3 Cara Cek Garansi Laptop atau Notebook dengan Mudah

Setelah Anda membeli laptop atau notebook baru, penting untuk mengetahui bagaimanakah masa garansinya. Dengan garansi ini, bisa membantu jika suatu saat laptop atau notebook Anda mengalami kerusakan sehingga bisa diganti dengan yang baru.

Tentu tidak semua kerusakan bisa seenaknya kita klaim garansi. Kalau laptop memang rusak karena kesalahan Anda sendiri maka pengajuan garansi tidak dapat dilakukan, kecuali jika kerusakannya memang bukan karena kesalahan Anda.

Dan perlu Anda ketahui juga, masa garansi setiap laptop atau notebook bisa saja berbeda. Ada yang hanya 6 bulan, 1 tahun, bahkan ada yang lebih dari 1 tahun. Karena itulah sangat penting untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu, jangan sampai ketika Anda hendak mengajukan klaim garansi justru masa berlakunya sudah habis.

 

Baca juga : cara cek spesifikasi laptop.

 

Cara Mengecek Garansi Laptop atau Notebook

3 Cara Cek Garansi Laptop atau Notebook dengan Mudah 1

Apabila Anda membeli laptop yang memiliki garansi resmi, sudah pasti bakal mendapatkan kartu garansi. Namun bagaimana jika kartu tersebut sampai hilang? Bagaimana cara memeriksa garansinya?

Tidak perlu bingung, Anda masih bisa cekg garansi dengan metode lainnya yaitu sebagai berikut :

 

Melihat Serial Number

Cara pertama untuk mengetahui masa berlaku garansi laptop adalah dengan melihat serial numbernya. Biasanya nomor serial ada di bagian bawah laptop, di kartu garansi atau di buku panduan. Jika Anda menemukan kode 2 M itu menandakan masa garansinya selama dua tahun sejak tanggal pembelian.

 

Baca juga : cara mengecek keaslian laptop.

 

Melihat Di Situs Produsen

Beberapa brand laptop menyediakan laman khusus yang bisa dipakai penggunanya untuk megecek garansi seperti ASUS, HP, acer, lenovo, msi.  Berikut cara mengeceknya :

 

Cara Cek Garansi Laptop ASUS

cek garansi laptop asus

  • Langkah pertama, silakan buka situs resmi warranty ASUS.
  • Masukkan serial number laptop ASUS Anda.
  • Beri tanda centang pada bagian ‘Saya setuju untuk memberikan nomor seri produk saya kepada ASUS untuk menanyakan masa garansi produk saya, dan juga menyetujui “Kebijakan Privasi – ASUS’.
  • Terakhir klik kirim.

 

Baca juga : cara screenshot laptop.

 

Cara Cek Garansi Laptop HP

3 Cara Cek Garansi Laptop atau Notebook dengan Mudah 2

Teruntuk Anda pemilik laptop Hewlett-Packard bisa memeriksa masa garansinya dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Buka terlebih dahulu situs Official HP Warranty Check.
  • Pilih negara tempat Anda membeli laptop HP.
  • Masukkan serial number.
  • Terakhir klik ‘check warranty’.

 

Baca juga : cara membuat password di laptop.

 

Cara Cek Garansi Laptop Acer

3 Cara Cek Garansi Laptop atau Notebook dengan Mudah 3

  • Langkah pertama, langsung saja buka situs resmi warranty PT. Acer Indonesia.
  • Selanjutnya masukkan nomor seri laptop Acer yang Anda miliki.
  • Klik ‘cek garansi’.

 

Cara Cek Garansi Laptop Lenovo

3 Cara Cek Garansi Laptop atau Notebook dengan Mudah 4

  • Periksa garansi laptop Lenovo Anda dengan cara mengklik link berikut ini.
  • Selanjutnya masukkan serial number laptop lenovo Anda.
  • Terakhir, tap tombol ‘deteksi perangkat saya’.

 

Dari Tanggal Pembelian

Cara terakhir untuk mengetahui masa garansi sebuah laptop atau notebook adalah dengan melihat tanggal pembelian. Anda dapat menemukannya pada kuitansi yang diberikan oleh pihak toko.

Secara umum, masa garansi laptop itu maksimal 2 tahun sejak tanggal pembelian. Termasuk notebook yang saya gunakan saat ini, memiliki masa garansi selama 2 tahun. Jadi jika laptop atau notebook Anda sudah berumur 3 tahun ke atas kemungkinan sudah habis garansinya.

Tapi cara ini tidak bisa Anda jadikan patokan utama karena bisa jadi laptop-laptop tertentu punya masa garansi yang sangat panjang. Agar lebih akurat, gunakan saja cara pertama atau cara kedua.

 

Baca juga : cara cek RAM laptop.

 

Demikianlah beberapa cara cek garansi laptop atau notebook yang dapat Anda lakukan. Mengingat sangat pentingnya garansi, kalau Anda belum mengetahuinya periksalah mulai sekarang agar dapat melakukan tindakan lebih jauh apabila terjadi sesuatu pada laptop.

7 pemikiran pada “3 Cara Cek Garansi Laptop atau Notebook dengan Mudah”

  1. Manfaat sekali infonya, Mas…
    Dan bener nih aku pernah kebingungan waktu laptop ACER punya anakku, belum setahun dah mati..ti..maklum anak SMP yang pakai ke sekolah jadi gitu deh, ngasal dia. Akhirnya suamiku cek garansi di web ACER..Dan syukurnya dibawa ke service resminya ternyata masih garansi..meski ada yang mesti kami bayar biayanya

  2. wah wah, ternyata gampang ya cara ceknya, kok kayaknya dulu kepikiran harus datang ke tempat service resminya baru ketauan garansinya

    makasih infonya, saya simpan dulu nih untuk keperluan nanti

  3. Wah ternyara begitu cara ngeceknya
    Inget banget dulu pas beli laptop, kayaknya baru sekitar 3 bulan terus ada masalah dengan laptopnya
    Yang ada kami langsung bawa ke service center aja. Gak pake ngecek garansi. Untung langsung dibenerin sama mereka

    Makasi infonya ya, kak
    Bermanfaat sekali

  4. Wah yang begini-ini saya beneran nggak tahu nih trims infonya kak jadi bertambah lagi ilmunya di perleptopan masalah garansinya.

  5. Wah, bermanfaat banget ini. Belakangan mulai beredar isu tentang service an yang kadang nakal mengambil beberapa part kecil dari PC atau elektronik Kita saat di service. Dengan ada nya garansi resmi dari produsen terkait tentu memberikan kepercayaan dan kenyamanan tersendiri bagi pengguna

    thanks for sharing

Tinggalkan komentar