3 Cara Menghemat Kuota Tiktok Terampuh

Meski tergolong baru, tiktok telah menjadi salah satu aplikasi video terpopuler saat ini. Dengan video tiktok, seseorang bisa menjadi viral bahkan sampai diundang stasiun televisi swasta.

Namun sayangnya terlalu sering menggunakan tiktok membuat kuota internet cepat terkuras habis. Salah satu penyebabnya adalah adanya autoplay yang membuat video tiktok selalu terputar secara otomatis.

 

Cara Menghemat Kuota Tiktok

3 Cara Menghemat Kuota Tiktok Terampuh 1

Teruntuk Anda yang sering menggunakan aplikasi Tiktok namun tidak ingin boros kuota, bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

 

Aktifkan Fitur Penghemat Data

Sama halnya seperti instagram, aplikasi tiktok juga memiliki fitur penghemat data. Berbekal fitur ini, Anda bisa meminimalir penggunaan kuota saat menggunakan tiktok. Untuk cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut :

  • Klik ikon profil yang ada di pojok kanan lalu tap menu “privacy dan settings”.
  • Kemudian klik “data saver”.

3 Cara Menghemat Kuota Tiktok Terampuh 2

  • Pastikan data saver dalam posisi on. Apabila belum on, silakan diaktifkan terlebih dahulu.

3 Cara Menghemat Kuota Tiktok Terampuh 3

 

Baca juga : cara menghemat kuota youtube.

 

Aktifkan Manajemen Waktu

Selain dengan mengaktifkan data saver, cara menghemat kuota tiktok lainnya bisa dengan cara mengaktifkan screen management. Dengan fitur ini, Anda bisa mengontrol durasi pemakaian tiktok.

Sebab jika tidak dikontrol dikhawatirkan kita bisa jadi candu dan akhirkan main tiktok dalam waktu yang sangat lama. Bagaimana cara mengaktifkannya?

  • Pertama-tama silakan buka terlebih dahulu menu “pengaturan dan privasi”.
  • Selanjutnya, pada konten dan aktivitas pilih “kesejahteraan digital”

3 Cara Menghemat Kuota Tiktok Terampuh 4

  • Langkah berikutnya, klik pada bagian “manajemen waktu layar”.

3 Cara Menghemat Kuota Tiktok Terampuh 5

  • Atur batas waktu penggunaan tiktok sesuai kebutuhan. Lalu klik “aktifkan manajemen waktu layar.

3 Cara Menghemat Kuota Tiktok Terampuh 6

Buat sandi untuk mengaktifkan secara penuh mode manajemen waktu layar. Selain itu, sandi ini juga digunakan ketika Anda ingin menonaktifkan mode ini di masa mendatang.

 

Baca juga : cara menghemat kuota facebook.

 

Gunakan Tiktok Lewat Browser

Selain dapat dibuka melalui aplikasi, sebenarnya tiktok juga bisa Anda buka melalui website tiktok.com/login. Hanya saja, fitur-fitur yang ditampilkan memang sangat terbatas dan Anda hanya bisa menonton video saja.

Justru itulah yang membuat penggunaannya lebih minim kuota. Jadi, kalau Anda sedang hanya ingin nonton video saja cukup buka tiktok melalui browser seperti Opera mini atau google chrome.

 

Baca juga : cara menghemat kuota whatsapp.

 

Itulah ketiga cara menghemat kuota tiktok yang dapat Anda terapkan. Jika Anda mau yang lebih hemat lagi, coba gunakan koneksi WiFi sehingga sama sekali tidak mengurangi kuota internet Anda.

Tinggalkan komentar