Link Banner

14 Game Online Ringan di PC Terbaik 2021

Game-game online ringan di PC yang bisa dimainkan bersama teman atau keluarga bisa menjadi obat bosan selama pandemi dan harus diam di rumah seharian. Apalagi jika game-game tersebut bisa dimainkan tanpa harus punya komputer yang spesifikasinya super tinggi dan harganya puluhan juta.

PC alias komputer memang jadi salah satu perangkat game yang paling disukai masyarakat Indonesia. Sebab dalam satu perangkat yang sama, kita bisa gunakan untuk belajar, bermain, bahkan bekerja secara bersamaan.

Sayangnya, tidak semua jenis video game yang tersedia di PC bisa dimainkan. Jika system requirement atau spesifikasi komputer Anda tidak memenuhi standar terendah, maka game tidak akan bisa dimainkan.

 

Game Online Ringan di PC

14 Game Online Ringan di PC Terbaik 2021 1
Ilustrasi bermain game online

Kebanyakan game di PC memang membutuhkan spesifikasi yang besar. Namun bukan berarti kita tidak bisa menikmati game di perangkat ini dengan laptop atau komputer yang harganya terjangkau. Sebab dalam artikel ini admin akan berikan rekomendasi game online ringan di PC yang bisa dimainkan bersama teman-teman.

 

Brawlhalla

14 Game Online Ringan di PC Terbaik 2021 2

Game online ringan di PC yang pertama adalah Brawhalla. Beberapa dari Anda yang ingin main game berkelahi online seperti Super Smash Bros namun tidak punya Nintendo Switch, Brawhalla bisa menjadi pilihan terbaik yang akan membuat ketagihan.

Sebab Brawlhalla memiliki gameplay yang sangat mirip dengan Super Smash Bros. Selain itu, pilihan karakternya juga ada banyak dengan kombo serangan yang berbeda-beda.

Tak jarang, Brawhalla melakukan kolaborasi dengan game maupun film seperti Rayman, Shovel Knight, hingga Kungfu Panda.

Untuk main Brawhalla ini Anda hanya perlu laptop dengan RAM minimal 2 GB dan prosesor Intel Pentium saja. Jangan lupa, game ini memiliki fitur cross play dan bisa main bareng dengan pengguna HP maupun PS4.

 

Among Us

14 Game Online Ringan di PC Terbaik 2021 3

Selanutnya ada game yang sempat menjadi buah bibir beberapa bulan yang lalu, yaitu Among Us. Layaknya Brawhalla, Among Us juga merupakan game cross play dimana pemain dari HP bisa bertemu pemain dari PC secara online.

Dalam game Among Us, Anda akan dikirim ke luar angkasa bersama kumpulan pemain lain. Di antara pemain tersebut ada 1 orang impostor alias pengkhianat yang akan membunuh semua awak di dalam kapal. Dan tugas Anda adalah mencari siapa kah impostor di dalam kapal dan membuangnya.

Untuk bermain Among Us di PC, Anda hanya membutuhkan laptop atau PC dengan spesifikasi RAM 1 GB dengan penyimpanan minimal 250 MB.

 

Elsword

14 Game Online Ringan di PC Terbaik 2021 4

Game online ringan di PC yang berikutnya adalah Elsword. Jika Anda sering main ke warnet di tahun-tahun 2013 hingga 2015, game yang satu ini pastinya sangat tidak asing. Sebab Elsword sempat menjadi game MMORPG favorit banyak gamers di Indonesia.

Di Elsword, Anda bisa memilih banyak karakter dengan kekuatan, skill, dan senjata yang berbeda-beda. Setiap karakter juga bisa berevolusi sesuai dengan sistem job dan rute yang Anda pilih. Sehingga 1 karakter bisa memiliki 3 pilihan job akhir yang berbeda-beda.

Game ini juga memiliki grafik anime dengan visual yang sangat keren. Rasanya seperti menonton anime namun karakternya bisa dikontrol oleh diri sendiri.

Untuk bermain Elsword, Anda perlu PC dengan spesifikasi minimal RAM 2 GB dengan penyimpanan 14 GB.

 

Left 4 Dead

14 Game Online Ringan di PC Terbaik 2021 5

Jika Anda suka game tembak-tembakan, apalagi game bertema zombie, ada satu game online ringan di PC yang wajib dicoba bernama Left 4 Dead. Game ini juga salah satu game yang terbilang sudah lama namun masih sangat ramai dimainkan hingga saat ini.

Dalam Left 4 Dead, Anda akan bergabung dengan tim berisikan pemain dari seluruh dunia untuk melawan gerombolan zombie.

Pada awalnya, Left 4 Dead merupakan game berbayar yang hanya bisa dibeli lewat Steam. Namun kini gamenya sudah tersedia gratis untuk semua pengguna PC.

Untuk main Left 4 Dead, Anda membutuhkan PC dengan spesifikasi RAM 2 GB, COU Intel Core Duo, dan penyimpanan 13 GB.

 

Baca juga : plays.org, situs main game klasik terbaik.

 

Team Fortress 2

14 Game Online Ringan di PC Terbaik 2021 6

Selanjtunya ada game yang selalu menjadi saingan dari Left 4 Dead, yaitu Team Fortress atau Team Fortress 2. Game ini dirilis di tahun yang berdekatan dan keduanya sama-sama pernah menjadi tren yang sangat besar di kalangan pencinta game online FPS.

Hingga saat ini, game yang dikembangkan oleh Valve ini juga masih terus memberikan update terbaru. Sehingga bila ada gamers yang baru pertama kali mencoba sekalipun tidak akan terasa seperti main game yang ketinggalan jaman.

Padahal untuk main Team Fortress 2, Anda hanya butuh PC dengan RAM 512 MB saja. Artinya laptop harga 2 jutaan pun sudah bia menjalankan game ini dengan lancar. Sebab, Team Fortress adalah game yang keluar lebih dari 1 dekade lalu, tepatnya sekitar tahun 2007.

 

Point Blank

14 Game Online Ringan di PC Terbaik 2021 7

Satu lagi game yang pernah menjadi favorit semua gamers di Indonesia pada jaman-jaman warnet adalah Point Blank. Game ini memiliki gameplay First Person Shooter dengan fase yang sangat cepat.

Dalam Point Blank, pemain akan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu red time dan blue tim atau polisi dan teroris. Tugas kedua tim yang paling utama adalah membunuh tim lain sebanyak mungkin dan memenangkan permainan.

Namun, terdapat beberapa jenis match dalam game ini, seperti Team Death Match, Bomb Mission, dan masih banyak lagi.

Meskipun sempat dianggap sebagai game online dengan grafik paling realitis pada masa jayanya, namun spesifikasi untuk bermain Point Blank sebenarnya sangat ringan. Anda hanya butuh PC dengan spek RAM 2 GB dan CPU Intel Dual Core saja.

 

Ragnarok Online 2

14 Game Online Ringan di PC Terbaik 2021 8

Ragnarok Online 2 juga menjadi salah satu game online ringan di PC yang menjadi favorit para gamers di era warnet. Meskipun begitu, game ini cenderung niche dan hanya sebagian orang yang benar-benar suka dengan game MMORPG saja yang memainkannya.

Ragnarok Online 2 memiliki sistem gameplay yang mirip dengan Elsword. Bedanya, gameplay dalam game ini lebih 3 dimensi, bukan side scrolling.

Dalam game Ragnarok Online 2, Anda bukan hanya bisa bersenang-senang dari konten yang tersedia, namun juga berkenalan dengan pemain lain dari luar maupun dalam negeri. Bahkan ada pemain yang sampai menikah karena kenal dari game ini.

Untuk main Ragnarok Online 2, Anda hanya butuh PC dengan spek CPU Pentium 4 dan RAM minimal 2 GB saja.

 

Kritika:Reboot

14 Game Online Ringan di PC Terbaik 2021 9

Jika game online ringan di PC yang sebelumnya rata-rata adalah game lama, game yang satu ini bisa dibilang masih baru. Kritika:Reboot adalah game yang awalnya dirilis di smartphone dan diremake menjadi game komputer online dengan spesifikasi minimal yang sangat rendah.

Game ini merupakan game bergenre fast-paced, action,  MMORPG. Terdapat beberapa pilihan karakter dan job layaknya Elsword. Selain itu, grafik di dalam gamenya juga sangat keren layaknya sebuah anime 3 dimensi.

Kritika:Reboot memiliki speisifikasi minimal RAM 2 GB dengan CPU Dual Core dan penyimpanan 9 GB. Hampir semua laptop pastinya bisa memainkan game ini dengan lancar di grafik low.

 

Klondike Solitaire Card

14 Game Online Ringan di PC Terbaik 2021 10

Sekarang untuk Anda yang suka bermain game kartu di waktu santai, ada game Klondike Solitaire Card online yang bisa dinikmati gratis tanpa membutuhkan komputer dengan spesifikasi tinggi. Anda bahkan tidak perlu mengunduh launcher atau software untuk memainkan game ini.

Klondike adalah sebuah permainan kartu yang awalnya dimainkan menggunakan kartu fisik alias cara konvensional. Cara bermainnya dengan mengurutkan kartu dari setiap logo dalam 1 deck 52 kartu Solitaire.

Kini Klondike bisa dimainkan secara online tanpa harus beli kartu dulu. Selain itu, deck juga akan dikocok secara otomatis, sehingga membuat permainan jadi jauh lebih simple.

 

GTA Online

14 Game Online Ringan di PC Terbaik 2021 11

Jika game-game sebelumnya terkenal di era warnet, GTA Online justru sudah terkenal sejak jaman rental PS2 di jaman sebelum internet bisa diakses dengan mudah di Indonesia.

GTA atau Grand Theft Auto adalah salah satu game paling laris yang ada di dunia. Hingga saaat ini, ada sekitar 146 juta pemain GTA online dari seluruh dunia. Dan platform dengan pengguna terbanyak ada di PC.

Untuk bermain GTA Online, Anda membutuhkan komputer dengan spesifikasi RAM 4 GB dan prosesor Intel Core 2 Quad CPU. Spesifikasinya memang sedikit lebih tinggi, sebab game ini punya grafik yang super realistis.

 

Maplestory

14 Game Online Ringan di PC Terbaik 2021 12

Balik lagi ke game online ringan di PC dengan genre MMORPG klasik yang cocok untuk dimainkan saat santai, ada Maplestory. Sebenarnya, game ini merupakan game yang sangat tua karena dirilis pertama kali di tahun 2003. Namun hingga 2021 ini masih banyak saja pemain Maplestory yang aktif.

Maple story merupakan game yang sangat sederhana dengan grafis klasik seperti pixelart. Dalam game ini, Anda bisa mengeksplorasi dunia atau bersenang-senang dengan teman dan melawan musuh.

Karena merupakan game yang sudah sangat lama, bisa dibliang game ini bisa dimainkan di semua PC. Anda bahkan hanya perlu menyiapkan penyimpanan sebesar 150 MB saja untuk mengunduh gamenya.

 

Minecraft

14 Game Online Ringan di PC Terbaik 2021 13

Game online ringan di PC yang berikutnya ini sangat cocok bila Anda penyuka game sandbox dan penuh kreativitas. Sebab di Minecraft, para gamers bisa membuat dunia seperti apapun yang mereka mau.

Tidak ada jalan cerita atau tugas khusus yang perlu pemain lakukan di dalam Minecraft. Sehingga, tugas Anda hanyalah bersenang-senang dengan teman, menjelajahi dunia, serta membangun bangunan yang keren. Meskipun begitu, tetap ada tantangan seperti melawan boss dan membangun alat menggunakan red stone yang akan mengasah otak Anda.

Untuk bermain Minecraft, Anda membutuhkan komputer dengan spesifikasi RAM 4 GB dan prosesor Intel Core i3.

 

Terraria

14 Game Online Ringan di PC Terbaik 2021 14

Hampir mirip dengan Minecraft, Terraria juga merupakan game open world sanbox yang bisa dimainkan secara online. Bedanya, Terraria punya gameplay side scrolling 3D dengan grfaik pixel art yang sangat minimalis.

Spesifikasi yang dibutuhkan untuk bermain Terraria juga lebih ringan dibandingkan dengan Minecraft. Anda hanya butuh komputer bertenagakan RAM 2 GB dan penyimpanan sebesar 200 MB.

Untuk bermain Terraria secara online, Anda perlu mengunduhnya melalui Steam.

 

Mahjong Solitaire Tile Matching

14 Game Online Ringan di PC Terbaik 2021 15

Game online ringan di PC yang terakhir adalah Mahjong Solitaire Tile Matching. Sesuai dengan namanya, game ini juga masih berhubungan dengan game Solitaire yang berkembang di Amerika Serikat jaman dulu. Namun untuk bermain Mahjong, kita tidak menggunakan kartu Solitaire, melainkan menggunakan bidak Mahjong dari China.

Cara bermain Mahjong jenis ini sangat mudah. Anda hanya perlu mencari bidak Mahjong yang sama dari piramid yang disusun hingga semua bidaknya habis.

Untuk bermain Mahjong Solitaire Tile Matching online, Anda juga tidak perlu mengunduh launcher di komputer. Sebab gamenya sudah tersedia di situs Solitaire.org gratis. Para gamers juga bisa mengadu high score dengan pemain lain dari seluruh dunia.

 

Baca juga : game teka teki silang terbaik

Itulah dia kumpulan game online ringan di PC yang bisa Anda mainkan untuk menghabiskan waktu dan menghilangkan bosan selama di rumah saja. Jangan lupa untuk beristirahat setiap 2 atau 3 jam sekali selama bermain game agar mata tidak rusak.

Satu pemikiran pada “14 Game Online Ringan di PC Terbaik 2021”

  1. Beberapa dari game online ini dari lama sudah saya mainkan…alasannya karena ringan
    Lumayan buat hiburan dan dan menghilangkan bosan selama di rumah saja. Setuju, meski demikian kita mesti ingat untuk beristirahat setiap 2 atau 3 jam sekali agar mata tetap sehat

Tinggalkan komentar