4 Cara Daftar Vaksin Online, Tidak Perlu Berdesakan!

Sebagian orang masih belum tau bahwa pendaftaran vaksinasi bisa dilakukan secara daring. Masih cukup banyak yang melakukan pendaftaran secara offline dengan sistem mengambil nomor urut antrian.

Padahal, sistem pendaftaran seperti itu sangat beresiko terjadinya kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan. Maka dari itu, pendaftaran online bisa menjadi solusi terbaik.

Jadi, sebelum datang ke tempat atau sentra vaksinasi terlebih dahulu daftar secara daring. Setelah dapat jadwal, pada saat hari H Anda bisa langsung pergi ke sana.

Manfaat lainnya melakukan pendaftaran secara daring adalah Anda bisa mengetahui ketersediaan stok vaksin dengan lebih cepat. Tidak ada cerita sudah sampai sana, tapi malah stoknya sudah habis.

 

Cara Daftar Vaksin Online

Cukup melalui perangkat yang Anda miliki baik itu smartphone, iPhone, laptop, atau komputer dan dari rumah saja, pendaftaran online vaksin sudah bisa dilakukan.

Pendaftaran dilakukan melalui beberapa situs yang memang sudah menjadi mitra dari pemerintah. Berikut panduan selengkapnya :

 

Melalui Web PeduliLindungi

4 Cara Daftar Vaksin Online, Tidak Perlu Berdesakan! 1

Jadi, PeduliLindungi ini bukan sekadar situs untuk mendownload sertifikat vaksin saja melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan jadwal vaksinasi. Berikut ini cara daftar vaksin online melalui situs PeduliLindungi.

  • Silakan login terlebih dahulu ke akun PeduliLindungi Anda. Jika belum punya akun, silakan daftar terlebih dahulu.

4 Cara Daftar Vaksin Online, Tidak Perlu Berdesakan! 2

  • Jika sudah login, klik pada bagian pendaftaran vaksinasi.

4 Cara Daftar Vaksin Online, Tidak Perlu Berdesakan! 3

  • Isi data-data dan pastikan sesuai dengan data yang ada di Kartu Tanda Penduduk. Anda juga bisa mendaftarkan anggota keluarga atau kerabat lainnya yang tidak memiliki perangkat.

4 Cara Daftar Vaksin Online, Tidak Perlu Berdesakan! 4

  • Selanjutnya adalah proses konfirmasi.
  • Registrasi pun selesai dilakukan.

 

Melalui Vaksin Loket.com

4 Cara Daftar Vaksin Online, Tidak Perlu Berdesakan! 5

Selain lewat PeduliLindungi, daftar vaksin secara daring juga bisa dilakukan melalui situs vaksin.loket.com. Dan untuk diketahui, loket.com adalah partner resmi dari Kementerian Kesehatan dan memang ditunjuk menjadi official platform penjadwalan vaksin secara online.

Beginilah cara daftar vaksin online melalui vaksin loket.com :

  • Bukan situs resmi vaksin.loket.com
  • Pilih lokasi vaksinasi yang Anda inginkan.
  • Pilih tanggal kedatangan dan jam kedatangan
  • Isi data dengan lengkap dan pastikan sesuai dengan data di KTP
  • Pendaftaran selesai. E-Voucher akan dikirim melalui email dan WhatsApp.

 

Melalui JAKI

4 Cara Daftar Vaksin Online, Tidak Perlu Berdesakan! 6

Khusus bagi Anda warga DKI Jakarta yang ingin mendaftar vaksinasi dari rumah, bisa memanfaatkan situs JAKI milih Pemprov Jakarta. Ada syarat utama yang harus dipenuhi terlebih dahulu yaitu NIK dan nama lengkap harus sesuai di Dukcapil Jakarta.

Beginilah cara daftar vaksin online via JAKI khusus warga Jakarta :

  • Buka situs https://corona.jakarta.go.id/id/vaksinasi
  • Klik pilihan ‘daftar vaksinasi’
  • Masukkan NIK dan nama lengkap sesuai KTP.
  • Klik ‘Periksa’
  • Setelah itu status vaksinasi akan muncul dan untuk mendaftar langsung saja klik ‘Daftar Vaksinasi COVID-19’.

 

Melalui Link atau Tautan yang Diberikan Penyelenggara

Ada sebagian penyelenggara vaksinasi di daerah yang sudah mulai buka pendaftaran vaksin secara online. Mereka memberikan link atau tautan untuk diisi oleh calon penerima vaksin (biasanya adalah link google drive).

Tugas Anda hanyalah mengisi data tersebut supaya mendapatkan antrian. Lewat cara ini, Anda tidak bisa memilih jenis vaksin karena harus mengikuti yang sudah disediakan.

Namun berhati-hatilah dalam mengisi data. Pastikan link tersebut benar-benar dari penyelenggara, bukan dari oknum tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan data pribadi Anda.

Jangan pernah diklik jika link tersebut terlihat aneh. Karena bisa saja, itu adalah link phising yang bisa mencuri data-data penting Anda.

Biasakan cek terlebih dahulu sebelum mengisinya. Jangan sampai, setelah mengisi justru data pribadi Anda jadi tersebar kepada pihak yang bukan seharusnya.

 

Yuk, Ikuti Vaksinasi!

Bagi Anda yang belum vaksin sampai saat ini ayo ikuti vaksinasi yang dilaksanakan di daerah Anda. Tenang saja, semua merek vaksin yang digunakan Indonesia 100% aman karena telah melewati uji klinis dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Bukan hanya itu saja, vaksin yang tersedia juga halal berdasarkan hasil fatwa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Jadi, bagi Anda yang beragama Islam tidak perlu takut lagi untuk suntik vaksin.

Sampai saat ini, merek vaksin yang sudah tiba di Indonesia yaitu CoronaVac, Pfizer, Shinoparm, Moderna, Aztrazeneca, dan Johnson and Johnson. Masyarakat bisa mendapatkannya secara gratis tanpa dipungut biaya sepeser pun.

 

Baca juga : cara daftar merek secara online.

 

Bagaimana tidak sulit bukan? Itulah dia berbagai cara mendaftar vaksinasi online yang dapat Anda lakukan. Apabila Anda tergolong sebagai masyarakat umum, gunakan cara tersebut supaya mendapatkan suntikan tanpa harus mengantri terlebih dahulu.

Tinggalkan komentar