Link Banner

7+ Aplikasi Meeting Online Gratis dan Terbaik 2020

Melakukan rapat tidak hanya bisa dilakukan secara offline, tetapi juga bisa secara online. Apalagi di tengah pandemi Covid 19 seperti saat ini, membuat kegiatan rapat virtual terus meningkat karena perusahaan menerapkan sistem bekerja work from home.

Aktivitas ini bisa dilakukan di mana saja, termasuk di dalam rumah. Meski saat ini kita telah memasuki fase new normal, nyatanya sebagian perusahaan masih menerapkan kerja dari rumah yang mana meeting dilakukan secara virtual.

 

Rekomendasi Aplikasi Meeting Online Gratis + Terbaik

Untuk bisa melakukan meeting secara daring, Anda membutuhkan aplikasi khusus yang bisa diakses melalui smartphone ataupun komputer yang Anda miliki. Aplikasi bisa digunakan secara gratis, namun apabila Anda ingin merasakan fitur yang lebih lengkap wajib membeli fitur premiumnya.

Langsung saja, berikut ini Firdaus Artikel rekomendasikan beberapa aplikasi meeting online yang aman dan banyak digunakan oleh berbagai pihak :

 

Zoom

 

Aplikasi zoom dapat digunakan pada komputer maupun smartphone Anda. Di masa pandemi, aplikasi yang satu ini memiliki jumlah pengguna yang meningkat dibandingkan sebelum adanya pandemi. Bahkan, Presiden Joko Widodo dan jajaran menterinya dikabarkan juga memakai aplikasi serupa dalam melakukan rapat virtual.

Data hingga 26 Maret 2020 menunjukkan bahwa aplikasi satu ini telah diunduh lebih dari 26 juta pengguna. Dan hingga sekarang jumlahnya semakin meningkat saja bahkan melebihi 200 juta pemakai di seluruh dunia.

Berbekal aplikasi ini, Anda bisa melakukan rapat daring hingga 100 orang banyaknya. Dengan kualitas layar video terbaik dan berbagai fitur pendukung yang sangat lengkap.

 

Google Meet

Selain zoom, google meet juga merupakan aplikasi virtual meeting yang banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia. Aplikasi google meet diklaim memiliki jumlah pengguna yang bertambah sebanyak 3 juta orang setiap harinya.

Bahkan saat ini hingga 30 September 2020, pengguna bisa memakai layanan premium secara gratis. Proses mengikuti rapatnya dianggap lebih mudah, sebab Anda hanya cukup login menggunakan akun google saja, tidak perlu mendaftar akun baru.

Anda bisa melakukan rapat online bersama 250 orang lainnya. Semakin mudah karena aplikasi milik google ini terintergrasi dengan google calendar sehingga mempermudah penjadwalan rapat. Anda bisa menggunakannya via smartphone, laptop, maupun komputer.

 

Google Duo

Aplikasi google duo

Selain google meet, perusahaan google juga memiliki aplikasi meeting online gratis bernama Google Duo. Aplikasi ini juga memiliki fungsi lainnya yaitu melakukan video call.

Dengan google duo, Anda bisa melakukan rapat online dalam jumlah kecil 12 orang. Jadi, lebih cocok digunakan untuk kegiatan rapat yang bersifat internal semisal rapat antar pimpinan.

Selain itu, aplikasi google duo juga memiliki fitur pendukung lainnya antara lain yaitu kirim pesan video dan suara, foto, dan juga catatan ke dalam grup. Dengan kualitas tinggi, google duo bisa digunakan pada ponsel, tablet, maupun komputer Anda.

 

Baca juga : aplikasi belajar online.

 

Skype

Aplikasi Skype

Skype merupakan aplikasi hasil pengembangan Microsoft yang bisa Anda gunakan untuk melakukan panggilan video dan juga rapat jarak jauh. Anda bisa mengaksesnya melalui berbagai piranti seperti ponsel cerdas, tablet, laptop, hingga komputer.

Berdasarkan data dari The Verge, sepanjang bulan Maret 2020 aplikasi ini telah digunakan lebih dari 40 juta pengguna aktif setiap bulannya. Jumlahnya meningkat 70% jika dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Anda bisa melakukan rapat daring bersama 24 orang lainnya dan juga bisa diakses melalui ponsel, tablet, PC, dan Mac. Salah satu fitur Skype, yaitu meet now dapat digunakan untuk mempermudah membuat panggilan lewat peramban web tanpa harus mendaftarkan akun baru.

 

FaceTime

7+ Aplikasi Meeting Online Gratis dan Terbaik 2020 1

Cara meeting online selanjutnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi facetime. Namun, aplikasi ini hanya dikhususkan bagi Anda pengguna produk Apple (iPhone, iPad, iPod) dan sejauh yang saya tau belum ada di android.

Dengan aplikasi facetime, Anda bisa melakukan video call, video conference, maupun rapat virtual dengan 31 orang lainnya. Selain dapat digunakan untuk video call, aplikasi yang satu ini juga dapat Anda gunakan untuk melakukan panggilan telepon.

 

Baca juga : aplikasi belajar bahasa Korea.

 

Cisco Webex Meeting

Cisco Webex Meeting merupakan aplikasi meeting online yang dikembangkan oleh Sisco System Inc. Melalui aplikasi satu ini, Anda bisa mengadakan rapat secara virtual dengan banyak orang. Memiliki kurang lebih 10 juta pengguna hingga sekarang.

Selain meeting online, aplikasi Cisco Webex juga bisa Anda gunakan untuk mengirim pesan, file, dan juga media. Anda bisa rapat dengan 99 orang lainnya menggunakan aplikasi yang satu ini.

Tak perlu khawatir soal keamanan, sebab Cisco Webex Meeting memiliki sistem enkripsi yang dapat menjaga kerahasiaan percakapan dan data-data di dalamnya. Keunggulan lainnya, tidak ada limit durasi alias Anda bisa memakainya tanpa batas. Tak hanya itu saja, Anda bisa menggunakannya di berbagai perangkat.

 

Whatsapp

7+ Aplikasi Meeting Online Gratis dan Terbaik 2020 2

WhatsApp memang merupakan aplikasi yang memiliki fungsi utama untuk mengirim pesan, akan tetapi Anda juga bisa menggunakannya untuk hal-hal lainnya seperti video call ataupun rapat virtual dengan 7 orang. Milyaran orang di seluruh dunia telah memakai aplikasi yang satu ini.

Bukan hanya di Android saja, melainkan juga bisa dilakukan di laptop dan juga komputer. Karena hanya dibatasi delapan orang saja, membuat WhatsApp tidak cocok digunakan untuk kegiatan rapat untuk perusahaan besar.

 

Baca juga : aplikasi download status whatsapp.

 

Slack

7+ Aplikasi Meeting Online Gratis dan Terbaik 2020 3

Di sebagian perusahaan, aplikasi slack menjadi andalan untuk berkomunikasi antar tim. Pengguna tidak hanya bisa mengirim pesan teks maupun suara saja, tetapi juga bisa melakukan video call untuk kebutuhan rapat daring.

Hanya saja, partisipannya memang sangat terbatas. Dimana Anda hanya bisa mengadakan rapat online dengan 14 orang lain dan tidak bisa lebih. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini langsung dari google play store maupun app store.

 

Microsoft Teams

7+ Aplikasi Meeting Online Gratis dan Terbaik 2020 4

Tak hanya Skype, Microsoft juga punya Microsoft Teams yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan rapat jarak jauh dengan rekan kerja. Tersedia dua versi aplikasi, yaitu versi gratis dan versi berbayar.

Untuk versi gratis, memiliki kuota peserta meeting hingga 10000 orang. Untuk premiumnya, tentu saja bisa menampung peserta dalam jumlah yang lebih banyak.

 

Bacaan lainnya : aplikasi baca berita terbaik.

 

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi meeting online gratis dan terbaik yang dapat Anda gunakan. Silakan pilih sesuai kebutuhan dan jumlah peserta yang akan mengikuti rapat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar