5+ Cara Memilih Web Hosting Andal, Terbaik, dan Berkualitas

Jika anda ingin membuat website berkualitas, maka web hosting andal sangat dibutuhkan. Bukannya tanpa alasan, sebab kualitas sebuah hosting sangat berperan dalam menentukan kualitas sebuah situs. Apabila hosting bagus, maka website juga akan bagus dan selalu bisa diakses.

Begitupun sebaliknya, bilamana kualitas hosting buruk maka website jadi buruk dan tidak pernah bisa diakses. Jangan sampai hal ini terjadi, jika tidak ingin pengunjung website anda merasa kecewa dengan apa yang mereka dapatkan.

Bayangkan saja, jika anda memiliki website toko online dan calon pembeli anda membuka website dan tiba-tiba saja tidak diakses. Hal seperti ini membuat anda kehilangan pembeli hanya karena masalah pada sebuah website. Itu hanya salah satu masalah yang bakal menimpa anda jika salah dalam memilih layanan hosting.

Perlu untuk anda ketahui, dalam membuat sebuah website ada dua hal yang kita perlukan, yaitu domain dan hosting. Domain adalah alamat situs yang biasanya tertera di address bar, firdausartikel.com merupakan salah satu contoh alamat domain. Sementara itu, hosting merupakan tempat penyimpanan data/file yang dibutuhkan oleh website.

Hosting terdiri atas beberapa jenis, yaitu shared hosting, cloud hosting, wordpress hosting, dedicated hosting, dan VPS hosting. Masing-masing memiliki spesifikasi yang berbeda-beda yang bisa dijadikan pertimbangan dalam menyewa layanan hosting. Terkait hal ini, anda bisa mengeceknya di website resmi penyedia layanan hosting.

 

Cara Memilih Web Hosting yang Andal

Di internet, mungkin anda menemukan banyak sekali provider yang menawarkan layanan hosting dengan harga bervariasi. Dari yang murah hingga yang mahal. Apakah semuanya bagus? Jawabannya belum tentu.

Banyak hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum memilih hosting terbaik untuk website anda. Jangan sampai website anda nantinya tidak bisa diakses atau mudah dibobol oleh tangan-tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Hosting ibarat sebuah rumah dan anda harus memilih rumah terbaik yang bisa melindungi benda-benda yang ada di dalamnya.

Baca juga :  3 Cara Download Video Instastory [Tanpa Aplikasi]

Apa saja tips dan cara memilih web hosting yang handal untuk website anda? Temukan jawabannya pada artikel berikut ini :

 

Sesuaikan Kebutuhan

Penyedia hosting menyediakan berbagai paket hosting yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kebutuhan hosting untuk toko online tentu berbeda dengan hosting untuk website portal berita. Jangan sampai kapasitas penyimpanannya justru tidak sebanding dengan konten yang nantinya akan anda isi.

Jika website anda akan diisi banyak sekali video, gambar, dan animasi saya sarankan untuk menyewa hosting berkapasitas besar. Sementara, untuk website yang hanya berisi artikel-artikel singkat, menyewa hosting berkapasitas kecil bukan menjadi suatu masalah.

 

Kualitas Server Terbaik

Tips memilih hosting berdasarkan kualitas server

Hal yang tidak bisa dilupakan begitu saja ketika memilih sebuah web hosting adalah mengetahui bagaimana kualitas servernya. Ini sangat menentukan bagaimana performa website kedepannya, apakah bisa diakses atau malah justru tidak bisa dikunjungi sama sekali.

Banyak parameter yang menentukan kualitas suatu server, salah satunya adalah lokasi server itu sendiri. Jika anda menargetkan pengunjung dari negara Indonesia, maka cukup memilih penyedia web hosting dengan lokasi server di Indonesia.

Bukan hanya lokasi server saja, ada banyak hal lainny yang harus dipertimbangkan untuk menentukan kualitas suatu server hosting. Pertimbangkan beberapa spesifikasi server yang mencakup teknologi server, kecepatan prosesor, hardisk, kapasitas RAM, network speed, dan juga uptime.

 

Dukungan Penuh 24 Jam.

5+ Cara Memilih Web Hosting Andal, Terbaik, dan Berkualitas 1

Selain kedua hal tersebut, cara memilih web hosting berkualitas adalah memastikan perusahaan hosting memiliki customer service yang handal, tanggap, dan juga cepat. Hal ini bisa membantu anda apabila suatu saat website mengalami gangguan ataupun masalah.

Anda wajib memilih penyedia web hosting dengan customer service lebih dari satu sehingga lebih berpeluang melayani pelanggannya selama 24 jam. Selain itu, sikap customer service harus ramah dan baik terhadap para pelanggan. Menurut saya, paling tidak perusahaan hosting wajib menerima komunikasi melalui live chat, tiket, dan juga panggilan telepon atau whatsapp.

Baca juga :  Pengiriman Uang Mudah dan Cepat Tanpa Ribet, Bagaimana Caranya?

 

Pertimbangkan Harganya

Harga hosting murah memang sangat menggoda, akan tetapi memilih harga murah belum cukup karena belum tentu sebanding dengan kualitas yang akan anda dapatkan. Pastikan harga sebanding dengan kualitas yang diperoleh.

Jangan tergoda dengan harga murah, tetapi pada akhirnya website sering mengalami gangguan dan tidak bisa diakses. Jangan sampai anda memilih hosting murah tetapi kualitas server dan pelayanannya sangat buruk. Berhati-hatilah.

Selain harga awal, harga perpanjangan sering kali tidak dipertimbangkan oleh calon penyewa hosting. Padahal jika anda bisa memilih penyedia host yang menawarkan renewal dengan harga tidak jauh berbeda dengan harga awal, maka bisa menghemat sedikit pengeluaran. Tetapi kembali lagi, jangan melupakan bagaimana kualitas layanan yang ditawarkan.

 

Adanya Fitur-Fitur Tambahan

Anda juga perlu memilih web hosting terbaik Indonesia yang memiliki tidak hanya fitur standar saja, tetapi juga punya fitur tambahan yang bisa mendukung peningkatan kualitas website anda. Salah satu fitur tambahan yang sebaiknya ada yaitu fitur yang berhubungan dengan keamanan.

Beberapa contohnya yaitu imunify360, SpamAssassin Protection, serta SpamExperts. Ketiga fitur tersebut berguna untuk menangkal malware berbahaya dan juga spam dengan lebih mudah dan cepat.

 

Apakah Memiliki Fitur atau Layanan Backup?

5+ Cara Memilih Web Hosting Andal, Terbaik, dan Berkualitas 2

Memilih penyedia hosting yang memiliki fitur atau layanan backup merupakan salah satu cara memilih web hosting yang dapat anda lakukan. Fitur ini begitu penting karena bisa mengembalikan data website anda seperti semula jika suatu saat terkena masalah.

Biasanya, proses backup bisa dilakukan sendiri melalui panel kontrol ataupun bantuan dari technical support. Apapun caranya, pastikan host web menyediakan backup penuh secara teratur, misal setiap 3 hari sekali, seminggu sekali, ataupun sebulan sekali.

 

Garansi Uang Kembali

Jika anda menemukan penyedia host yang menerima garansi uang kembali, maka itu merupakan suatu hal yang bagus. Ini menandakan penyedia tersebut benar-benar ingin memberikan yang terbaik kepada anda sebagai pelanggan. Kepuasaan pelanggan tentu saja harus jadi yang nomor satu.

Baca juga :  5+ Cara Download Video Facebook di Android dengan Mudah

Memang, kini hampir semua penyedia hosting punya kebijakan seperti ini. Namun anda juga harus pandai memilih dan memastikan syarat dan ketentuannya tidak ribet serta menyesatkan. Pastikan anda mengetahui berapa nominal refund yang didapatkan, sistem refund, dan berapa lama uang refund tersebut sampai ke rekening anda.

Jika ketiga hal tersebut tidak dijelaskan, maka berhati-hatilah! Bukan tidak mungkin penyedia hosting tersebut sedang melakukan penipuan.

 

Review dan Ulasan dari Pelanggan Lain

Mengetahui review dan ulasan hosting juga menjadi tips penting bagi anda para pemula dalam memilih web hosting yang handal dan berkualitas. Review dan ulasan bisa anda temukan di berbagai tempat seperti akun fans page penyedia hosting, google maps, hingga forum-forum.

Ingat, jangan hanya bertanya ke satu atau dua orang saja karena masing-masing dari orang tersebut punya pendapat yang berbeda-beda. Ingat, tidak semua review hosting yang beterbaran di internet adalah review yang jujur. Saat ini, sangat mudah sekali untuk menjatuhkan bisnis orang lain dengan cara memberikan rating yang buruk.

Sebaiknya anda hanya membaca review dan ulasan dari website atau forum yang benar-benar terpercaya. Ketahui pengalaman mereka dalam menggunakan hosting tersebut, apakah sering down? Ataukah tidak pernah sama sekali? Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan hosting yang dimaksud berdasarkan pengalaman yang telah mereka dapatkan.

 

Kesimpulan

Memang tidak ada penyedia hosting yang sempurna. Masing-masing pasti memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Akan tetapi, jika anda mempertimbangkan kedelapan hal di atas paling tidak anda bisa mendapatkan hosting berkualitas sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Demikian pembahasan mengenai tips dan cara memilih hosting yang andal, berkualitas, dan terpercaya. Semoga beberapa kriteria di atas bisa jadi referensi terbaik bagi anda yang kini sedang mencari layanan hosting untuk kebutuhan website. Sekian dan terima kasih.

30 pemikiran pada “5+ Cara Memilih Web Hosting Andal, Terbaik, dan Berkualitas”

  1. Urusan hosting, dulu bolak-balik nanya sama banyak blogger. Cukup pusing juga nentuin mau beli di mana. Maklum, anaknya ogah ribet. Maunya yang tinggal pakai.

  2. Setuju banget Kak sama tulisannya. Soal harga bisa jadi pertimbangan kedua, asalkan layanan dan kualitas dari hostingnya sesuai dan bagus. Aku ngerasain banget, langganan hosting di tempat yang costumer service nya baik, komunikasi lancar dan kalau ada problem ditangani dengan baik. Alhasil, perpanjang terus deh. Aku juga selalu saranin teman-teman buat detail banget dalam memilih web hosting, biar ga menyesal nantinya.

  3. Sedikit cerita pengalaman pribadi nih, dulu saya pernah pindah hosting gara-gara penyedia hosting yang pertama dikabarkan akan bangkrut, sudah ada tanda-tandanya sih dengan respon yang lama dan susah untuk upgrade. Akhirnya pindah lah saya ke hosting yang baru, dan mau tidak mau harus bayar lebih dan sedikit menurunkan performa blog. Coba aja saya nemu tulisan ini, saya mungkin tidak salah memilih hosting. Btwe, terima kasih sudah berbagi tips nya ya…

  4. Ternyata memilih hosting nggak boleh asal ya, dampaknya bisa sampai mana-mana. Btw, mau dong dijelasin jenis-jenis hosting; shared hosting, cloud hosting, wordpress hosting, dedicated hosting, dan VPS hosting, pengen tahu perbedaanya deh.. makasih.

  5. Postingannya pas banget ini, 50 hari lagi saya mau memperpanjang hosting tapi berniat pindah karen harganya ga kuku saya. Pelayanannya sih ok banget, ga pernah down, CS nya 24 jam standby, ibarat mau nanya jam 2 pagi juga on mereka. Cuma piki-piki lagi buat nyari yg kantong-able tapi pelayanan sama memuaskan

  6. jujur aja ya saya gak terlalu paham tentang hosting, pas bikin blog juga minta bantuan teman. Tapi paling tidak setelah baca postingan ini saya jadi tahu apa itu hosting dan saya enggak terlalu buta lah tentang istilah-istilah yang awalnya saya malas sekali mempelajarinya, thanks ya

  7. Sampai saat ini, saya masih pakai hosting gratisan. Tapi semakin laam ngeblog, pastinya saya sangat perlu sewa hosting juga, ya. Karena pastinya beda antara hosting gratisan dan hosting berbayar. Kalau hostingnya sewa juga, ini bisa jadi salah satu alasan, agar saya semakin bersamangat ngeblog.

  8. Betul banget. Karena saya pernah pakau hosting yang memang hanya cari murah, nyatanya itu bikin jengkel dan enek. Dalam sebulan aja itu servernya suka mati sampai berkali-kali. Pernah hampir 3 minggu itu server mati dg alasan ada kejadian tak terduga yg menyebabkan instalasi kabel-kabelnya rusak.

    Kan jengkel banget saya sampai segitu lamanya.

    Jadi, kalau mau pakai hosting kudu bener-bener detail dan teliti milihnya. Pilih yang sudah terpercaya aja deh.

  9. Selama ini ku tidak memperhatikan mengenai web hosting nih. Biasanya beli domain sama teman sesama blogger dan semua diurusnya. Padahal bagus banget untuk mengetahuinya yah apalagi pernah pembaca bilang blog ku susah dibuka. Penyedia yang menyediakan fitur backup ini membantu yah saat data kita hilang?

  10. Tips2 kayak gini penting banget sbg pengurus website. Respon yg baik jadi kriteria utama pemilihan sewa hosting ini. Ga bakal betah kalau bentar2 down dan responnya lama banget.

  11. Thanks ya referensinya … Kalau saya pilih jasa ini lebih mengandalkan soal kepercayaan. Jadi pilih yang kita tahu betul pekerjanya amanah, fast respon gitu deh. Kalau soal fasilitas kurang lebih sama aja

  12. ingin hati sih memang mengganti dan migrasi ke wp dengan menggunakan hosting, tapi masi nyari-nyari referensi yg pas untuk dapetin web hosting yg terpercaya

  13. Dalam memilih hosting memang butuh banyak pertimbangan. Ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing ya…
    Kalau saya, hal pertama yang saya lihat yaitu harganya, baru menyusul yang lain wkwkwk (maklum emakirit)

  14. Untuk calon pemula kayak aku kayakya layanan service 24 jam dan harga jadi pertimbangan awal ya. Soalnya gak mau yang ribetdan mahal soalnya baru mau migrasi nih.

  15. Hosting memang salah satu komponen penting bagi suatu website, biar pengunjung betah dan tidak ada gangguan yang tidak perlu tips tips di atas wajib banget buat diterapin. Apalagi soal harga tuh, jangan sampai tergiur harga miring tapi bikin kepala pusing

  16. Impian aku nih punya hosting pribadi mas wkwkw
    selama ini masih belum, karena mikirin kebutuhannya
    dan disesuaikan dengan dana eaaa maklum emak rumah tangga

  17. Sip nih, makasih rekomendasinya, saya paling suka sama layanan yang 24 jam, jadinya kapan saja mau komplen atau nanya ready jawabannya yah.

  18. Paling penting yg jangan sampai kelewat adalah kl lagi bermasalah, daripada nggak bisa diakses hihi dan betul liat review jujur dari pengguna jadi nggak zonk milih hostingnya

  19. Ternyata banyak juga ya pertimbangannya untuk memilih web hosting. Saya baru faham. Makasih sharingnya Mas Firdaus. Sehat selalu.

  20. Nggak bisa asal pilih hosting ya, Kak. Apalagi soal harga, kalau diawal murah tapi dibelakangnya malah mhal kan jadi kayak gimana gitu. Saya sendiri pengguna Blogspot jadi hosting masih gratis.

  21. Kalau urusan web hosting saya langganan dengan penyedia yang berkantorkan di Kuningan, Jakarta Selatan.
    Sudah terbukti memuaskan pelayanan nya dari jaman awal mulai ngeblog.

Tinggalkan komentar