

11+ Aplikasi Video Call Terbaik Smartphone + PC [Lengkap] 3

Aplikasi video call gratis terbaik yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah Line. Sama seperti whatsapp dan Skype, line sebenarnya merupakan aplikasi instan messaging namun juga memiliki fitur lainnya untuk video call.

Hingga saat ini, Line sudah digunakan oleh lebih dari 500 juta pengguna. Yang menarik pada fitur vidcall Line adalah pengguna bisa menggunakan efek dan filter supaya panggilan video menjadi lebih menyenangkan.

 

Baca juga : aplikasi edit foto + video terbaik.

 

Messenger

11+ Aplikasi Video Call Terbaik Smartphone + PC [Lengkap] 4

Mungkin Anda masih belum tau, messenger ini merupakan aplikasi pesan dan telepon video yang dikembangkan oleh facebook. Lakukan panggilan video secara gratis hingga maksimal 8 orang dengan audio berkualitas tinggi.

Selain itu, pada aplikasi ini juga terdapat fitur filter wajah untuk membuat kegiatan video call semakin lebih menarik. Hingga sekarang, aplikasi messenger sudah digunakan lebih dari 1 juta pengguna.

 

Google Duo

Aplikasi video call lebih dari 10 orang

Sama seperti Google meet, google duo juga merupakan aplikasi video call yang dikembangkan oleh perusahaan google. Berbekal aplikasi satu ini, Anda bisa video call hingga maksimal dua belas orang.

Aplikasi yang terlihat sederhana namun berkualitas tinggi. Tak heran, satu juta orang memilih aplikasi google duo untuk bertemu orang melalui panggilan video. Dengan interface simple, membuat google duo sangat cocok digunakan oleh pemula.

 

Baca juga : aplikasi baca berita 

 

Hangouts

11+ Aplikasi Video Call Terbaik Smartphone + PC [Lengkap] 5

Bukan cuma Google meet dan google duo, google juga memiliki aplikasi lainnya untuk video call yang tidak kalah menarik. Salah satu yang unik dari aplikasi ini adalah jika Anda memvideo call orang lain menggunakan smartphone, maka orang tersebut tetap bisa menjawabnya walau menggunakan perangkat lain.

Soal kualitas gambar, insyaallah sudah bagus dan bisa bersaing dengan yang lainnya. Sampai saat ini, hangouts telah diunduh lebih dari 1 juta kali melalui google play store.

 

WeChat

Aplikasi panggilan video WeChat

Salah satu aplikasi chatting paling populer ini juga memiliki fitur panggilan video dengan kualitas yang tak kalah mumpuni. Anda bisa melakukan video call tidak hanya dua orang saja, tetapi bisa maksimal 9 orang.

Aplikasi yang berasal dari Negeri Tirai Bambu ini sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna dari google play store. Yang pasti, tidak ada biaya tambahan dalam menggunakan aplikasi ini cukup mengurangi kuota internet saja.

 

Baca juga : aplikasi kompres video.

 

Facetime

11+ Aplikasi Video Call Terbaik Smartphone + PC [Lengkap] 6
Gambar via Apple.com

Facetime merupakan aplikasi yang dapat digunakan di semua produk Apple seperti iPhone, iPand, dan Pod Touch. Dengan aplikasi ini, seseorang bisa mengadakan rapat virtual hingga mencapai 32 orang.

Anda bisa berkomunikasi secara dua orang dengan orang lain melalui video call. Anda bisa menggunakan dua kamera sekaligus, baik itu kamera depan maupun belakang. Aplikasi FaceTime bisa didownload langsung di app store.

 

Meetime

Meetime merupakan aplikasi video call yang ditujukan khusus pengguna ponsel Huawei. Meski tergolong baru, namun aplikasi ini dianggap memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan aplikasi sejenis lainnya.

Aplikasi meetime bisa digunakan secara gratis dan diklaim menghasilkan kualitas video call yang sangat bagus. Didukung dengan resolusi tinggi mencapai 1080p dengan audio yang sangat jernih. Walau di ruang minim cahaya, sama sekali tidak mengurangi kualitasnya.

 

Instagram

Fitur video call di Instagram memang masih tergolong baru. Akan tetapi, tetap menarik karena bisa dilakukan hingga 50 orang dengan catatan Anda juga memiliki aplikasi facebook messenger.

Untuk bisa video call, Anda cukup mengakses halaman direct message lalu tekan tombol panggilan video dan mulai menghubungi orang tersebut. Sangat mudah dan simpel bukan?

 

Rekomendasi lainnya : Aplikasi download instagram stories.

 

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi video call terbaik untuk berbagai perangkat. Silakan pilih sesuai kebutuhan karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Tinggalkan komentar