2+ Cara Membersihkan Layar TV LED paling Ampuh

Untuk merawat TV LED, Anda perlu tahu bagaimana cara membersihkan layar TV LED dari debu – debu baik di pinggir maupun di tengah layar.

Hal ini mungkin dianggap sepele oleh banyak orang, namun selain mengganggu, lama kelamaan debu yang ada di TV juga bisa merusak komponen di dalam TV. Kenapa bisa begitu?

Sebenarnya, debu yang ada di sekitar layar TV LED bukan hanya mengotori dan mengganggu ketika Anda sedang menonton saja.

Tetapi juga bisa membuat mesin di dalam TV menjadi semakin panas. Sebab debu tersebut akan menyumbat sirkulasi udara dan menyebabkan mesin TV menjadi pengap.

Hasilnya, muncul masalah di dalam komponen TV. Hal ini juga jadi salah satu pemicu munculnya bintik – bintik di TV LED ketika layarnya dinyalakan.

 

Cara Membersihkan Layar TV LED dengan Benar

2+ Cara Membersihkan Layar TV LED paling Ampuh 1

Jika Anda ingin punya TV LED yang awet dan tahan lama, rawatlah tv tersebut dengan benar. Salah satunya adalah dengan rutin membersihkan layar tv minimal 2 kali dalam sebulan.

Jika Anda tinggal di daerah yang panas tanpa pendingin ruangan, TV harus dibersihkan lebih sering.

 

Hal – Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Membersihkan Layar Televisi

Karena kebanyakan layar TV LED ini sangat sensitif dan ukurannya sangat tipis, Anda perlu berhati – hati ketika ingin membersihkannya.

Oleh karena itu sebelum mulai, ada baiknya Anda ketahui dulu beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membersihkan layar TV LED agar tidak menjadi rusak.

 

1. Jangan Gunakan Kain Berserat dan Permukaannya Kasar

Biasanya ketika Anda membeli TV LED, sudah ada bonus kain khusus untuk membersihkan layar TV. Kain ini bernama kain microfiber dan berbentuk seperti kanebo yang elastis namun permukaannya sangat halus.

Tetapi jika tidak ada, gunakan tisu ultrasoft saja. Jangan gunakan kain ataupun tisu lainnya selain yang berbahan ultrasoft.

 

2. Cabut Semua Kabel yang Menyambung ke TV Dahulu

Demi menghindari terjadinya korsleting pada TV, ada baiknya Anda mencabut semua kabel yang terhubung ke TV, khususnya yang berhubungan langsung dengan listrik. Jika TV Anda tersambung ke android TV box, lepaskan dulu sambungan kabelnya.

 

Baca juga : tips memilih TV LED.

 

3. Hindari Menggunakan Cairan Berbahan Kimia

Perlu Anda ketahui, ada cairan kimia yang bisa digunakan untuk membersihkan layar TV dan ada pula yang tidak boleh digunakan. Contoh yang tidak boleh digunakan adalah alkohol, amonia, aseton, atil klorida dan cairan yang sifatnya asam.

Bukan sebagai cara membersihkan layar TV LED, cairan tersebut justru menjadi perusak layar TV permanen.

Selain hal – hal yang perlu diperhatikan di atas, ada baiknya Anda juga menyiapkan kuas lukis yang antara ukuran 10 atau 12. Kuas ini akan mempermudah ketika ingin membersihkan debu di sela – sela layar tv.

 

Langkah – Langkah Cara Membersihkan Noda Hitam di TV LED

Setelah tahu apa saja hal yang harus diperhatikan ketika ingin membersihkan debu dan noda di TV, kini kita berlanjut ke tahap berikutnya yaitu cara membersihkan layar TV LED yang ada noda hitamnya. Nah, silahkan ikuti langkah – langkah di bawah ini.

  • Pertama – tama, nyalakan dulu layar TV untuk mengetahui dimana saja posisi noda hitam tersebut
  • Jika sudah ingat, matikan TV dan cabut semua kabel yang menyambung ke listrik
  • Gunakan cairan khusus pembersih layar TV LED atau layar laptop dan PC lalu semprotkan ke bagian layar yang ada noda hitam
  • Usap bagian yang sudah disemprot menggunakan kain microfiber atau tisu ultrasoft seperti yang sudah dikatakan tadi
  • Jika noda belum hilang juga, Anda mungkin harus sedikit menekan kain tersebut ke layar, tapi jangan menekan menggunakan kuku karena bisa merusak pixel layar TV LED
  • Jika noda hitam sudah hilang, usap sisa – sisa cairan pembersih ke bagian tv yang lain secara merata

Nah, sekarang untuk cara membersihkan layar TV LED yang berdebu, Anda perlu mengambil kuas nomor 10 atau 12. Kemudian ikuti langkah – langkah di bawah ini :

  • Pertama, bersihkan sela layar di sisi yang atas dahulu dengan cara menyapu bagian sela tersebut menggunakan kuas
  • Lanjutkan dengan melakukan langkah yang sama ke bagian sisi kiri dan kayar layar tv
  • Kemudian untuk sisi yang bawah, sapu debu tersebut dari arah kiri ke kanan hingga debu – debunya sampai di pojok kanan layar
  • Setelah itu, keluarkan debu yang masih menempel di sela – sela layar menggunakan kuas yang ukurannya lebih kecil
  • Jika TV LED Anda tidak ditempel ke tembok menggunakan bracket, bersihkan juga bagian belakang TV yang berdebu, khususnya di bagian sela – sela jalur udara keluar dari dalam TV

Langkah membersihkan TV LED dari debu ini sebenarnya optional alias boleh dilakukan dan tidak pun tidak apa – apa. Tapi jika Anda tinggal di daerah yang sekiranya panas dan tertutup, membersihkan debu di TV LED wajib dilakukan setidaknya sebulan sekali.

Karena kemungkinan besar debu tersebut sudah mengumpul karena hasil dari sirkulasi udara yang tidak lancar.

Dan perlu Anda ketahui, cara ini hanya bisa dilakukan untuk membersihkan noda di permukaan tv saja. Bukan cara menghilangkan bintik di TV LED yang disebabkan oleh dead pixel atau adanya bagian yang rusak di dalam layar TV.

 

Baca juga : cara factory reset smartphone. 

 

Cara Menghilangkan Goresan Pada TV LED

2+ Cara Membersihkan Layar TV LED paling Ampuh 2
Sumber gambar : JandelaTV

Sebenarnya goresan karena benda tajam yang ada di layar TV Anda tidak bisa dihilangkan seluruhnya kecuali dengan mengganti permukaan layar TV.

Tapi ada satu cara alternatif untuk menyamarkan goresan ini. Langkah – langkahnya pun tidak jauh berbeda dengan cara membersihkan layar TV LED dari noda hitam.

Perbedaanya adalah jika membersihkan noda hitam perlu menggunakan cairan pembersih, menghilangkan goresan di layar TV ini membutuhkan cairan ethanol atau dengan minyak kayu putih. Untuk lebih lengkapnya, silahkan ikuti panduan di bawah ini.

  • Pertama, tandai dahulu posisi goresan tersebut lalu matikan dan cabut semua listrik yang mengalir ke TV
  • Berikutnya teteskan cairan ethanol atau minyak kayu putih ke kain microfiber
  • Kemudian usap ke area yang tergores hingga cairan tersebut kering dan tidak meninggalkan bekas di layar TV
  • Periksa goresan lagi dengan cara menyalakan TV
  • Jika masih ada, ulangi dari langkah ke dua beberapa kali hingga tanda goresan tersebut menjadi samar dan tidak terlalu mengganggu

Jika goresan di layar kira – kira terlalu dalam hingga merusak plastik layar TV LED, ada baiknya Anda menyerahkan masalah ini ke profesional yang sudah berpengalaman. Biayanya tidak akan terlalu mahal jika tidak sampai harus mengganti plastik pengaman layar TV.

 

Baca juga : cara download video IGTV.

 

Demikianlah cara – cara membersihkan layar TV LED dari noda hitam, debu, dan dari goresan halus. Pastikan untuk selalu membersihkan layar TV Anda secara berkala agar tidak mengganggu ketika sedang menonton TV serta untuk menghindari pengeluaran tambahan untuk mengganti TV yang rusak.

Tinggalkan komentar