5 Cara Menghemat Kuota Youtube paling Ampuh

Pada masa sekarang, siapa yang tidak tau dengan aplikasi YouTube. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa semua mengetahuinya bahkan setiap hari menonton video di YouTube.

Berdasarkan hasil survey yang dirilis oleh ComScore VMX, ada lebih dari 93 juta penonton berusia 18 tahun ke atas menonton YouTube setiap bulannya. Jumlah ini tentu saja tidak sedikit dan setiap tahunnya terus mengalami peningkatan.

Sama halnya seperti instagram, menonton video youtube terlebih lagi durasinya panjang dapat menghabiskan banyak kuota internet. Makin boros lagi apabila Anda menonton live streaming dalam waktu yang sangat lama.

Apabila kita memutar video 480p selama satu jam, maka akan menghabiskan data kurang lebih 264 MB. Sedangkan jika kita memutar video dalam full HD dengan durasi yang sama, maka bisa menghabiskan 1,65 GB data.

 

Cara Menghemat Kuota YouTube

5 Cara Menghemat Kuota Youtube paling Ampuh 1

Tidak perlu risau dan khawatir juga, Anda tetap bisa bebas menonton video YouTube tanpa menghabiskan banyak kuota internet. Walaupun lama nonton video tidak membuat paket internet Anda jadi cepat habis.

Bagaimana caranya? Langsung saja simak beberapa tips hemat kuota youtube yang dapat Anda lakukan :

 

Gunakan Mode Hemat Data

Sama halnya seperti aplikasi google chrome ataupun lainnya, aplikasi youtube juga memiliki fitur mode hemat data. Gunanya tentu saja untuk mengurangi penggunaan data internet ketika Anda menonton video YouTube.

Dengan mengaktifkan mode ini, video tidak ditampilkan dalam mode HD dan kualitasnya sedikit menurun. Selain itu mode terbatas juga membuat kolom komentar tidak ditampilkan.

5 Cara Menghemat Kuota Youtube paling Ampuh 2

Berikut ini cara mengaktifkan mode hemat data pada aplikasi youtube :

  • Langkah pertama, silakan buka terlebih dahulu aplikasi youtube Anda.
  • Selanjutnya, menuju ke setelan

5 Cara Menghemat Kuota Youtube paling Ampuh 3

  • Pilih umum.

5 Cara Menghemat Kuota Youtube paling Ampuh 4

  • Terakhir, pilih ‘batasi penggunaan kuota seluler’.

5 Cara Menghemat Kuota Youtube paling Ampuh 5

 

Pakai YouTube Go

5 Cara Menghemat Kuota Youtube paling Ampuh 6

YouTube Go merupakan aplikasi dari YouTube yang dirancang khusus untuk Anda yang ingin menonton video YouTube tanpa menghabiskan banyak kuota internet. Aplikasi ini berukuran 9,8 MB dan telah didownload lebih dari 500 juta pengguna via google play store.

Ukurannya yang ringan membuat aplikasi ini jarang sekali hang. Nonton video tetap lancar jaya dan Anda bisa mengontrol sendiri ukuran video yang hendak diputar.

Selain itu yang menyebabkan aplikasi YouTube Go hemat kuota adalah video tidak harus diputar, tetapi bisa didownload terlebih dahulu. Dan hasil download tersebut bisa Anda tonton dalam keadaan offline alias tanpa koneksi internet

 

Baca juga : cara download video YouTube.

 

Gunakan Browser Penghemat Data

Sebenarnya, menonton video YouTube tidak hanya bisa dilakukan melalui aplikasi YouTube saja, tetapi juga bisa melalui browser. Nah untuk lebih menghemat penggunaan kuota, pastikan Anda menggunakan browser yang memiliki fitur hemat data.

Misalnya google chrome, UC browser, puffin browser atau opera mini. Jadi, saat memutar video tersebut di situs YouTube melalui browser tersebut tidak banyak kuota yang tersedot. Namun saat memutarnya, pastikan mode hemat data sudah dalam keadaan hidup ya.

 

Kurangi Durasi Preview

Cara menghemat kuota YouTube selanjutnya adalah dengan mengurangi durasi preview. YouTube sendiri memiliki durasi preview 5 detik, 10 detik, 15 detik, 20 detik, 30 detik, dan 60 detik.

Untuk mengurangi konsumsi data internet secara gratis, pilih saja yang 5 detik. Jangan 60 detik, karena setara dengan 1 menit dan itu bukan durasi yang singkat.

Berikut ini langkah-langkah mengatur preview pada aplikasi YouTube :

  • Setelah Anda membuka aplikasi YouTube, silakan menuju ke setelan.
  • Selanjutnya pilih ‘umum’.

5 Cara Menghemat Kuota Youtube paling Ampuh 7

  • Berikutnya pilih ‘ketuk dua kali untuk mencari’.

5 Cara Menghemat Kuota Youtube paling Ampuh 8

  • Terakhir, silakan pilih yang 5 detik.

5 Cara Menghemat Kuota Youtube paling Ampuh 9

 

Jangan Nonton Iklan

5 Cara Menghemat Kuota Youtube paling Ampuh 10

Sebagaimana yang kita ketahui, YouTuber adalah profesi idaman manusia zaman sekarang. Dan penghasilan mereka berasal dari iklan yang terpampang di video YouTube mereka.

Dan apabila Anda ingin menghemat kuota, jangan tonton iklan tersebut. Anda tidak akan mendapatkan uang dengan menonton iklan, justru membuat YouTuber semakin besar penghasilannya.

Jadi, saat menonton video dan muncul iklan klik saja tanda silang atau skip ads. Walaupun tidak mengurangi banyak, tetapi setidaknya bisa mengurangi sedikit penggunaan data.

 

Baca juga : cara menghemat kuota whatsapp.

 

Bagaimana tidak sulit bukan? Itulah beberapa cara menghemat kuota YouTube yang dapat Anda lakukan. Jika semuanya dilakukan, insyaallah bisa mengurangi pemakaian kuota secara dratis.

Tinggalkan komentar