5 Cara Cek Keaslian Laptop, Anda Harus Tau

Indonesia itu sama sekali tidak kekurangan orang pintar, tetapi kekurangan orang-orang jujur. Contohnya saja masalah laptop, sekarang laptop mana sih yang tidak ada barang kwnya? Hampir semua ada. Barang kw dengan kualitas yang tidak begitu bagus, seharusnya jangan sampai ke tangan konsumen.

Sekarang coba Anda ingat-ingat kembali. Dimanakah Anda membeli laptop atau kepada siapa Anda membelinya? Melakukan pengecekan keaslian laptop saat penting dilakukan supaya Anda benar-benar bisa mendapatkan laptop asli yang kualitasnya memang terjaga tidak seperti laptop kw.

 

Baca juga : cara cek RAM pada laptop.

 

Cara Cek Keaslian Laptop

mengecek keaslian laptop

Bagaimana sih caranya membedakan laptop asli dan laptop palsu? Sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan beberapa hal berikut ini :

 

Cek Harga

Sebelum membeli, Anda harus tau terlebih dahulu berapa harga laptop baru. Ceknya di situs resmi brand laptop, jangan di toko online. Sebab tidak semua laptop yang dijual di toko online adalah laptop baru, ada juga laptop bekas yang dijual.

Kalau Anda melihatnya di situs resmi brand laptop, pasti harga yang ditampilkan adalah harga terbaru.

Tidak semua brand menjual laptopnya di toko online. Kalau Anda ingin mengecek harga notebook yang saya gunakan saat ini, teclast F7S bisa mengeceknya di Lazada dengan nama toko “Teclast Official Store”. Brand Teclast memang bekerjasama dengan beberapa toko online dalam melakukan penjualan laptop, termasuk salah satunya adalah lazada.

Jika Anda membeli laptop harganya dibawah harga aslinya, kemungkinan hanya ada dua. Laptop itu bekas atau laptop itu KW.

 

Cek Segel

Cara cek keaslian laptop selanjutnya adalah dengan memeriksa bagian segelnya. Biasanya segel berada di bagian bawah laptop.

Laptop asli dan baru segelnya pasti terpasang dengan rapi, berbeda laptop palsu yang mana segelnya tidak terpasang dengan rapi.

 

Baca juga : cara cek serial number laptop.

 

Cek Bagian Luar

Dari luar saja, sebenarnya Anda sudah dapat mengetahui apakah laptop tersebut atau hasil rakitan. Coba liat dan periksa, bila kondisinya benar-benar mulus tanpa ada cacat sedikitpun menandakan laptop tersebut benar-benar baru.

Jika ada cacat meskipun itu hanya sedikit berhati-hatilah. Karena bisa saja laptop tersebut adalah laptop rakitan atau laptop bekas yang sudah mengalami sedikit kerusakan.

 

Baca juga : cara membuat kata sandi di laptop.

 

Cek Spesifikasi Laptop

Saat Anda membeli laptop, biasanya penjual bakal memberikan brosur yang berisi spesifikasi laptop. Sebagai pembeli, jangan gampang percaya dengan yang ada di brosur itu. Cek terlebih dahulu spesifikasi laptopnya dengan cara berikut ini.

Karena bisa saja brosur yang diberikan tidak sesuai dengan apa yang ada di dalam laptop tersebut. Bukan tidak mungkin spesifikasi yang ada di browser sengaja dibuat gahar sehingga lebih menarik perhatian.

 

Cek Garansi Laptop

Masa garansi juga bisa menjadi penanda keaslian laptop. Perlu untuk Anda ketahui, umumnya brand laptop memberikan masa berlaku garansi selama 1 hingga 2 tahun saja.

Apabila toko atau penjual menyatakan masa garansinya di bawah 1 tahun atau lebih dari 2 tahun maka jangan beli laptop tersebut. Garansinya tidak masuk akal, bisa saja laptop yang dijual adalah laptop kw.

Mengecek masa garansi bisa melalui kartu garansi atau bisa dengan cara lainnya. Silakan baca artikel tentang ‘Cara Cek Garansi Laptop‘ yang sudah saya buat sebelumnya.

 

Baca juga : cara screenshot di laptop.

 

Jadi, itulah beberapa cara cek keaslian laptop. Selalu beli laptop atau barang yang original agar mendapatkan produk dan service yang benar-benar berkualitas dan maksimal. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar