Kenali Beberapa Manfaat Pendaftaran Merek

  • 2 min read
  • Nov 22, 2022
Manfaat Pendaftaran Merek

Menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2016, merek diartikan sebagai tanda dari sebuah produk yang mana memiliki ciri khas baik itu berupa gambar, nama, kata, angka, huruf, corak, maupun gabungan dari seluruh kombinasi dari unsur-unsur tersebut.

Sedangkan menurut Simamora, merek adalah nama, tanda, simbol, desain, atau kombinasi dari semuanya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari seorang penjual di antara barang dan jasa dari penjual lain.

Manfaat pendaftaran merek ini sendiri sangatlah besar guna kemajuan dari kegiatan perdagangan yang dilakukan.

Apalagi, peran merek sebagai tanda pembeda dari kegiatan perdagangan bisa menjadi suatu jaminan atas mutu dan kualitas dari produk tersebut dengan berbagai jenis produk lainnya yang sejenis.

 

Berikut Beberapa Manfaat Pendaftaran Merek

 

Pendaftaran merek

Dengan kalian mendaftarkan merek dagang ini secara resmi, kalian akan memiliki hak kekayaan intelektual yang mana ini menjadi suatu pembeda dari produk kalian yang tidak hanya mencakup elemen branding tetapi juga  ekspresi, simbol, bahkan desain agar dapat dikenali.

Nah, sekarang saatnya kenali benerapa manfaat pendaftaran merek yang lainnya sesuai dengan ulasan di bawah ini ya.

 

Mendapatkan Perlindungan Hukum yang Lebih Kuat

Nah, manfaat yang paling utama dari pendaftaran sebuah merek milik pelaku usaha dagang ini adalah sebagai pembukti jika merek tersebut merupakan merek yang dimiliki.

Ini pasti akan membuat pihak lain yang memiliki produk sama tidak bisa berkutik untuk mencoba melakukan plagiasi sebab pelaku usaha yang memiliki merek sudah mendapatkan perlindungan hukum.

Dengan demikian, jika suatu saat kalian mengerti ada pelaku usaha lain yang juga mencoba untuk mendaftarkan merek dagang kalian, pastinya kalian memiliki akses untuk mengajukan sebuah gugatan.

Sebab sudah mendapatkan perlindungan hukum selama 10 tahun semenjak merek didaftarkan.

 

Memiliki Identitas Merek

Manfaat pendaftaran merek dagang selanjutnya adalah akses untuk memiliki sebuah identitas tersendiri dari usaha yang dirintis.

Hal ini juga sangat memudahkan para konsumen dalam membeli produk yang kalian jual secara asli.

Bahkan dengan ini, kalian jadi bisa lebih fokus dalam mempromosikan sebuah produk yang sudah memiliki merek tersebut secara luas.

Publikasikan hak kalian tanpa khawatir lagi jika merek atau identitas yang sudah kalian miliki akan di tiru oleh para kompetitor yang lainnya.

Kalian sudah memiliki identitas legal yang menjadi bukti bahwa bisnis yang dijalankan terbukti sangat profesional dan lebih kredibel.

 

Bisa Membuka Peluang Bisnsis Lebih Luas

Bagaimana tidak, apabila kalian sudah terjun dalam dunia bisnis, sudah pasti tidak asing lagi dengan kolaborasi antar brand bukan?

Nah, kolaborasi inilah yang menjadi suatu hal penting dan mendukung kemajuan dari sebuah bisnis yang dijalankan.

Bahkan bisa membuat kalian membuat inovasi-inovasi terbaru yang lebih maksimal.

 

Produk yang Dimiliki Pasti Akan Mudah Terjual di Masyarakat

Manfaat yang terakhir adalah berhasil mendapatkan identitas beserta branding yang jauh lebih kuat dari sebelumnya.

Tentu di mata masyarakat, brand bisa dipercaya. Sehingga akan mendorong kelancaran dari produk yang ditawarkan kepada mereka.

Produk tersebut akan jauh lebih mudah terjual dibandingkan produk yang masih baru.

Nah, demikian ulasan mengenai manfaat pendaftaran merek yang harus kalian ketahui.

 

Semoga artikel ini bisa membuat kalian lebih yakin lagi untuk segera mendaftarkan merek dagang dari produk maupun jasa yang dimiliki.

Sehingga kedepannya jadi lebih memiliki kuasa dan kebebasan, serta hak perlindungan hukum secara penuh.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *