4 Cara Menghemat Kuota Facebook Terefektif

Sebagai jejaring sosial media yang sangat populer, tentu banyak orang yang menggunakannya. Tak terkecuali masyarakat Indonesia, dari remaja hingga orang dewasa.

Menurut data yang diliris langsung oleh Facebook, ada sekitar 2,7 miliar pengguna yang mengakses facebook setiap minggunya. Itu jumlah selama kuartal 2 tahun 2020 dan berpotensi terus bertambah pada tahun ini.

Dibalik kepopulerannya, mungkin banyak yang belum menyadari bahwa aktivitas facebookan yang selama ini Anda lakukan ternyata menghabiskan cukup banyak kuota. Terutama bagi Anda yang mengakses facebook untuk live streaming atau nonton video.

 

Cara Menghemat Kuota Facebook

4 Cara Menghemat Kuota Facebook Terefektif 1

Tapi tenang saja, sama halnya seperti youtube Anda juga bisa menghemat pengguna kuota internet saat memakai sosial media yang satu ini. Bagaimana caranya? Mari simak beberapa tips berikut ini :

 

Gunakan Facebook Lite

4 Cara Menghemat Kuota Facebook Terefektif 2

Daripada pakai aplikasi facebook yang berat dan boros kuota, lebih baik gunakan facebook lite yang ukurannya lebih ringan dan lebih hemat kuota. Aplikasi ini memang dikhususkan untuk pengguna yang tidak ingin menghabiskan banyak data setelah menggunakan Facebook.

Facebook lite bisa terhubung dengan sangat baik di semua jaringan, bahkan untuk jaringan 2G sekalipun. Tak hanya itu saja, loadingnya juga sangat cepat dan bisa Anda install di berbagai jenis Android baik lama maupun baru.

Anda bisa mendownload aplikasi Facebook Lite langsung melalui google play store.

 

Aktifkan Fitur Penghemat Data

Facebook juga memiliki fitur penghemat data yang membuat Anda bisa menggunakan Facebook tanpa menghabiskan banyak kuota. Dengan mengaktifkan data saver, membuat ukuran foto jadi lebih kecil dan fitur auto play jadi nonaktif.

Langsung saja berikut ini cara mengaktifkan fitur data saver pada aplikasi facebook android :

  • Setelah login, silakan tap garis tiga yang ada di pojok kanan atas.
  • Selanjutnya, pilih ‘data saver’.
  • Aktifkan pada pilihan ‘data saver on’.

 

Baca juga : cara menghemat data whatsapp.

 

Matikan Fitur Autoplay

4 Cara Menghemat Kuota Facebook Terefektif 3

Adanya fitur Autoplay membuat proses pemutaran video berlangsung secara otomatis. Terkadang, sebenarnya kita tidak ingin menonton video tersebut, tetapi video itu terus saja berputar karena aktifnya fitur Autoplay.

Nah, apabila Anda mematikan fitur tersebut membuat video tidak berputar secara otomatis. Ya kalau tidak Anda klik tombol play, maka video tidak akan berjalan.

Dengan begitu tidak banyak kuota internet yang terbuang percuma. Langsung saja, berikut ini cara menonaktifkan fitur autoplay video dari aplikasi facebook android :

  • Ketuk tanda garis tiga yang ada di pojok kanan atas.
  • Pilih ‘pengaturan dan privasi’ lalu pilih ‘pengaturan’.
  • Selanjutnya pilih ‘media dan kontak’ kemudian pilih ‘putar otomatis’.
  • Terakhir silakan pilih ‘jangan pernah putar video otomatis’ untuk mematikannya. Selain itu ada juga bisa menonaktifkan hanya ketika terhubung dengan WiFi saja atau ketika hanya terhubung dengan data seluler.

Sementara itu, jika Anda pengguna iPhone berikut ini langkah-langkah mematikan autoplay video facebook di iphone :

  • Ketuk tanda garis tiga yang berada di kanan bawah facebook.
  • Langkah berikutnya, pilih ‘pengaturan dan privasi’ kemudian pilih ‘pengaturan’.
  • Scroll dan temukan media dan kontak lalu pilih ‘video dan foto’.
  • Ketuk putar otomatis dan terakhir pilih ‘jangan pernah putar video otomatis’.

 

Baca juga : cara download video facebook.

 

Gunakan Mode Gratis

4 Cara Menghemat Kuota Facebook Terefektif 4

Cara menghemat kuota facebook selanjutnya adalah dengan mengaktifkan mode gratis. Namun perlu Anda ketahui juga, mode ini hanya bisa dipakai apabila Anda adalah pengguna jaringan Telkomsel, Indosat Ooredoo, Smartfren, XL Axiata, atau D.NET (Express Wi-Fi). Selain operator itu, mode gratis tidak bisa Anda aktifkan.

Mode gratis atau istilah lainnya mode janda, eh free facebook maksudnya membuat Anda tidak bisa melihat foto dan video. Jadi, yang ada hanya tulisan-tulisan saja. Itulah yang sebenarnya membuat mode ini tidak menghabiskan banyak kuota internet.

Lalu bagaimana caranya mengaktifkannya? Langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini :

  • Di browser, langsung saja menuju ke situs free.facebook.com (akses menggunakan data seluler, bukan WiFi).
  • Setelah itu Anda sudah resmi memakai mode gratis facebook.

 

Baca juga : cara menghemat kuota instagram.

 

Tidak sulit bukan? Itulah berbagai cara menghemat kuota facebook yang bisa Anda lakukan. Alternatif lainnya, coba jangan sering-sering main facebook apalagi untuk hal-hal yang tidak berguna agar tidak banyak kuota yang terbuang sia-sia.

Tinggalkan komentar