5+ Cara Menabung Uang Paling Efektif agar Cepat Terkumpul

Bagai cara menabung uang versi kamu? Apa dengan menyimpannya di lemari atau menyimpannya di bawah kasur? Cara tersebut memang bisa dilakukan, tetapi tentu saja sangat beresiko. Mengundang datangnya maling dan uang pun akan mudah hilang.

Tak perlu menunggu tua, kamu pun bisa mulai menabung saat ini. Sebesar apapun penghasilan yang kini sudah kamu dapatkan, jika tidak serupiah pun dana yang disisihkan tentu saja akan menjadi berbahaya bagi keuanganmu kedepannya.

 

Alasan Menabung Mulai dari Sekarang

Alasan menabung

Sisihkan uangmu walau sedikit. Dan lakukan dari sekarang. Ya sekalipun belum mempunyai rekening karena belum berusia 17 tahun, hal ini tetap wajib kamu lakukan. Kita tidak tau apa yang akan terjadi dengan kondisi finansial kita dalam beberapa waktu depan.

Bisa saja hari ini atau dalam Minggu ini uang yang kita miliki masih banyak, namun tidak menjamin minggu depan ataupun bulan depan dana yang kita miliki akan semakin banyak. Kebutuhan yang semakin besar memaksa seseorang harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar.

Belum lagi jika sampai ada kejadian yang tidak terduga. Dan kamu harus menggunakan uang tersebut yang sebenarnya bisa digunakan untuk kebutuhan lain yang tidak kalah pentingnya. Tanpa ada cadangan uang, maka kamu tidak akan memiliki uang sepeserpun setelah memakai uang tersebut.

Hindari gaya hidup konsumtif dan mulailah berhemat dari sekarang. Teruntuk kamu yang masih enggan atau ragu untuk menabung, berikut saya berikan beberapa alasan penting mengapa nabung itu penting banget buat dilakukan :

 

Berguna Saat Kondisi Darurat

Uang bisa saja diperlukan kapan pun dan tidak mengenal waktu, termasuk ketika kondisi darurat. Salah satunya adalah ketika kamu atau orang tua tiba tiba-tiba saja jatuh sakit, bagaimana jadinya jika tidak ada uang tabungan sedikitpun? Urusannya akan semakin ribet!

Disinilah pentingnya nabung bagi siapapun agar bisa dipakai saat kondisi darurat seperti di atas. Jangan sampai mengorbankan hal yang penting hanya karena kesalahanmu yang tidak bisa mengatur uang dengan baik.

 

Menambah Penghasilan

Menabung adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak penghasilan. Jadi, kamu tidak hanya mengandalkan uang pemberian orang tua ataupun dari penghasilan utama yang didapatkan saat ini.

Jika sudah memiliki cadangan uang, maka kamu bisa menggunakannya untuk keperluan lain yang juga tidak kalah penting. Atau bisa juga tetap menyimpannya untuk digunakan di masa yang akan datang.

 

Untuk Masa Depan

Salah satu alasan penting mengapa kamu harus menabung adalah demi masa depan kamu sendiri. Tidak ada yang bisa menjamin seseorang akan selalu kaya sampai kapanpun, bukan sesuatu yang mustahil jika suatu saat tiba-tiba kita drop secara finansial.

Tanpa adanya tabungan, sulit sekali untuk bangkit dan harus mencari uang lagi dari 0. Berbeda halnya apabila kamu memiliki uang tabungan bisa menggunakan dana tersebut untuk bangkit kembali dan memulai semuanya kembali dari awal.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa menyisihkan uang untuk tabungan di hari tua nanti. Selain itu, uang tersebut juga bisa dipakai atau digunakan untuk membiayai kebutuhan kebutuhan besar di masa yang akan datang.

 

Berbagai Cara Menabung Uang yang Efektif, Jangan Sampai Salah!

Orang Indonesia bukanlah orang yang mudah dalam menabung. Mungkin kamu adalah salah satu diantaranya. Berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh Indonesia Millennial Report (IMR) tahun 2019, milinieal Indonesia cenderung tidak suka menabung.

Kalaupun harus menabung, mereka hanya menyisihkan 10% dari total pendapatan yang dimiliki. Dan lebih dari 50% pendapatan dipakai untuk memenuhi kebutuhan bulanan. Tak cukup sampai di situ, gaya hidup generasi milinieal juga cenderung boros dan juga konsumtif.

Alokasi pengeluaran untuk kebutuhan hiburan cukup besar, yakni mencapai 8%. Beberapa jenis hiburan yang menjadi pilihan bagi milinieal antara lain yaitu menonton bioskop, makan di restoran, membayar tiket wahana atraksi, dan juga clubbing.

Selain itu, untuk mereka juga cenderung tidak tertarik berinvestasi. Terbukti dari hasil survei yang menunjukkan investasi merupakan bukan merupakan prioritas utama selain amal dan membayar cicilan utang.

Namun positifnya, para milinieal masih peduli terhadap masa depan mereka. Mereka menyisihkan setidaknya 6,8% pendapatan untuk biaya asuransi guna meningkatkan rasa aman.

5+ Cara Menabung Uang Paling Efektif agar Cepat Terkumpul 1

Jika kamu merupakan salah satu dari mereka, maka akan sulit untuk memiliki kebiasaan menabung. Kalaupun bisa dilakukan, uangpun akan terkumpul lama karena sangat sedikit uang yang disisihkan.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan berbagai tips dan cara menabung uang yang benar dan efektif agar semakin cepat terkumpul. Hei milenial, yuk simak pembahasannya berikut ini :

 

Menabung di Bank

Ini adalah salah satu cara menabung uang yang paling mudah dan aman dilakukan. Asal memiliki Kartu Tanda Penduduk, kamu bisa membuka rekening sendiri yang menjadi tempat untuk menyimpan saat ini.

Bahkan  dengan modal kartu pelajar pun kamu sudah bisa memiliki rekening sendiri atas nama pribadi. Beberapa bank membuka tabungan khusus bagi para pelajar, terutama yang masih duduk di bangku SMA/SMK/MA.

Menabung di bank itu mudah banget kok. Tapi sebelumnya, kamu harus punya rekening dulu. Cara membuka rekening sudah pernah saya bahas sebelumnya di website ini, kamu bisa membacanya.

Jika rekening sudah kamu miliki maka uang jajan ataupun pendapatan yang dimiliki coba disisihkan dan taruh di rekening tersebut. Kamu harus bisa menyisihkan lebih dari 10% dari total penghasilan yang dimiliki.

 

Baca juga : cara menggunakan ATM Link.

 

Miliki 2 Jenis Rekening

Mengapa saya harus memiliki sampai 2 rekening bank? Sebab keduanya dapat digunakan untuk keperluan berbeda namun sama sama penting. Rekening A bisa kamu pakai untuk pengeluaran sehari hari, dan rekening B bisa jadi tabungan yang digunakan untuk keperluan darurat atau bisa dipakai di masa yang akan datang.

 

Baca juga : cara cetak rekening koran.

 

Deposito Bisa Jadi Alternatif yang Bagus

Terkadang saat sudah memiliki rekening sendiri, kita pun jadi tergoda untuk memakai uang tersebut. Uang di rekening bisa diambil kapan saja sesuai keinginan pemiliknya. Jika kamu tidak bisa mengontrol hal ini, maka cepat atau lambat uangmu di rekening akan semakin menipis hingga pada akhirnya habis.

Dengan deposito uangmu tidak bisa diambil begitu saja setiap hari. Uang hanya bisa diambil pada periode waktu tertentu saja, biasanya dalam kurun waktu satu tahunan.

 

Menabung Sebaiknya di Awal

Cara menabung uang perbulan bisa dilakukan dengan menyisihkan gaji yang kamu terima. Dan hal ini sebaiknya langsung dilakukan setelah kamu mendapatkan transfer gaji dari perusahaan. Jangan tunda tunda, sebelum kamu menggunakan uang tersebut untuk keperluan lain yang tidak penting.

Kamu bisa menyisihkan setidaknya 12% dari gaji yang kamu miliki. Jika dirasa tidak mampu, tidak ada salahnya menyisihkan 10% terlebih dahulu sebagai langkah awal yang baik walau tidak terlalu besar.

 

Baca juga : cara transfer saldo dana ke ovo.

 

Ubah Beberapa Kebiasaan dalam Aktivitas Anda

Beberapa aktivitas yang kita lakukan sehari-hari baik di rumah, sekolah, kampus, maupun tempat kerja sering kali membuat kita harus merogoh kocek baik dalam jumlah kecil maupun besar.

Contoh sederhana saja, saat di tempat kerja kemungkinan kamu akan membeli makanan pada waktu istirahat. Padahal, sebenarnya kamu bisa membawa makanan sendiri dari rumah.

Dengan melakukannya, paling tidak kamu telah menghemat uang 20 ribu per harinya. Jika uang tersebut di tabung, maka uang sebesar Rp 440.000 bisa kamu kumpulkan dalam waktu satu bulan. Lumayan bukan?

Contoh lainnya adalah dengan menaiki transportasi umum. Tarifnya sudah cukup terjangkau, berbeda dengan harga bensin yang harus kamu keluarkan menggunakan sepeda motor atau mobil untuk pergi ke tempat kerja.

 

Metode Keuangan 50/30/20

Cara menabung uang seperti ini mungkin belum kamu ketahui. Namun banyak orang telah menerapkannya dan terbukti efektif. Adapun yang dimaksud dengan metode keuangan 50/30/20 adalah 50% untuk kebutuhan harian, 30% untuk hiburan, dan 20% untuk investasi dan tabungan.

Jika kamu memiliki pendapatan per bulan sebanyak 4 juta rupiah, 2 juta rupiah bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 1,2 juta bisa dipakai untuk hiburan, serta 800 ribu bisa kamu tabung atau investasikan.

50/30/20

Bayangkan saja, jika hal seperti ini bisa kamu lakukan setiap bulan maka uang sebesar 1,6 juta rupiah bisa terkumpul dalam waktu dua bulan saja.

 

Hindari Pinjaman Online!

Jika tidak perlu perlu amat atau tidak dalam kondisi darurat, sebaiknya jangan berurusan dengan pinjaman online. Jika kamu menggunakannya secara asal-asalan, maka bisa membebani keuangan kamu.

Meminjam uang ke pinjol biasanya akan dikenakan bunga yang sangat tinggi. Daripada uangmu diserahkan ke layanan pinjaman online, lebih baik ditabung atau digunakan untuk hal lain yang lebih bermanfaat.

 

Supaya menabung tidak sia sia dan cepat terkumpul, coba lakukan cara di atas. Coba lebih berhemat dan jangan habiskan uangmu untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu. Insyaallah uang akan cepat terkumpul dan berguna buat masa depan kamu sendiri. Yuk, dicoba!

3 pemikiran pada “5+ Cara Menabung Uang Paling Efektif agar Cepat Terkumpul”

  1. Menabung itu memang diwajibkan bagi kita dengan tujuan agar bisa mencukup kebutuhan di masa mendatang. Tapi kalau gaji pas pasan sulit sekali menabung dan cuma mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Tinggalkan komentar