9+ Alasan Seseorang Menggunakan Vespa, Nomor 2 Bikin Kagum!

Sejatinya Vespa dibuat untuk memfasilitasi angkatan militer pada masa perang dunia, namun setelah perang dunia berakhir hingga saat ini, Vespa telah menjadi salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan sebagai kendaraan pribadi atau hanya sebagai koleksi saja. Terdapat beberapa alasan seseorang menggunakan Vespa hingga saat ini.

Meski bukan berasal dari Indonesia melainkan dari Italia pecinta Vespa di tanah air sangat banyak jumlahnya, bahkan nomor dua setelah negara Italia.

Menurut Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia (PID) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) motor Vespa di Indonesia Marco Noto La Diega, Vespa telah meluncurkan lebih dari 18 juta motor di seluruh dunia hingga tahun 2016. Jumlah tersebut semakin bertambah dari tahun ke tahun.

 

Baca : alat-alat transportasi di Indonesia.

 

Alasan Seseorang Menggunakan Vespa Klasik Maupun Modern

Alasan menggunakan vespa
Sumber gambar : pxhere

Selain karena nilai sejarahnya, vespa memiliki ciri khas yang unik dan hanya dimiliki oleh motor buatan Piaggio ini. Tanpa perlu melihat dari dekat, pasti orang akan mengetahui bahwa anda sedang menggunakan Vespa karena bentuk dan beberapa komponennya. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa alasan Vespa masih diminati oleh banyak orang.

 

Salah Satu Motor yang Dihormati

Karena nilai sejarahnya yang begitu tinggi, Vespa menjadi motor yang sangat dihormati oleh sebagian besar pencinta kendaraan bermotor. Walaupun jika dibandingkan dengan motor-motor baru yang memiliki fitur canggih Vespa klasik memang kalah jauh, namun tampilan original dan ciri khas yang dimiliki Vespa lah yang membuat motor ini mendapatkan tempat di hati banyak orang.

Para pecinta Vespa pun tidak akan membandingkan Vespa klasik dengan Vespa modern, karena semua jenis Vespa sejatinya adalah motor yang sama, hanya berbeda karena mengikuti perkembangan jaman. Jika saja terdapat orang yang membandingkan dengan Vespa modern, pasti mereka adalah orang yang baru pertama kali menggunakan Vespa.

 

Memiliki Persaudaraan yang Kuat

Alasan seseorang menggunakan Vespa adalah salah satunya karena memiliki persaudaraan antar pengguna Vespa yang kuat. Jika anda melihat seseorang yang menggunakan Vespa sedang mogok atau mengalami kesulitan, pengendara Vespa lain yang melihatnya pasti akan membantunya.

Tidak peduli suku, agama, hingga ras, mereka akan sukarela membantu karena memiliki rasa persaudaraan yang cukup kental sesama pengguna Vespa. Dengan menggunakan Vespa pun anda akan diajarkan untuk memiliki sifat toleransi yang tinggi dan rendah hati terhadap sesama.

 

Style yang Anti Mainstream

Tanpa perlu melihat dari dekat, anda pasti sudah mengetahui bentuk Vespa karena mereka memiliki style yang cukup unik dan berbeda dibandingkan motor-motor lainnya. Bentuk dari Vespa sendiri sangat ikonik karena seperti seekor tawon yang mengecil pada bagian tengah hingga belakangnya.

Jika anda menggunakan Vespa, style anda pun akan berubah menjadi lebih klasik dan sederhana namun tetap berwibawa. Anda pun dapat memodifikasi Vespa dengan mudah karena memiliki body yang simpel dan tidak memiliki banyak komponen. Anda dapat menambahkan beberapa lampu atau terompet jika ingin touring jarak jauh sebagai komponen pengaman.

 

Harga yang Cukup Murah

Walaupun saat ini mungkin harga beberapa jenis Vespa klasik yang masih memiliki kondisi bagus sangat mahal, anda masih dapat menemukan banyak vespa klasik maupun modern dengan harga yang bagus dan kondisi yang masih bisa digunakan walaupun perlu sedikit perbaikan. Walaupun murah, Vespa tetap memiliki nilai sejarah hingga nostalgia yang cukup tinggi.

Dengan harga yang murah pun anda masih akan mendapatkan mesin yang cukup kuat dan bandel untuk digunakan di berbagai medan jalanan. Anda hanya perlu melakukan perawatan secara rutin untuk menjaga kondisi dari mesin motor Vespa.

 

Dapat Digunakan oleh Segala Kalangan

Semua kalangan dari yang sudah tua hingga masih remaja, dari seorang pejabat hingga warga biasa tetap merasa pantas menggunakan Vespa di jalanan. Hal ini lah yang membuat Vespa masih banyak diminati oleh orang-orang.

Bahkan saat ini banyak remaja yang mencari Vespa dengan umur yang tua untuk dijadikan sebagai kendaraan sehari-harinya. Dengan menggunakan Vespa tingkat percaya diri anda di jalanan menjadi semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti bentuk body nya hingga nilai sejarah dari Vespa tersebut.

 

Brand yang Sudah Mendunia

Tidak perlu diragukan kembali, Vespa telah menjadi salah satu brand yang bersejarah dan bahkan sudah mendunia sejak jaman perang dunia. Hampir semua orang di seluruh dunia pasti telah mengenal motor Vespa karena bentuknya yang ikonik dan juga sejarahnya.

Bahkan di negara asalnya Italia, motor ini dapat ditemukan dengan mudah di gang-gang sempit perkampungan. Walaupun banyak motor-motor jenis baru yang memiliki fitur lebih canggih dibandingkan dengan Vespa, motor ini tetap akan mendapatkan tempat di hati para pencintanya.

 

Nilai Nostalgia yang Tinggi

Mungkin jika orang tua anda dulunya atau hingga sekarang masih memiliki Vespa, anda pasti akan mendapatkan cerita-cerita nostalgia dari menggunakan Vespa tersebut. Dahulu ketika masa awal pertama kali diproduksi, Vespa memang menjadi salah satu motor yang paling banyak digunakan di Indonesia.

Oleh sebab itu lah banyak orang tua yang hingga saat ini memiliki Vespa yang telah digunakan dari jaman dulu. Terdapatnya nilai nostalgia yang tinggi akan mempengaruhi psikologis anda untuk tetap menjaganya. Hal ini dilakukan agar motor Vespa dapat tetap digunakan dan masih dapat diwariskan di generasi selanjutnya.

 

Kemampuan Menguasai Mesin yang Meningkat

Jika memiliki sebuah Vespa, tentunya anda dituntut untuk juga memiliki kemampuan menguasai ilmu permesinan. Hal ini untuk mengantisipasi jika di tengah perjalanan anda mengalami mogok dan tidak ada bengkel di sekitar tempat tersebut.

Vespa klasik yang memiliki umur tua tentunya rawan mogok selain karena mesin yang sudah tua, juga karena kemampuan jelajahnya yang sudah tidak sekuat jaman dulu. Hal ini secara tidak langsung akan membuat anda memiliki kemampuan menguasai mesin yang meningkat secara sendirinya

 

Perawatan yang Mudah

Perawatan motor yang cukup mudah juga menjadi alasan sebagian besar orang masih menggunakan Vespa menjadi kendaraan sehari-harinya. Tidak perlu dibawa ke dealer resmi atau ke bengkel, anda dapat melakukan perawatan secara rutin dengan sendiri dirumah saja. Biaya perawatannya pun tidak mahal jika dibandingkan dengan merawat motor sport atau motor gede.

Umumnya anda hanya perlu melakukan 3 perawatan untuk motor Vespa, seperti menggunakan bahan bakar beroktan tinggi, menggunakan oli samping yang berkualitas dan melakukan pengecekan accu secara rutin.

 

Memiliki Beragam Warna dan Model

Baik Vespa klasik maupun vespa modern memiliki berbagai macam warna dan model sesuai keinginan anda. Terlebih Vespa modern yang saat ini sudah banyak mengeluarkan model-model terbaru dengan fitur-fitur canggih di dalamnya.

Walaupun dengan tampilan yang lebih menarik, Vespa modern tetap tampil dengan warna-warna Vespa generasi sebelumnya, seperti abu-abu, merah, hingga biru muda.

 

Baca juga : model Vespa dari waktu ke waktu.

 

Lebih Nyaman

Dengan sistem suspensi yang telah dikembangkan dari generasi sebelumnya dan beberapa fitur canggih, Nilai kenyamanan yang tinggi adalah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Vespa modern. Vespa modern pun telah menggunakan sistem matic dan telah meninggalkan sistem kopling yang digunakan oleh Vespa generasi sebelumnya.

Suku Cadang yang Mudah Didapatkan
Menurut situs carmudi.co.id, suku cadang Vespa baik yang original maupun yang repro (KW) masih dapat ditemukan dengan mudah di daerah Bandung. Hal ini karena pengguna dari Vespa klasik hingga Vespa modern saat ini semakin bertambah yang membuat permintaan produksi suku cadangnya pun semakin meningkat.

 

Banyak alasan seseorang menggunakan Vespa selain 12 alasan yang telah dijelaskan diatas. Vespa walaupun memiliki umur yang sudah sangat tua, bahkan mungkin lebih tua daripada umur anda, akan tetap menjadi pilihan pecinta motor atau barang antik karena ikonik dan memiliki nilai nostalgia yang kuat.

Tinggalkan komentar