Apa Itu Cashback, Penjelasan Lengkap

Sering mendengar istilah tersebut, nyatanya masih banyak masyarakat atau konsumen Indonesia yang belum memahami apa itu cashback. Dan juga masih salah dalam membedakannya dengan istilah lain seperti diskon atau buy 1 get 1.

Namun tak perlu khawatir, Firdaus akan memberikan penjelasan sejelas jelasnya kepada kamu melalui artikel ini. Mari simak dan baca artikel mengenai arti cashback hingga selesai.

 

Apa Itu Cashback?

Pertama, mari kita bahas terlebih dahulu tentang pengertian cashback. Jika melihat dari unsur kata, istilah “cashback” berasal dari dua kata yaitu cash (tunai) dan back yang berarti mengembalikan.

Jadi, jika diartikan secara lebih luas cashback merupakan layanan pengembalian uang atau dalam produk tertentu berdasarkan syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Tentu saja, pengembaliannya tidak full 100%, kurang lebih sekitar 20-35% yang selama ini sering saya dapatkan.

Cashback merupakan salah satu teknik promosi yang paling efektif dan jitu. Survei membuktikan bahwasanya cashback merupakan salah satu promo yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia selain diskon, buy 1 get 1, dan hadiah langsung.

Promo yang paling diminati masyarakat Indonesia

Pada kenyataannya, cashback tidak selalu dalam bentuk uang cash. Terkadang juga dalam bentuk uang virtual atau uang elektronik supaya dapat digunakan konsumen untuk melakukan pembelian berikutnya di tempat yang sama.

 

Baca juga : tips menghemat pengeluaran.

 

Jenis Jenis Cashback

Setelah saya memnahas membahas apa itu cashback kini saatnya kamu mengetahui apa saja jenis-jenis cashback. Sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan di atas, bahwa program cashback tidak selalu dalam bentuk uang tetapi dalam bentuk lainnya.

Sebelum mengikuti program cashback yang ditawarkan, pastikan kamu tahu dulu apa saja macam macamnya. Berikut ini beberapa jenis cashback yang selama ini sering saya temukan. Apa saja itu?

 

Cashback Toko Online

Apa itu cashback toko online? Sesuai dengan namanya, cashback yang satu ini dilakukan oleh toko online atau yang juga kita kenal dengan sebutan online shop. Biasanya toko online akan melakukan pengembalian sejumlah uang apabila pembeli membeli barang dalam jumlah tertentu.

Selain dalam bentuk uang, beberapa toko online juga ada yang membuat program cashback berupa pengembalian gratis belanja di waktu berikutnya di toko online yang sama. Jadi, pembelian berikutnya akan mendapatkan diskon sekian persen sesuai dengan cashback yang didapat sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

 

Cashback Kartu Kredit

Jenis cashback berikutnya adalah cashback kartu kredit. Program ini dikeluarkan oleh penyedia kartu kredit untuk para nasabahnya. Dalam program ini, sebagai pengguna kartu kredit, kamu akan mendapat sejumlah uang pengembalian bilamana melakukan transaksi dalam jumlah tertentu.

Selain dalam bentuk pengembalian uang, program cashback kartu kredit terkadang dalam bentuk diskon dalam transaksi belanja. Jadi, ketika kamu berbelanja selanjutnya di tempat yang sama maka akan mendapatkan diskon sesuai dengan jumlah cashback yang didapatkan. Setiap penyedia memiliki syarat dan ketentuan masing-masing.

 

Cashback Properti

Apa itu cashback properti? Cashback properti merupakan program yang dikeluarkan oleh perusahaan properti untuk menarik minat konsumennya. Biasanya cashback didapatkan apabila ada properti yang terjual baik itu rumah, apartemen, toko, maupun yang lainnya.

Berbeda dengan jenis cashback sebelumnya, untuk cashback properti biasanya pengembang properti akan memberikan cashback berupa pelengkap properti yang dipakai seperti televisi, AC, radio, dan segala hal yang mungkin bisa digunakan di dalam rumah.

Terkadang ada juga yang mengadakan program cashback dalam bentuk potongan harga. Jadi, anda akan mendapatkan diskon atau potongan harga jika membeli properti di periode selanjutnya sebesar cashback yang kamu dapatkan.

 

Cashback Kendaraan Bermotor

Program cashback yang satu ini biasanya diberikan oleh perusahaan pembiayaan atau leasing. Cashback itu akan diberikan kepada kamu apabila berhasil menjual kendaraan bermotor milik mereka.

Cashback yang diterima bisa berupa apa saja, namun pada umumnya berupa barang. Termasuk juga cashback berupa kendaraan bermotor apabila anda berhasil menjual mobil dengan harga yang sangat mahal. Sangat menarik bukan?

 

Kelebihan dan Kekurangan Cashback

Apakah cashback itu selalu menguntungkan? Tentu jawabannya tidak selalu. Ada sisi positif maupun negatif yang bakal kamu terima apabila mengikuti program pengembalian tunai ini. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat infografis di bawah ini.

Kelebihan dan kekurangan cashback

 

Baca juga : tips menabung agar cepat terkumpul.

 

Apa Bedanya dengan Diskon?

Ingat, cashback dan diskon merupakan dua hal yang berbeda. Masih banyak masyarakat Indonesia yang belum paham akan hal ini. Perbedaan utamanya adalah cashback merupakan bentuk program pengembalian uang dengan syarat dan ketentuan tertentu. Sementara itu, diskon adalah potongan harga secara langsung dan pembeli bisa membeli produk sesuai harga setelah dihitung diskon.

Selain ada perbedaan lain yang membedakan antara cashback dan juga diskon. Apa saja itu? Mari simak penjelasannya berikut ini :

 

Cara Kerja

Perbedaan antara cashback dan juga diskon bisa kamu ketahui dari cara kerjanya. Supaya paham, langsung saja saya berikan contoh kasus dua orang yang mendapatkan promo cashback maupun diskon.

Si A berbelanja di sebuah toko baju dan kebetulan toko tersebut mengadakan program cashback dengan syarat pembeli membeli baju minimal 3 stel. Cashback yang didapatkan adalah sebesar 20% dan harga tiga baju adalah 270 ribu.

Dalam kasus ini, si A bukan berarti langsung membayar uang sebesar 216 ribu dan 54 ribu menjadi milik si A. Tidak, bukan seperti itu. Yang benar adalah si A wajib membayar uang baju tersebut sebesar 270 ribu rupiah. Setelah proses transaksi selesai maka cashback sebesar 54 ribu rupiah akan ia dapatkan.

Bagaimana dengan diskon?

Misal si B membeli baju di toko seharga 75 ribu rupiah dan berhak mendapatkan diskon atau potongan harga sebesar 10%. Ini berarti harga baju setelah dipotong adalah 67500. Ketika melakukan pembayaran, maka uang harus diserahkan adalah sebesar 67500.

Jadi dari kerjanya, pada cashback konsumen wajib untuk melakukan payment secara langsung baru kemudian bonus berhak didapatkan. Sedangkan pada diskon konsumen langsung membayar sesuai harga produk yang telah dipotong.

 

Waktu

Perbedaan berikutnya bisa dilihat dari waktu. Bonus cashback biasanya tidak langsung diterima begitu saja. Tetapi menunggu terlebih dahulu dalam periode waktu tertentu. Sementara itu, diskon bisa langsung diterima pada saat itu juga.

 

Masa Berlaku

Masa berlaku cashback dan diskon juga berbeda. Biasanya, program cashback lebih lama masa berlakunya sehingga bisa lebih lama dinikmati oleh konsumen.

Sedangkan masa berlaku diskon sangat singkat, paling lama biasanya hanya hitungan hari saja. Ketika program tersebut sudah berakhir, maka kamu pun tidak berhak lagi mengikuti program cashback ataupun mendapatkan potongan harga saat berbelanja.

 

Bentuk

Bentuk cashback bisa berupa uang tunai langsung, uang virtual, voucher, ataupun yang lainnya. Semua tergantung dari mekanisme program yang dilakukan oleh penyelenggara. Sedangkan untuk diskon sudah sangat jelas, berupa potongan harga barang yang langsung dibayarkan oleh pembeli.

perbedaan cashback dan diskon

 

Sekarang kamu sudah paham kan apa itu cashback? Bagi kamu yang sedang berburu cashback, bisa gunakan aplikasi cashback gratis langsung dari google play store. Akan banyak bonus yang bisa kamu dapatkan, selamat berburu promo!

Tinggalkan komentar